Bagaimana Cara Membuat Blog Untuk Menghasilkan Uang - Jawaban Ala Blogger Newbie

Selamat datang zetter, dan selamat bergabung bagi kalian yang baru mengunjungi blog ini. Kali ini saya akan menjawab sebuah pertanyaan dari teman saya : Bagaimana cara membuat sebuah blog yang dapat menghasilkan uang. Karena sampai artikel ini saya buat, saya belum mendapatkan uang satu rupiahpun dari kegiatan saya ngeblog.

Untuk menjawab pertanyaan Bagaimana cara membuat sebuah blog yang dapat menghasilkan uang, kita tentu akan membahas apa itu blog?
Menurut situs wikipedia definisi blog seperti dibawah ini : 





Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.Untuk melihat definisi blog, sejarah, dan informasi tentang blog silahkan kalian buka situs wikipedia berbahasa Indonesia.

Setelah kita tahu apa itu blog? Pertanyaan berikutnya yang wajib di jawab adalah, Bagaimana membuat sebuah blog?

Menurut saya ada 2 platform blog yang bagus, yaitu wordpress dan blogspot (karena saya menggunakan keduanya). Karena pembahasan kita adalah membuat blog yang dapat menghasilkan uang, kita kesampingkan dulu wordpress (karena wordpress tidak mendukung iklan PPC).




Blogger adalah platform blog dari situs pencarian terbesar saat ini (Google), banyak blogger yang mengatakan bahwa Google akan lebih mengutamakan blog-blog gratisan dari .blogspot daripada blog-blog gratisan lainnya. Tanpa panjang lebar lagi apabila kalian ingin membuat blog seperti blog saya ini (Triple Zet) maka yang harus kalian lakukan adalah 2 hal berikut ini :

  1. Membuat akun google, silahkan klik disini (artikel dari : maruf blog)
  2. Mulai membuat blog, silahkan klik disini (artikel dari : jejak harput - sunu)
Setelah kalian membuat sebuah blog, pembahasan berikutnya adalah mengoptimalkan blog di seacrh engine atau yang sering disebut sebagai SEO (Search Engine Optimixation).
Silahkan kalian baca artikel apa itu SEO dan SERP - Informasi Lengkap Trik dan Tips Blogging. Dan untuk mempertajam materi kita tentang blog yang dapat menghasilkan uang silahkan kalian baca juga manfaat blog SEO dalam mengembangkan bisnis online. Kalian juga dapat belajar SEO langsung dari sumbernya yaitu Google yang dapat di akses pada situs webmaster, bagaimana proses pencarian google bekerja?
Mungkin artikel-artikel dibawah ini bisa menambah ilmu kalian :
Selain SEO, materi yang tidak kalah penting tentang blog adalah peringkat blog / blog ranking, ranking sangat menentukan SEO. Semakin baik ranking sebuah blog maka semakin baik juga pandangan search engine tentang blog tersebut. Bagaimana menentukan ranking sebuah blog?

Untuk pembahasan mengenai ranking blog ini, saya menggunakan 2 lembaga pemeringkat blog yang diberinama PageRank dan Alexa Rank. PageRank adalah ranking yang di keluarkan oleh google, Silahkan baca selengkapnya cara cepat menaikkan pagerank google maupun alexa. Apabila kalian ingin melihat ranking alexa blog kalian, pasanglah widget alexa di blog kalian.

Kalian dapat membaca artikel rekomendasi dari saya, tentang bagaimana cara meningkatkan ranking blog :
  1. Prioritas outlink VS backlink
  2. Cara menghindari artikel ganda atau copas
  3. Bahaya backlink dari situs dewasa
  4. Tambah artikel rampingkan alexa rank
Sepertinya pembahasan kita tentang blog, SEO, dan ranking sudah lumayan cukup banyak. Meski artikel-artikel yang saya share tersebut belum semuanya, karena saya yakin kalian dapat membaca artikel lainnya di blog ini. mari kita masuk ke pembahasan inti mengenai Bagaimana cara membuat blog untuk menghasilkan uang? dan inilah jawaban dari seorang newbie.
Apabila kalian belum memiliki blog atau kalian sudah memiliki blog tapi kalian tidak tahu bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog tersebut, pembahasan kita selanjutnya adalah apa saja yang bisa mendapatkan uang melalui blog.
Beberapa cara yang dapat menghasilkan uang melalui blog adalah :
  1. IKLAN
    Hampir semua perusahaan internet (bahkan bisa dibilang semuanya) di muka bumi ini adalah dengan memasang iklan di blog ataupun website mereka. Nah iklan itu sendiri ada beberapa macamnya, beberapa diantaranya yang paling populer adalah :
    • Pay Per Click (PPC) atau Cost Per Click (CPC) adalah jenis iklan memungkinkan kita dibayar apabila ada pengunjung blog / website kita yang melakukan "klik" di iklan tersebut.
    • Pay Per Action (PPA) atau Cost Per Action (CPA) adalah jenis iklan yang hanya membayar apabila pengunjung yang telah mengklik iklan dari website kita melakukan transaksi di halaman iklan tersebut (dapat berupa : mendaftar, membeli, menjual, dll)
    • Pay Per Million impresi (PPM) atau Cost Per Million impresion (CPM) adalah jenis iklan yang akan membayar kita setiap 1.000 kunjungan.
    • Masih banyak jenis iklan yang lainnya, silahkan baca menambah penghasilan blogger melalui google adsense.
  2. REVIEW
    Pay Per Post (PPP)
    atau Cost Per Review (CPR) adalah salah satu cara blogger untuk mendapatkan uang dengan cara membuat sebuah review tentang suatu produk. Apa saja kelebihan review dibanding PPC ? silahkan baca disini.
  3. MENGIKUTI KONTES / LOMBA BLOG
    Dunia blogging sudah mulai mendapatkan perhatian yang lebih dari beberapa perusahaan besar (baik itu perusahaan teknologi maupun bukan). Karena pertumbuhan blog di Indonesia yang maju pesat maka banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut yang mengadakan kontes SEO, tujuannya hanyalah satu menguasai suatu kata kunci di Google. Bagaimana pendangan google sndiri mengenai kontes SEO yang sedang marak di Indonesia saat ini, silahkan kalian baca artikel ini.
  4. Affiliate
    Silahkan baca : "Affiliate dan Referral"





Setidaknya itulah 4 bentuk cara dalam menghasilkan uang melalui blog yang dapat saya berikan. Lalu bagaimana cara menjalankannya?

Sebelum kalian menjalankan Iklan maupun Review kalian setidaknya harus mengetahui sekilas mengnai beberapa istilah penting berikut ini :
  • Publisher
    Publisher adalah kita (blogger) yang akan memberikan sebuah ruangan (spice) di blog kita untuk dipasangi iklan.
  • Advertisher
    Adalah pihak yang memasang iklan.
  • Broker
    Adalah tempat (website) yang mempertemukan antara publisher dan advertiser agar kegiatan pasang-memasang iklan menjadi lebih mudah.
  • Impresi
    Adalah jumlah kunjungan (biasanya dihitung per IP Address).
  • IP Address
    Alamat Internet Protokol adalah sebuah kode unik untuk setiap alat yag digunakan untuk mengakses internet. Silahkan baca tentang IP Address.
  • Earning / Penghasilan
    Adalah jumlah uang yang kalian dapatkan.
  • Pay Out (PO)
    Adalah penarikan uang dari saldo di broker ke nomer rekening kalian setelah melebihi jumlah minimal yang ditentukan oleh pihak broker.
  • Script
    Adalah sebuah kode HTML yang akan diletakkan di blog kalian yang akan berubah menjadi sebuah tampilan iklan.
  • Referral
    Beberapa broker memberikan kesempatan bagi publisher untuk menambah penghasilan melalui program referral.

Setidaknya itu adalah istilah-istilah yang WAJIB kalian ketahui apabila kalian ingin mendapatkan penghasilan melalui media pemasang iklan. Sekarang kita membahas step-step mendapatkan uang melalui blog :

  1. Mengembangkan blog
    Sebaiknya apabila blog kalian masih terbilang baru, dan belum memiliki pengunjung yang banyak (setidaknya ada 100 pengunjung harian di blog kalian) urungkan dahulu niat kalian memasang iklan, lebih baik perbaiki dulu blog kalian sehingga memiliki kunjungan yang sudah banyak.
    Silahkan kalian baca artikel "bagaimana cara agar blog yang masih baru bisa mengalahkan blog yang sudah tua".
  2. Mencari broker
    Mencari sebuah broker yang terpercaya bukanlah hal yang sulit, tetapi tidak bisa dianggap mudah juga. Seperti kejadian publisher lokal yang scam ini (baca : sitti scam). Broker yang paling potensial saat ini masih dipegang oleh Google Adsense, tetapi karena sulitnya menjadi publisher di google adsense. saya sarankan kalian untuk mendaftar di broker lokal saja. Kalian bisa belajar PPC bersama adsensecamp, atau kalian juga bisa mendaftar di kliksaya.com , atau IdBlogNetwork.com

    Untuk broker review jalian dapat menggunakan broker lokal seperti adreviewcamp (baca panduannya) maupun broker luar seperti blogvertise (baca panduannya), tapi menurut pendapat saya, untuk mendapatkan sebuah job review sangatlah sulit.
  3. Menempatkan iklan / mengerjakan review
    Setelah kita diterima sebagai publisher di salah satu broker, langkah selanjutnya tentu memasang iklan. Untuk teknik pemasangan iklan dapat kalian pelajari secara otodidak dengan cara melihat iklan-iklan yang ditempel di blog-blog atau situs-situs ternama. Kalian juga bisa membaca artikel "bagaimana menempatkan script iklan agar menghasilkan lebih banyak uang".

    Atau apabila kalian telah mendapatkan job review, jangan pernah menunda untuk mengerjakan job kalian. Karena apabila kalian terlambat mengerjakan review selain kalian kehilangan kesempatan mendapatkan uang, pihak broker juga akan enggan untuk memberikan job kepada kalian di kemudia hari.
  4. Patuhi peraturan
    Jangan pernah mencoba untuk melakukan kegiatan hacking yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. salah satu sebab yang membuat masa depan ppc lokal suram adalah dengan melakukan klik sendiri pada iklan kalian atau yang lebih sering disebut sebagai "fraud click".





Apabila kalian ingin mendapatkan uang melaui progam affiliate, maka kalian harus pandai-pandai menulis artikel yang berhubungan dengan barang / jasa yang kalian tawarkan, dan juga kalian harus pandai mengajak pengunjung untuk melakukan action (membeli / menyewa / mendaftar) di progam yang kalian kerjakan.

Untuk sementara sekian dahulu artikel ini saya buat, mungkin apabila ada dari mastah-mastah yang mau menambahkan saya akan bersenang hati melakukan update di artikel ini. Terimakasih telah datang berkunjung.


Artikel Terkait