Artikel Original Berkualitas Jumlah Keyword dan Google Pagerank

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Menepati janji saya pada artikel sebelumnya tentang "Prioritas OutLink VS BackLink Dalam Meningkatkan Google PageRank", kali ini saya masih akan membahas tentang Google PageRank. Materi yang akan saya bahas kali ini adalah tentang jumlah keyword (artikel) dan pengaruhnya dengan PageRank.


Mengapa saya selalu membahas Google dan sistem pemeringkatnya..??

Salah satu penyebab saya membahas Google dan sistem pemeringkat yang diberikan oleh search engine ini adalah dikarenakan hampir semua blogger menganggap bahwa Google adalah search engine misterius, karena banyak jebakan yang dikeluarkan oleh Google.

Maksudnya dengan jebakan..??

Pihak Google sendiri mengatakan bahwa semakin banyak backlink yang disebar maka semakin tinggi peringkatnya, ternyata kalau backlink yang disebar terlampau banyak Google malah akan memasukkan blog tersebut kedalam kotak spam.
Pihak Google mengatakan bahwa Google sangat membenci blog dofollow, tapi dalam perjalanan waktu banyak blog-blog dofollow yang memiliki peringkat tinggi.
Pihak Google mengatakan Google sangat menyukai blogger yang aktif (terupdate secara teratur) ternyata bnyak blog yang tidak teratur updatenya juga memiliki pagerank tinggi dan blog yang terupdate malah tertinggal dibawahnya.

Jadi percuma donk semua usaha dan jerih payah mempelajari teknik SEO selama ini..??

Saya rasa tidak....!!
Mari kita lihat dari kacamata Google lainnya, tentang backlink Google hanya menganggap backlink berkualitas dan mengesampingkan backlink dari seorang spammer, tentang blog dofollow coba lihat update blog tersebut apakah teratur atau tidak jika mereka menupdate blog secara teratur wajar apabila Google mengganjarnya dengan pagerank yang tinggi (sebagai catatn juga bahwa blog yang dofollow adalah blog yang paling dicari oleh blogger jadi kebanyakan blog dofollow selalu ramai pengunjung), tentang artikel yang jarang terupdate ternyata Google menilai blog yang terupdate teratur itu bukan yang update setiap hari tapi mereka mengupdate artikel yang memang benar-benar original dan fresh, Google akan sangat menyenangi blog-blog yang membuat artikel original dan fresh karena akan menambah jumlah jenis artikel yang ada di database mereka.

Jangan cepat menyerah dengan tidak dinaikkannya pagerank kalian oleh Google, tapi cobalah berusaha lebih keras agar Google melirik blog kalian. dan cara paling ampuh adalah dengan selalu membuat artikel yang original dan fresh.

Apakah sejauh itu pengaruh Original Article di mata Google..??

Ya.. Memang begitulah adanya.
Google tidak akan pernah kehabisan informasi & artikel untuk di indeks, bahkan mereka selalu kebanjiran informasi & artikel dari seluruh blog dan website yang bersemayam di jagad maya ini. Karna itu Google selalu memilah dan memilih mana artikel yang memang patut di tayangkan dan mana yang meski dikesampingkan.

Apa hubungan antara Pagerank Google dan Jumlah artikel..??

Perlu kalian ketahui bahwa Google memberikan pagerank bukan kepada home page blog kalian, melainkan dari penjumlahan antara setiap artikel yang ada di blog kalian. Jadi jangan heran apabila ada blog yang memiliki jumlah artikel sedikit akan memiliki pagerank tinggi (asalkan jumlah backlink dan visitornya memadai) karena memang jumlah bagi pageranknya sedikit.
Ambil contoh simple begini (saya mengambil contoh simple karena belum ada blogger yang tahu persisi bagaiman Google memberikan peringkat untuk suatu blog / website) :

"Sebuah blog memiliki 3 buah artikel, artikel pertama mendapat 10 point , artikel ke-2 mendapat 5 point, dan artikel ke-3 mendapat 7 point maka pagerank yang diberikan adalah (10+5+7) dibagi 3 = 7"
Jadi dapat disimpulkan bahwa pagerank adalah nilai rata-rata dari ranking artikel-artikelnya.
Ingat...!! ini bukanlah gambaran yang sebenarnya, karena perhitungan pagerank sangatlah rumit dan membutuhkan algoritma khusus.

Bagi saya pagerank memang bukan segalanya, yang penting adalah informasi unik yang dapat saya berikan kepada kalian agar selalu datang kembali ke blog saya ini. Percuma memiliki pagerank tinggi tetapi jarang adanya pengunjung yang datang kembali. Selain daripada itu jumlah artikel saya yang sudah melampui angka 100 ini memiliki banyak sekali keyword, sehingga dapat disimpulkan bahwa cara mencari blog saya ini kian mudah saja.

Kita ambil contoh simple seperti diatas.
Blog yang memiliki 3 artikel saja mungkin memiliki pagerank yang lebih tinggi dari yang memiliki 10 artikel tapi blog yang memiliki 10 artikel memiliki lebih banyak simpanan keyword daripada blog yang hanya memiliki 3 artikel saja, sehingga kemungkinan blog 10 artikel tersebut kita jumpai di SERP lebih besar daropada blog 3 artikel.
Kita ambil contoh apabila 1 artikel memiliki 10 keyword maka 10 artikel akan menyimpan 100 keyword dan 3 artikel hanya memiliki 30 keyword saja.
Ingat...!! ini bukanlah gambaran yang sebenarnya, karena perhitungan pagerank sangatlah rumit dan membutuhkan algoritma khusus.

Jadi memperbanyak artikel yang masih baru (fresh) dan original adalah hal utama yang harus kalian lakukan apbila menginginkan peningkatan pagerank. Bukan jumlah artikel yang dikejar melainkan kejarlah jumlah keyword yang sesuai dengan isi artikel kalian yang kalian kejar. Takkan lari gunung dikejar. Apabila kita mau berusaha pasti kita akan bisa menjadi yang pertama di SERP Google.

Semoga artikel ini membantu permasalahan yang sedang kalian hadapi atau sekedar menambah ilmu kalian. Terimakasih atas kunjungannya.
"Salam Zetter"


Artikel Terkait