Prioritas OutLink VS Backlink - Meningkatkan Pagerank Google

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Setelah sebelumnyakita membahas tentang backlink, brokenl link, dan out going link. Sekarang tibalah saatnya kita untuk membahs ke-tiganya sekaligus dalam satu artikel penuh. Tapi perlu saya katakan disini saya tidak akan membahas dari awal, akan tetapi saya hanya akan membahas keterikatan dari broken link, backlink, dan out going link.


Dalam membuat blog yang verry seo friendly maka kita harus memperhatikan 3 aspek tentang link selain pembuatan artikel yang berkualitas dan original. Apa ketiga aspek link tersebut..?
  1. Broken Link (Link rusak)
    Semakin banyak link rusak yang berada dalam blog kita maka semakin buruk seo yang kita lakukan. Karena link rusak hanya akan membuat susah Google dalam hal pengindeksan. Silahkan cek Broken Link di blog kalian dan ikuti tutorialnya, klik disini...
  2. Out Going Link (Link yang keluar)
    Semakin banyak link yang keluar maka semakin kecil kemungkinan blog kita mendapat ranking besar. Google memang membenci blog yang dofollow tetapi Google juga membenci blog yang tidak memiliki link keluar sama sekali. Silahkan cek out going link di blog kalian dan ikuti tutorialnya, klik disini...
  3. Backlink (Link masuk)
    Google menghitung jumlah backlink berkualitas yang mengarah ke blog kalian bukan kuantitas backlink yang kalian sebarkan. Apabila link yang kalian pasang di blog / website lain tidak memiliki hubungan timbal balik yang sesuai (tidak di klik pengunjung blog tersebut) maka secara otomatis Google menganggap backlink kalian tersebut tidak berkualitas (tdak dihitung sebagai backlink). Silahkan kalian cek jumlah backlink menuju blog kalian dan ikuti tutorialya, klik disini..

Setelah kalian mengetahui jumlah ke 3 aspek link tersebut. Sekarang mari kita bahas mana keterikatan brokenlink,backlink, dan out going link dalam membangun blog yang SEO Friendly

Semakin banyak backlink berkualitas yang kalian sebar maka semakin mudah pula Google menemukan blog kalian, hal ini berarti semakin baik pula teknik SEO yang kalian lakukan. Dengan begitu Google akan menaikkan ranking blog kalian pada tingkat yang sesuai (sebagai catatan : pada update Googe rank awal bulan ini, blog saya ini tidak dinaikkan peringkatnya oleh Google).

Lalu bagaimana melihat kualitas dari sebuah backlink..??

Kualitas dari backlink tergantung dari beberapa hal, diantaranya :
a. Tema blog kalian dan blog yang kalian pasangi backlink harus sama.
b. Jumlah klik yang kalian dapatkan dari pengunjung di blog yang kalian pasangi backlink.
c. Autorteks yang kalian gunakan harus sesuai dengan nama blog kalian (apabila menggunakan home page) atau harus sesuai dengan judul artikel (apabila menggunakan url dari artikel kalian). sesuai bukan berarti sama persis tetapi setidaknya menggambarkan apa yang akan mereka kunjungi.

Setelah kalian medapatkan cukup backlink (jarang ada blogger yang menganggap jumlah backlink mereka sudah cukup, karena blogger selalu kehausan akan backlink ^_^ ) jangan lupa untuk meletakkan out link di blog kalian. Berikanlah hubungan timbal balik antara backlink dan out going link yang sesuai.
Backlink adalah link yang menyusun blog kalian agar semakin besar dan ramai, maka out going link adalah link yang membuat blog lain menjadi besar karena blog kalian. Jangan hanya meminta link (backlink) tapi berikanlah link (out going link) agar blog kita semakin tumbuh dan berkembang bersama-sama.

Sebagai catatan : baik backlink maupun out going link tidak dinilai dari blog lain juga, melainkan dinilai dari dalam blog kalian sendiri. Google juga memperhitungkan link-link dari dalam blog kalian (dari satu artikel ke artikel lain di blog kalian).
Sebagai contong begini : artikel saya yang berjudul "Submit blog ke SATU JUTA Direktori + Blog Pagerank Tinggi" memiliki link out menuju beberapa halaman yang berada di blog saya, dan juga menuju sebuah artikel pendukung yang berjudul "Tambah artikel merampingkan alexa rank".
Meski artikel-artikel tersebut masih dalah satu blog yang sama tetapi Google memperhitungkannya sebagai backlink dan out going link karena artikel-artikel tersebut mengarahkan dan menerima link dari artikel lainnya.

Setelah saya memperhatikan, mempelajari, dan mencari informasi dari berbagai sumber saya memperkirakan bahwa tidak dinaikkannya Pagerank blog ini oleh Google adalah dikarenakan : jumlah backlink yang masih minim, dan jumlah link keluar (menuju website lain) terlau banyak. Bukankah perhitungan pagerank adalah hasil bagi dari jumlah backlink dan link keluar..??

Cara mengatasi link keluar yang berlebihan..??

Setelah kalian mengetahui jumlah out going link di blog kalian ada kalian pasti akan terperangah melihat begitu banyaknya link yang keluar dari blog kalian. Cobalah kalian lihat dimana link keluar yang mengarah ke artikel maupun halaman depan blog / website selain dari blog / website yang  kalian miliki.
Maski memperbaiki link tersebut terasa cukup memakan waktu dan kurang efisien dalam meningkatkan pagerank tetapi setidaknya kita mencobanya.
  1. Menghapus authorteks link dan menggantinya dengan URL saja.
    Contoh kalian membuat backlink untuk http://joencl.blogspot.com dengan menggunakan authorteks TripleZet. Silahkan kalian remove authorteks tersebut dan menuliskan alamat URL http://joencl.blogspot.com saja tanpa membuat link yang mengarah ke alamat tersebut. Jadi pengunjung akan menulis ulang atau copy paste URL tersebut di browsher mereka masing-masing.
    Kelemahan dari cara ini adalah pengunjung akan malas untuk copas, terlebih apabila kalian memasang script anti copas di blog kalian. Hal ini akan membuat pengunjung kecewa.
  2. Membuat link nofollow.Cara yang paling baik untuk membatasi out going link adalah dengan mengguanakan rel='nofollow' pada setiap link yang kalian buat. Di blogspot cara ini dapat kalian lakukan dengan mencentang kolom add rel='nofollow' attribute. atau apbila kalian menggunakan kode html kalian tinggal menambahkan rel='nofollow' dalam atribut <a>.
    contoh : <a rel='nofollow' href="http://joencl.blogspot.com" tittle="tips dan trik">Triple Zet</a> 

    Dengan menambahkan rel='nofollow' maka Google tidak akan mengikuti link tersebut atau dalam artian Google akan mengabaikan atau tidak menganggap keberadaan link tersebut.

Google akan tetap menganggap out going link di blog kalian beratribut dofollow meski kalian telah mengubahnya menjadi nofollow. Mengapa..??
Google baru akan melakukan scrawl (perayapan) secara menyeluruh diblog kalian (dengan tujuan : mencri perubahan yang telah kalian lakukan) secara berkala minimal 3 bulan sekali, mungkin akan lebih cepat apabila Google menemukan banyak perubahan (tambahana artikel) di blog kalian.
Kapan google melakukan full scrawl akan tetap menjadi rahasia Google, kita hanya dapat mengira-ngira saja.

Perlu kalian ketahui bahwa Google tetap melakukan perayapan pada blog-blog yang aktif tetapi mereka hanya menambahkan artikel baru dalam database mereka. Jadi artikel yang cara Google mengindeks blog kalian dan melakukan perankingan adalah berbeda. Silahkan baca artikel saya mengenai "5 Cara Jitu Agar Blog Cepat Terindeks Oleh Google dan Cara Mengetahuinya". Dalam artikel tersebut saya katakan bahwa cara mengetahui apakah artikel sudah terindeks oleh Google atau belum adalah dengan melihat kapan terakhir kali Google melakukan perayapan di blog kalian (Google Booth Last Visit). Nah untuk mengetahui Google Booth Last Visit silahkan kalian klik disini...
Biasanya tanggal yang ditampilkan adalah tanggal 10 hari atau seminggu yang lalu.

Selain karena susahnya mendapat peringkat Google Out Going Link juga sarat akan adanya brokenlink atau link tersebut adalah link rusak. Link keluar saja sudah tidak disukai oleh Google, ditambah lagi dengan memasang link yang rusak..?? Lengkap sudah penderitaan.
Sebaiknya kalian benar-benar memperhatikan sebelum memsang link yang akan mengarhkan pengunjung menuju sebuah halaman website tertentu, selalu periksa kembali apakah link tersebut masih aktif ataukah sudah tidak ada. Termasuk apabila ada artikel yang mengarah pada sebuah artikel yang telah dihapus. Baca selengkapnya disini...

Selain tiga hal diatas yang paling menentukaan peringkat suatu blog adalah jumlah artikel yang original da keyword. Hal ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya dikarenakan artikel ini sudah terlalu panjang. Semoga artikel ini membantu permasalahan yang sedang kalian alami dan menambah wawasan kalian mengenai backlink, outlink, dan brokenlink.

Terimakasih dan salam Zetter.


Artikel Terkait