Masa Depan PPC Indonesia

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Setelah sebelumnya saya pernah menulis Cara hack PPC lokal seperti KlikSaya, IdBlogNetwork, AdsenseCamp, KumpulBlogger, dll kali ini saya akan membahas tentang masa depan Broker PPC Lokal. Bagi yang belum mengetahui apa itu PPC silahkan baca panjelasan tentang ppc dulu ya.


Ada apa dengan masa depan PPC Lokal di Indonesia..???

Sebelum saya memberikan penjelasan tentang masa depan PPC lokal ini, apabila saya bertanya : apabila saya akan memberikan sebuah teknik khusus guna mengakali (hack) ppc lokal seperti KlikSaya, IBN, AdsenseCamp, KumpulBlogger, kalian akan menerima tawaran saya tersebut..??

Apabila jawaban kalian adalah "iya". Masa depan PPC lokal seperti diatas akan bernasib seperti apa yang akan kalian baca dibawah ini.
Kita semua tahu bahwa penghasilan sebagai "Publisher" disalah satu broker PPC terbilang lumayan besar. Tapi apakah kalian sadar seberapa besara keuntungan yang didapatkan oleh "advertiser" dari iklan yang di klik oleh pengunjung di blog kalian. Dalam survey yang saya lakukan hanya sekitar 50% bahkan kurang dari itu pengunjung yang melakukan klik pada setiap iklan yang ditayangkan mau menggunakan produk dari advertiser, dan itu belum termasuk apabila ada publisher nakal yang melakukan klik sendiri pada iklan mereka. Sudah pasti advertiser akan membayar sejumlah uang untuk hasil yang Nihil.

Sebegitu malangkah nasib advertiser Indonesia..??

Sepertinya memang begitulah yang terjadi di Indonesia saat ini. Setelah bisnis iklan ppc mulai berkembang ada saja pihak nakal yang ingin menghancurkannya.
Saya tidak akan menyalahkan kalian apabila kalian menginginkan penghasilan yang besar dari iklan ppc yang kalian tampilkan di blog / website kalian, tapi pergunakanlah cara yang baik untuk mendapatkan uang secara online.

Setelah semalam saya berfikir tentang banyaknya boker PPC lokal yang menipu publishernya (SCAM) saya tersadar mungkin niat pertama mereka bukanlah untuk mendapatkan penghasilan dengan cara membohongi pihak publisher (karena dalam hal ini pasti pihak publisher yang dirugikan) akan tetapi ada kemungkinan penghasilan mereka menjadi berkurang karena adanya pihak dari publisher yang nakal.

Bukankah apabila ada publisher nakal yang melakukan many click faud (klik sendiri pada iklan yang mereka pasang) pihak broker akan mendapat keuntungan juga..??

Oh..sudah tentu.
Tapi cobalah berfikir ulang, lambat laun pihak advertiser (pemasang iklan) pasti akan mengetahui apabila uang yang mereka keluarkan untuk memasang iklan tidak mendapatkan feedback yang berarti. Pihak advertiser melalui perenaca keuangannya akan segera menarik iklan mereka dari broker tesebut. Ini sudah menjadi sebuah prinsip dalam beriklan "kami pasang, kami bayar, kami dapat orderan".

Kita semua tahu hampir semua perusahaan internet kelas dunia mendapatkan penghasilan terbesarnya melalui iklan yang dipasang pada website mereka. Ambil contoh : Facebook, Twitter, Google, dll.

Apabila tidak ada pemasang iklan yang mau memasang iklan di website mereka, perusahaan sekaliber Google dan Facebook pun akan segera runtuh. Hal seperti ini sudah banyak terjadi. Bahkan facebook sampai sekarang masih terus berinovasi agar mereka tetap mendapat kepercayaan tinggi dari pemasang iklan. 

Kembali ke Broker PPC lokal.
Untuk broker yang sudah menjadi publisher di Google Adsense mereka pasti rata-rata sudah merasakan bagaimana manisnya bayaran dari klik AdWord yang sangat tinggi. Tapi mereka juga pasti sadar betul untuk mendaftar disana susahnya minta ampun setengah mati ( kita sebagai blogger pemula yang sudah pernah mendaftar juga pasti sudah merasakannya bukan? ).
Pihak google tidak berniat untuk mempersulit proses pendaftaran (sampai di approve tentunya) tetapi mereka memang benar-benar melakukan filterisasi (penyaringan) untuk blog / website yang memang memiliki potensial untuk menjadi publisher. Karena apabila proses pendaftarannya sulit pasti kita tidak akan mau untuk berbuat curangkan..??

Untuk broker PPC lokal yang memiliki persyaratan cukup sulit adalah KlikSaya dan IBN (IdBlogNetwork). Meski sudah membuat persyaratan yang tinggi masih ada saja publisher yang mereka keluarkan karena ulah nakal yang dilakukannya. 
Seberat apapun hukuman bagi Koruptor, masih akan ada saja bibit-bibit koruptor baru. Karena korupsi adalah penyakit masyarakat yang sudah mendarah daging. Penyakit korupsi itu bukan untuk disembuhkan, tapi dibinasakan.

Apakah dengan adanya syarat yang tinggi seperti itu KlikSaya dan IBN akan kuat menghadapi kelakuan nakal dari segelintir publisher tak bertanggung jawab..??

Saya rasa tidak juga. Tapi setidaknya hal ini dapat mengurangi efek yang lebih mendalam. Selama publisher (dalam hal ini blogger) masih mau dan mampu untuk melakukan kecurangan masa depan broker PPC lokal masih dalam ambang yang mambahayakan.

Lalu bagaimana cara mengatasi publisher yang nakal tersebut..???

Ada banyak cara yang di lakukan oleh para broker untuk meminimalisasi ulah nakal publisher tak bertanggung jawab ini salah satu cranya adalah dengan hanya menghitung klik dari 1 IP Unik saja. Dengan adanya sistem ini maka 1 IP hanya akan dihitung kliknya pada klik yang pertama saja, untuk klik selanjutnya tidak akan mendapatkan bayaran (tergantung brokernya ada yang permanent ada juga yang tidak).

Nah...ide baik ini disambut kurang baik oleh kalangan blogger (publisher) karena sudah tentu dengan adanya sistem ini penghasilan merekapun akan berkurang. Kenapa..???
Ada sebagian pengunjung blog / website adalah pengunjung lama, sehingga apabila mereka melakukan klik lagi pada iklan yang tampil, klik tersebut tidak dibayar oleh advertiser. Setelah tadi saya mengecek Google Analitycs saya menemukan bahwa 38.52% dari total pengunjung blog saya ini adalah Return Visitor atau pengunjung lama yang kembali lagi (emang abis main kemana yah..?? ^_^)

Ada rekomendasi untuk broker lokal..???

Rekomendasi pertama saya adalah IdBlogNetwork (tapi saya belum menjadi publisher disana,jadi belum bisa kasih e-mail rekomendasi.
Apabila blog / website zetter sekalian sudah ramai cobalah bermain dengan KlikSaya. Syarat mutlaknya adalah 10K visitor unik per bulannya.
Meski tidak seketat iklansaya, Siitizen.sitti termasuk broker lokal yang bagus juga.
(Update 13 Maret 2013 - SITTI SCAM...!!! Baca artikel disini)

Apabila masih gagal dengan 3 broker diatas cobalah untuk mendaftar di AdSenseCamp. Silahkan baca artikel saya "Belajar PPC Bersama AdSenseamp".
Meski tidak saya rekomendasikan kalian juga dapat mencoba KumpulBlogger sebagai alternatif lain. Saya tidak merekomendasi kumpul blogger bukan karena mereka SCAM melainkan karena beberapa hal seperti : report yang kurang transparant, membuat loading blog semakin berat, server yang sering overload, dll.

Selalu ingat pembahasan saya kali ini : Mencurangi PPC lokal bukan menambah penghasilan tetapi akan menghancurkan penghasilan publisher lainnya. Saya harap kita saling mengerti dan tidak melakukan tindakan kecurangan apapun untuk mempertahankan posisi kita sebagai publisher yang baik.

Terimakasih
Salam Zetter


Artikel Terkait