CEK Jumlah Link Keluar Dari Sebuah Blog - SEO Friendly

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Dalam artikel yang sangat singkat ini saya akan membahas tentang apa itu link out, kegunaan / manfaat link out, dan cara mengetahui jumlah link yang keluar dari blog kita.


Apa itu link out (Out-Going Link) atau Link yang keluar dari sebuah blog..??

Link out adalah sebuah link yang berasal dari blog kita dimana link tersebut akan mengarahkan pengunjung pada sebuah halaman lain dari sebuah website atau blog (baik milik sendiri maupun milik orang lain). Link out dan backlink seperti anak panah.
Dalam artian begini : Apabila blog A memasang link ke blog B maka : Out link dari blog A adalah backlink untuk blog B.

Sebuah out link yang baik adalah apabila anak panah tersebut adalah anak panah bolak-balik, jadi apabila kita memasang link yang menuju sebuah blog ada baiknya blog tersebut juga mengarahkan sebuah link menuju blog kita (tukar link).

Google sebagai search engine terbesar dan terbaik saat ini menilai out-link dan back-link bukan dari segi kuantitas (jumlah) melainkan dari segi kualitasnya. Silahkan baca artikel saya mengenai "Tukar Link dan Kegunaanya". Baca juga cara membuat baclink dari blog yang nofollow.

Apa manfaat out link bagi blog itu sendiri..??

Sudah jelas apabila kita memasang link yang menuju blog A maka blog A akan mendapat backlink dari blog kita. tapi apa manfaat dari out link tersebut bagi blog kita..??
Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dengan adanya out link :
  • Referensi
    Ada kalanya ketika kita membuat artikel bukan berasalah dari hasil pemikiran kita pribadi (bukan artikel yang original) maka sebuah referensi akan sangat diperlukan gunak mendukung artikel kita agar lebih terpercaya.
  • Ranking
    Bukan hanya backlink yang menentukan ranking sebuah blog, out-going link juga mendukung derajat perankingan sebuah blog. Kenapa..??
    Apabila sebuah blog tidak memiliki link keluar sama sekali maka blog tersebut tidak mendukung blog lain untuk berkembang, dan Google sangat membenci blog yang seperti ini. jadi janganlah takut utuk membuat Out-going link.

Bagaimana cara mengetahui jumlah link yang keluar dari blog kita secara instan..???

Apabila kalian cek satu per satu out link dari seluruh artikel di blg kalian maka hal tersebut akan memakan waktu berjam-jam bahkan bisa berhari-hari. Silahkan kalian kunjung website yang menyediakan alat untuk mengecek jumlah link out secara cepat. Salah satu rekomendasi saya adalah Link Counter Tools.
Disana kalian dapat mengetahui seluruh jumlah link dari dan ke blog kalian, berikut apakah link tersebut nofollow atau dofollow.
Masukkan link blog kalian (home) di kotak URL. Jangan lupa ketikkan kembali kode yang ada di sebelah kanan, kemudian klik "Find Links".

Semoga informasi diatas dapat membantu masalah kalian ataupun menambah ide untuk membuat artikel sejenis (Bukan COPAS ).
Terimakasih atas kunjungannya.


Artikel Terkait