Kenapa Artikel Blog Sepi Komentator - Berikut Penyebabnya

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Sudah berapa hari ya saya tidak update..?? Rasanya kangen juga ingin menyapa para sobat zetter sekalian. Maklumlah, quota internetan saya sudah habis ludes tak bersisa ^_^
Sepertinya baru ditinggal beberapa hari saja pengunjung blog ini sudah mulai berasa sepi. Dari tadinya diatas angka 200 sekarang hanya tinggal separuhnya saja. Jumlah pelanggan artikel juga mulai menurun drastis, maafkan saya para zetter sekalian.


Dalam artikel kali ini saya akan membahas "mengapa artikel di blog atau website terkadang sepi komentar, atau bahkan tanpa komentar sama sekali". Setelah melakukan beberapa pendekatan akhirnya dapat saya simpulkan beberapa penyebab utama sebuah blog / website hanya terdapat sedikit komentar atau bahkan tidak memiliki satu komentar sama sekali.
  1. Artikel copy paste
    Jenis artikel satu ini adalah artikel tidak bermutu, tidak memiliki kretifitas, tidak menghargai jerih payah orang lain. Wajar saja apabila artikel hasil copas akan sangat sepi komentar atau tidak dikomentari sama sekali, jika pun ada komentar mungkin hanya untuk mengatakan bahwa artikel tersebut hasil copas.
  2. Artikel yang memiliki banyak saingan dari blog / website lain
    Artikel jenis ini mungkin bukan artikel hasil copas 100% , tetapi bukan pula sebuah artikel yang original yang fresh from the oven. Dikarenakan terlalu banyak artikel sejenis yang bertebaran di search engine maka masih sangat terbilang wajar apabila jenis artikel ini hanya dikomentari pengunjungnya.
  3. Blogger yang tidak membalas komentar
    Sudah ada komentar di blog kita tetapi kita mengabaikan komentar tersebut, jangan salahkan apabila banyak para spammer yang berkunjung dan memberikan komentar di blog kalian. Hal ini dikarenakan para spammer menganggap bahwa blog kalian tidak terurus dengan baik.
  4. Sistem moderasi
    Blog yang memberlakukan sistem moderasi komentar akan sedikit mendapat respon oleh blogger maupun pengunjung lain. Sudah menjadi alasan tersendiri bagi seseorang bahwa apabila mereka memberikan komentar mereka ingin komentar mereka sesegera mungkin terlihat di blog tersebut.
  5. Verifikasi kata
    Dengan adanya moderasi komentar dan verifikasi kata memang terbilang cukup ampuh guna memukul mundur spammer yang ingin berbuat nakal dengan blog kita, akan tetapi sisi buruk bagi seorang pengunjung yang memang ingin berkomentar pada blog kalian terlebih jika mereka memiliki boardband yang tidak memedai. Kecepata internet di Indonesia masih terbilang cukup tertinggal dengan negara tetangga sekalipun dengan adanya ke-2 faktor ini maka banyak pengunjung yang sangat enggan untuk berkomentar.
    Apabila kalian ingin menghalau spammer sebaiknya hanya gunakan salah satu dari moderasi & verifikasi.
  6. Blogger malas
    Blogger yang malas membuat artikel baru dan malas untuk blogwalking dan silaturahmi dengan blogger lain maka akan sangat jarang dikunjungi oleh para blogger yang sebenarnya sangat potensial.

Setelah mengetahui kenapa orang enggan memberikan komentar pada blog kita, mari kita bahas sedikit apa sih keuntungan yang akan kita dapatkan dengan adanya komentar di blog kita karena tidak sedikit juga blogger yang menutup kantong komentar di blog mereka.
Keuntungan dari komentar yang ada di blog kita adalah :
  1. Menampung kritik dan saran
    Dengan adanya komentar maka kita akan mendapatkan kritik dan saran yang sangat berguna untuk membangun blog kita menjadi lebih baik.

     
  2. Menambah teman blogger
    Semakin banyak komentar maka semakin banyak pula teman yang akan kita dapatkan.
  3. Membuat pengunjung terkesan dan semakin ingin mengetahui tentang blog kalian
    Apabila sebuah artikel telah dikomentari oleh puluhan bahkan ratusan orang maka pengunjung yang membaca artikel tersebut akan menganggap bahwa artikel kalian memang sangat bagus dan bermanfaat.

Sebagai informasi untuk para sobat zetter tercinta bahwa blog kita ini telah menampung seitar 100 komentar dengan 99 artikel yang telah dipublikasikan. Meski masih terbilang baru blog ini sudah mampu bertengger di urutan pertama dalam SERP Google. Blog ini pertama kali mempublikasikan artikel pada tanggal 11 November 2012, berarti sampai sekarang 16 Febuari 2013 baru berusia 3bulan saja ^_^

Artikel Terkait