Cara Menentukan Mutu Sebuah Artikel

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Selamat datang pada artikel saya yang pertama pada bulan maret 2013. Artikel berikut ini hanyalah sebagai pendukung artikel yang sudah saya tulis tetapi belum saya publikasikan karena menunggu artikel ini saya publikasikan terlebih dahulu (untuk diambil link-nya).
Bagaimana cara menentukan apakah sebuah artikel termasuk dalam artikel yang bermutu (termasuk di dalamnya artikel yang bermanfaat, sekedar menarik, atau bahkan tidak bermutu sekalipun).


1. Kedalaman Visitor Dalam Membaca Artikel

  • Visitor kalian hanya membaca judul artikel kalian saja tanpa membaca isinya sudah dapat dipastikan bahwa artikel kalian Tidak Bermutu.
    Penyebabnya : Sudah ada yang menggunakan judul serupa, Judul yang kadaluarsa (contoh : kalian membuat judul teknik SEO 2012, ditahun 2013).
  • Visitor kalian hanya membaca kurang dari 25% isi artikel kalian (tidak sampai diakhir lalu mereka pergi meninggalkan blog / website kalian) maka artikel dianggap kurang menarik.
    Penyebabnya : Artikel copas, artikel mungkin bukan hasil copas tetapi artikel serupa sudah banyak, menggunakan bahasa yang tidak baik, isi artikel memang kurang menarik untuk dibaca.
  • Visitor melihat artikel kalian sampai ahir tetapi tidak dibaca secara utuh (hanya di scroll kebawah, baca dikit scroll lagi), mungkin artikel kalian termasuk dala artikel yang menarik tetapi hanya sekedar  cukup menarik untuk dibaca tidak untuk dipahami.
    Penyebabnya : artikel serupa sudah ada (tidak terlalu banyak), bahasa yang digunakan kurang baik, artikel bersifat monoton atau tidak ada fariasi.
  • Visitor mambaca artikel kalian sampai selesai, menandakan bahwa artikel kalian adalah artikel yang 100% menarik.
  • Visitor membaca artikel kalian sampai selesai lalu memberikan komentar. Hal ini berarti artikel yang kalian tulis termasuk dalam kategori artikel bermutu dan sesuai dengan apa yang mereka cari.
    catatan : apabila visitor hanya membaca sebagian isi artikel dan berkomentar tidak termasuk dalam point ini, mungkin mereka berkomentar dengan tujuan yang lain seperti memasang backlink, menyapa kalian saja, atau dengan maksud dan tujuan tertentu.
    silahkan kalian baca artikel saya Penyebab artikel blog sepi komentar, baca juga artikel tetangga : backlink, blogwalking, dan silaturahmi antar blogger.

 2. Komentar Dari Visitor

Dalam point 1 sub  5 saya katakan bahwa artikel yang di komentari termasuk artikel yang bermutu. Berikut adalah penilaian blog dari komentar yang ditinggalkan.
  • Komentar SPAM
    Nah..untuk penilaian yangs atu ini saya masih bingung. Menurut pandangan saya bahwa artikel yang dimasuki komentar spam termasuk artikel tidak menarik (menurut yang memberikan komentar spam tersebut), tapi dalam pandangan saya yang lain bisa saja artikel tersebut masuk dalam kategori menarik. Yang jelas apabila ada sebuah artikel yang memuat komentar spam berarti komentar tersebutlah yang TIDAK BERMUTU.
  • Komentar hanya untuk salam sapa dan meningalkan backlink.
    Siapa sih yang gak sebel kalau ada orang yang berkomentar hanya untuk meninggalkan backlink saja. ( contoh : artikel yang sangat menarik sob. silahkan main juga yah di blog ane ).
    Penyebab ada orang berkomentar seperti itu karena artikel kalian kurang menarik. Apabila kalian memiliki artikel yang menarik maka mereka akan memberikan komentar yang lebih panjang.
  • Komentar dengan kritik dan saran.
    Apabila ada orang yang memberika kritik pada artikel kalian (baik mengenai artikel itu sendiri maupun mengenai blog kalian secara keseluruhan) maka artikel yang kalian tulis termasuk dalam kategori artikel yang menarik.
  • Komentar berbalas.
    Khusus untuk komentar yang memuat pertanyaan mengenai isi artikel kalian. Contoh : kalian menulis artikel tentang "cara menentukan mutu sebuah artikel" lalu ada yang berkomentar "bagaimana cara agar artikel saya dikomentari?" kalian menjawab pertanyaan tersebut, kemudian user yang sama membalasnya lagi, sehingga terjadi hubungan 2 arah yang baik.
    Artikel yang dikomentari seperti ini adalah sebuah Artikel Bermutu dan seperti apa yang mereka inginkan.

Apabila kalian kesulitan menentukan kedalaman vistor kalian membaca artikel kalian. Kalian dapat menggunakan tools dari Google Analisis untuk mempermudah pekerjaan kalian. Sekian artikel ini saya selesaikan silahkan baca artikel menarik selanjutnya. Apabila kalian belum berlangganan artikel saya, silahkan kalian masukkan alamat e-mail kalian pada kotak subcribe. Kami akan mengirimi kalian e-mail dari update blog ini secara teratur setiap pukul 07:00 - 09:00 WIB. Terimakasih & Selamat malam zetter.


Artikel Terkait