Manfaat Blog SEO Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Tanpa terasa waktu berjalan. Sedikit langkah waktu ini adalah ujian. Apa kabar kawan semuanya? Bulan maret telah datang. gak kerasa yah..???
Masih membahas SEO dan Blog, kali ini saya akan mengembangkan blog ini kearah bisnis online, sebenarnya ini bukan bisnis tetapi sebuah pekerjaan. Tapi karena kebanyakan orang menganggapnya bisnis (saya sih ikut aja deh). Yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah Hubungan antara Blog SEO dan Kesuksesan dalam mengembangkan sebuah Bisnis Online.


Kalian juga bisa membaca artikel tentang "Manfaat alexa rank dan google pagerank bagi blogger". Dalam artikel tersebut salah satu manfaat Ranking sebuah blog adalah mempermudah untuk mencari uang.

Apa hubungan antara SEO dan Ranking Blog..?? Kenapa OOT (Out Of Topic)..??

Sebenarnya ini bukan out of topic melainkan apa yang akan bahas antara SEO dan Ranking blog masih saling berhubungannya.

Hubungannya..??

Sudah tentu hubungannya sangat erat (bahkan lebih erat dari menjalin hubungan dengan pacar) karena dengan melakukan teknik SEO yang baik maka peringkat atau ranking blog kita juga akan naik.

Lalu hubungan antara ranking blog dan mudah mencari uang..??

Sebagian advertiser akan memilih blog-blog yang memiliki PageRank tinggi ketika mereka hendak memberikan job review maupun ketika mereka akan memsang iklan. Bukankah apabila kalian memiliki blog dengan PageRank yang tinggi maka kesempatan blog kalian dipilih oleh advertiser iklan akan lebih besar..??

Sungguh menarik memang membahas tentang blogging, SEO, dan cara-cara mencari uang melalui internet (biasanya blogger menyebutnya "dollar online" walau mata uang yang digunakan adalah Rupiah).
Bagaimana tidak.
Hanya dengan bekal rajin menulis saja (walau terkadang tulisan yang dimuat tidak berbobot sama sekali) kita dapat menghasilkan ribuan dollar atau jutaan rupiah. Siapa sih orangnya yang tidak tergiur dengan hal ini..??
Tapi yang perlu di ingat adalah "Tidak semua orang bisa melakukan hal ini" dan "Tidak semua orang yang bisa melakukannya berhasil dengan cara ini".

Dengan 2 pernyataan diatas tentu dapat disimpulkan bahwa mencari uang di jagad maya ini teramatlah sulit. Meski peluang berusaha di jagad maya sangat terbuka lebar, tetapi persaingan yang ada juga tidak bisa dipandang sebelah mata. kok malah ngelantur kemana-mana gini. Oke Next...

"Manfaat SEO dalam mengembangkan Bisnis Online"
  
  1. Traffik yang tinggi
    Kita tentu sudah paham sekali bahwa alasan mengapa kita melakukan SEO atau Optimalisasi mesin pencari adalah mendapatkan pengunjung harian dalam jumlah yang sangat tinggi. Dengan adanya trafik yang tinggi ini maka kesempatan dalam mengembangkan bisnis online kita semakin besar. Contoh :
    • Sebuah bisnis yang di iklankan pada blog dengan pengunjung harian diatas 1.000 visitor akan lebih cepat berkembang daripada pada blog yang memiliki trafik harian dibawah 100 visitor per harinya.
    • Kembali pada contoh diatas. Apabila bisnis yang kita kembangkan dilihat oleh 1.000 orang perhari maka dalam sebulan sudah ada 30.000 orang yang melihat bisnis kita, dengan rasio 25% pengunjung blog adalah return visitor (pengunjung lama yang datang kembali) maka setidaknya ada sekitar 23.250 orang yang melihat bisnis kita dengan 750 orang diantaranya telah melihat bisnis kita lebih dari satu kali. Yang 750 itu memang nilainya kecil melainkan mereka yang melihat iklan kita berulang kali lama-lama akan tertarik dan bergabung dengan kita. hal ini tentunya akan berbeda dengan blog yang memiliki trafik sangat minim.
     
  2. Blog yang SEO biasanya memiliki pengunjung royal lebih banyak
    Apabila kita memandang seperti point 1, kita tentu sudah akan paham dengan ini. kita ambil contoh rasio pengunjung royal adalah 10% dari total visitor. tentu saja blog dengan visitor 1.000 akan memiliki lebih banyak pengunjung royal daripada blog dengan pengunjung 100.
    Pengunjung royal itu seperti apa..??
    Pengunjung royal itu adalah mereka yang ketika membaca artikel kalian secara langsung ataupun tidak langsung akan tertarik dengan blog kalian. Seperti ketika kalian menulis artikel tentang PPC, mereka dengan sangat antusias mengikuti broker PPC yang sama dengan kalian, kalian jual jasa pembuatan SEO mereka dengan antusias mengikuti progam kalian, dll.
  3. Semakin hari semakin besar
    Ingat arti kata SEO tadi..? Search Engine Optimization, kegiatan opimalisasi mesin pencari tujuannya adalah mesin pencari itu sendiri. Semakin baik kita melakukan optimalisasi maka mesin pencari akan semakin dekat dengan kita (semakin banyak kata kunci yang kita gunakan maka semakin sering juga blog / website kita muncul di halaman hasil pencarian atau Search Engine Result Page).
  4. Blog paling dicari
    Di point 3 disebutkan bahwa blog SEO sering muncul di SERP. Daripada ribet menjelaskannya langsung saja saya berikan contoh :
    Ketika kita melakukan pencarian dengan kata kunci "manfaat blog seo dalam mengembangkan bisnis online" karena blog ini (http://joencl.blogspot.com) memiliki SEO yang baik maka kalian dibawa ke artikel ini, padahal sebenarnya kalian TIDAK mencari blog ini sebagai tujuan utama.
    Sebagian dari pengguna search engine mengatakan bahwa "mereka akan lebih senang membaca artikel yang ditampilkan pada halaman pertama daripada harus menyelam ke halaman-halaman selanjutnya" dan sebagian dari mereka yang mengatakan ini "lebih suka membaca artikel 3 teratas sebelum melirik pada baris ke 4 dan selanjutanya".
    Meski blog SEO bukanlah blog yang paling dicari tetapi karena blog SEO lebih sering di lihat daripada blog yang Tidak SEO, maka secara pribadi saya katakan bahwa "Blog yang memiliki SEO baik adalah blog yang paling dicari di search engine".

Sekian artikel ini saya tulis. Apabila kalian ingin mengutip sebagian dari isi artikel ini saya akan sangat senang apabila kalian mencantumkan kode sumber artikel ini berasal. Selamat malam dan selamat menjalani rutinitas yang mulai padat di bulan maret ini.

" Terimakasih atas Kunjungannya "


Artikel Terkait