Bagaimana Cara Agar Blog Yang Masih Baru Bisa Mengalahkan Blog Yang Sudah Tua

Newbie, Pemula, dan lain sebagainya sepertinya akan selalu melekat pada seseorang yang masih baru terjun ke sebuah bidang (baik idang ilmu, usaha, dll). Blogger pemula, begitulah orang menyebut seseorang yang masih baru mengenal dunia blog. Sama seperti saya, saya juga adalah seorang pemula. Saya mengenal dunia blog sejak usia saya masih 21 tahun (sekarang 22 tahun tepat tangal 10 maret kemarin).


Saya mengembangkan blog ini secara intensif pada awal-awal tahun 2013 ini (berarti sampai sekarang baru berjalan 3 bulan) silahkan check alexa rank saya sekarang sudah berapa? 

Apa trik saya dalam menaikan alexa rank blog ini dengan sangat cepat..??

Saya pernah menulis artikel mengenai Cara cepat menaikan pagerank google dan alexa rank, dalam artikel ini saya akan merangkum artikel-artikel tersebut kedalam sebuah artikel yang lengkap sehingga memudahkan kita sebagai bloger pemula untuk mempelajari alexa rank dan pagerank google.

Sebelum saya membahas inti artikel ini ("cara mengalahkan blog lama versi bloger pemula" dan "cara mempopulerkan blog baru"), Berikut ini adalah rangkuman saya mengenai cara cepat meningkatkan ranking blog baru :
  1. Link
    Link dalam segi bahasa bisa diartikan sebagai penghubung atau hubungan. Dalam dunia blogging link dapat diartikean sebagai penghubung (penyatu) antara artikel satu dengan artikel lainnya atau blog kita dengan blog lain. Link memang sangat menentukan ranking sebuah blog, karena hal yang paling menentukan apakah blog tersebut populer atau tidaknya adalah link yang menuju blog tersebut. Lihat saja di situs alexa.com dalam popularitas blog yang kita lihat adalah jumlah backlink untuk blog tersebut.

    Link-link itu sendiri terbagi menjadi Backlink (link menuju blog kita), out going link (link dari blog kita yang mengarah ke situs / blog lain), Broken link (link di blog kita yang telah rusak karena suatu sebab). Silahkan baca rankuman saya mengenai LINk disini.
  2. Update
    Update dalam segi bahasa dapat diartikan sebagai pembaharuan atau memperbaharui. MengUpdate atau memperbaharui isi blog merupakan tugas utama seorang blogger, karena blog yang senantiasa diperbaharui isinya maka blog tersebut terlihat selalu segar di mata pengunjung maupun di mata search engine.

    Kenapa harus sering-sering update blog.??

    Tambah artikel terbukti (oleh saya sendiri yang membuktikannya) menaikan ranking alexa. silahkan baca juga penilaian saya tentang jumlah artikel, jumlah keyword (kata kunci), dan pagerank.
  3. Template
    Berhubung saya belum terlalu banyak mengotak-atik template blog ini (hanya edit yang umum-umum saja), saya belum dapat memberikan penilaian tentang pengaruh template blog dan ranking. Apabila kalian memiliki artikel yang membahas tentang pengaruh template silahkan psangkan link di komentar, nanti saya akan mengambil bahan dari blog kalian.
     
  4. Promosi
    yang saya maksud promosi disini bukanlah mempromosikan blog kita, tetapi mempromosikan situs pemeringkat. Contoh apabila kalian mau menaikan pagerank google maka berteman baiklah dengan google itu sendiri. Nah apabila kalian ingin menaikan ranking alexa maka teruslah mempromosikan alexa.com di blog kalian. Saya pernah membaca bahwa "semakin banyak pembaca blog kalian yang memasang widget alexa rank di blog mereka maka alexa rank blog kalian akan cepat terdongkrak naik".

Setidaknya itulah 4 hal utama yang sangat menentukan ranking blog. Setelah kita membahas tentang cara menaikkan ranking blog , lalu apa tujuan kita menaikkan ranking blog kita. Setelah saya keliling (searching, blogwalking), kesana dan kemari, dan kesana lagi,lalu kemari lagi, akhirnya saya menemukan artikel tentang "manfaat blog SEO dalam mengembangkan bisnis online".

Cara-cara diatas bukan hanya ditujukan untuk blog lama atau blog baru saja, tetapi untuk semua blog yang mau menaikan ranking blog mereka di mata Google / Alexa. Tentang cara-cara tersebut sudah saya buktikan sendiri melalui blog ini, sudah banyak blog-blog lama yang telah saya rebut rankingnya di alexa dengan menggunakan blog saya yang masih sangat baru ini. Jadi kalian sebagai blogger pemula jangan pernah merasa minder bila berhadapan dengan blogger yang sudah lama, karena umur blog hanya memegang peranan sekian persen saja untuk menjadi sebuah blog yang populer.

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana mengalahkan popularitas blog lama dengan blog baru. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa popularitas itu ditentukan oleh link-link yang mengarah ke blog kita, jumlah artikel dan keyword yang masuk di database search engine, dan ranking blog itu sendiri.

Semakin banyak artikel yang kita tulis maka akan semakin banyak juga keyword untuk blog kita, ditambah dengan banyak backlink yang mengarah ke blog kita, maka semakin mudah seseorang untuk menemukan blog kita. Apabila manusia saja merasa mudah untuk menemukan blog kita apalagi mesin perayap (spider / bot) yang kesehariannya adalah bermain-main di blog-blog kita.

Bagaimana cara menaikan popularitas blog baru..??

Setidaknya sama seperti yang saya tulis tadi, meaikan populriatas blog yang masih baru dapat dialakukan dengan beberapa cara berikut ini :
  1. Memperbanyak artikel
  2. Memperbanyak kata kunci
  3. Memperbanyak backlink
  4. Meningkatkan ranking
  5. Memperbanyak membaca blog lain
  6. Memperbanyak teman
  7. Memperbanyak promosi
  8. Aktif di berbagai media sosial, dll.

Begitulah tadi artikel saya yang membahas tentang Bagaimana Cara Agar Blog Yang Masih Baru Bisa Mengalahkan Blog Yang Sudah Tua, semoga artikel ini memberikan sebuah manfaat bagi yang membaca dan yang menulisnya. Aamiin.


Artikel Terkait

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Ane mau tanya gan, kira-kira butuh berapa backlink agar ranking alexa blog saya ada di bawah 500.000an?

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus untuk alexa gak terlalu berpengaruh berapa banyak backlink yang ada, dahulu backlink blog ini hanya 3 juga alexa ranknya susut cepat.
      kalau sekarang sudah 500K backlink ada 61.

      untuk alexa : faktor penentunya adalah jumlah kunjungan per bulan, dan jumlah kunjungan itu di tentukan juga ama jumlah artikel, alexa suka ama blog yang terupdate teratur.

      Delete

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan