Bagaimana Cara Mengembalikan Semangat NgeBlog

Jenuh - Mungkin semua orang pernah merasakan sebuah kejenuhan, baik itu jenuh dengan pasangannya, jenuh dengan pekerjaan, atau jenuh dengan hal-hal lainnya. Apa sebenarnya yang mengakibatkan kejenuhan..? Ketika saya bertanya seperti itu hampir semua yang saya tanya sepakat untuk menjawab "saya merasa jenuh karena aktivitas yang itu-itu saja (monoton)". Lalu ketika saya sudah sering NgeBlog, saya juga merasa jenuh. Apakah saya merasa jenuh untuk NgeBlog karena blog saya begini-begini saja..??


Mengapa kita merasa jenuh dengan sebuah aktivitas pekerjaan..??

Apabila jawaban kalian karena aktivitasnya itu-itu saja, ada benarnya juga. Coba kita fikirkan ulang.

Mengapa aktivitas kita itu-itu saja..???

Karena kita tidak / belum mau untuk berubah, coba kalau ita mau untuk berubah atau keluar dari konteks pekerjaan kita, tentu kita tidak akan merasa bosan atau jenuh. Anda saja kita adalah seorang penjaga toko, tugas kita sudah tentu menjaga toko tersebut dari pagi sampai sore, andai pada waktu-waktu senggang kita keluar dari konteks "penjaga toko", menjadi seorang agen promosi misalnya. Kita mencoba mempromosikan toko kita kepada orang-orang yang ada disekitar kita, meski kita tidak dibayar untuk itu asalkan kita ikhlas menjalaninya tentu rasa boasn itu akan hilang.

Mengapa kita jenuh dengan pasangan kita...??

Kalau anda enjawab karena orangnya itu-itu saja, Anda salah besar. Karena sampai kapanpun pasangan hisup kita ya cuma dia, kecuali kalian mampu untuk mencari yang lebih baik dari dia. Tapi kalau dalam pikiran kalian adalah dengan mencari yang lebih baik, rasa jenuh dengan pasangan baru kalian juga pasti akan timbul, dan kalian akan mencari pasangan baru lagi. Silahkan kalian baca juga artikel mengenai "Bagaiman cara menghilangkan kejenuhan terhadap pasangan".

Inti dari semua kejenuhan adalah karena kita kita kurang ikhlas menjalaninya. Mari kita membahas pada topik utama kita "Bagaimana Cara Mengembalikan Semangat NgeBlog".

Kita kembalikan pada permasalah kita dahulu, Mengapa kita jenuh NgeBlog...????

Biasanya orang jenuh untuk mengurus blog mereka karena merasa jumlah artikel mereka yang sudah banyak sehingga sudah tidak ada ide lagi untuk menulis, atau karena jumlah pengunjung blog mereka yang stagnan meski mereka menulis artikel setiap hari, atau bahkan adalasan yang sangat ekstreme yaitu karena mereka tidak mendapatkan penghasilan dengan NgeBlog.
1. Tidak ada ide untuk menulis

Apabila kalian memberikan jawaban ini sebagai alasan kalian bosan blogging, kalian termasuk orang yang kurang bersyukur. Kita sebagai  manausia diciptakan dengan akal fikiran yang sangat kompleks, segala yang ada disekitar kita dapat kita buat sebagai bahan tulisan. Tidak ada ide yang tidak dapat di gali, selama kita mau untuk berfikir. Untuk pertama saya menulis artikel ini juga saya merasa sangat jenuh dengan dunia blogging, tetapi mengapa saya teteap menulis..???

Karena saya berharap tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi blogger lainnya. Meski saya sedang malas untuk menulis, toh ketika saya mulai menulis saya sudah bisa menulis sampai sejauh ini juga sudah luar biasanya. Intinya adalah tulis, ketika kita sudah menulisnya maka ide-ide lain akan bermunculan.

2. Visitor blog yang stagnan

Bagaimana perasaan kalian ketika kalian sudah bersusah payah untuk menulis artikel yang sangat panjang dan bermanfaat (menurut kalian) tetapi tidak ada yang membacanya...???
Tentu perasaan kalian pada saat itu sangat sedih dan kesal. Mengapa bisa begitu..?? Karena kalian tidak IKLHAS, coba kalau kalian ikhlas menulis artikel tersebut, maka sekalipun tidak ada visitor di blog kalian tentu kalian akan tetap menulis artikel-artikel bermanfaat lainnya. Contohnya blog ini saja, apabila kalian dalami visitor blog ini lebih suka membaca "cerita-cerita kehidupan" yang saya tulis di blog ini daripada membaca artikel-artikel tentang Teknik SEO atau Trik Blogging yang saya buat dengan lebih berfikir keras daripada menulis artikel mengarang cerita bebas tersebut, tetapi mengapa saya tetap menulis artikel tentang blogging..??

Karena pada awal blog ini saya buat, saya tertarik dengan dunia blogging, bukan dengan cerita-cerota tersebut. Cerita tersebut saya sisipkan di blog ini hanya sebagai pemanis saja, saya tidak pernah berfikir bahwa cerita-cerita tersebut malah menjadi Default Trend blog ini.

Silahkan kalian baca artikel referensi dari saya berikut ini :
  1. Meningkatkan trafik blog dengan backlink
  2. 9 Kiat sukses SEO
  3. Blog baru VS Blog lama 

3. NgeBlog tidak memiliki nilai tambah (penghasilan tambahan)

Ini adalah alasan klasik bagi mereka yang ngeblog karena melihat orang lain mendapatkan penghasilan tambahan yang sangat besar dengan blog mereka. Apabila kalian adalah blogger pemula dan blog kalian baru berusia bulan, jangan pernah membandingkan dengan blogger kawakan yang usia blognya sudah belasan tahun, karena penghasilan yang mereka dapatkan sekarang juga melalui masa-masa sulit seperti kalian saat ini.
Saya kembalikan pertanyaan ini menjadi "apa tujuan kalian ngeblog..?", bila jawaban kalian untuk mencari uang, maka pergunakan waktu kalian untuk menulis artikel tentang bagaimana mencari uang melalui blog. Untuk itu sangat saya rekomendasikan kalian untuk membaca artikel ini : "Bagaimana cara membuat blog untuk menghasilkan uang".

Silahkan kalian baca juga beberapa artikel dibawah ini :
  1. Mendaftar google adsense untuk menambah penghasilan blogger
    baca juga artikel tentang apa itu PPC
  2. Progam referral PPC lokal
    baca juga artikel tentang apa itu PPC
  3. Affiliasi dari toko online lokal
    baca juga artikel tentang affiliate dan referral
  4. Affiliasi dari toko online amazon
    baca juga artikel tentang affiliate dan referral

Diatas adalah 3 alasan utama kita merasa jenuh dengan aktivitas blogging, lalu bagaimana cara mengatasinya..?? Berikut adalah ulasan saya mengenai Cara mengembalikan semangat blogging step by step :
  1. IKHLAS
    Inti dari semua kejenuhan yang adalah karena kita kurang ikhlas menjalani segala sesuatunya, apabila kita iklhas maka apapun yang kita lakukan akan terasa sangat menyenangkan. Contoh : kita menulis artikel dan tak ada yang membacanya, kita ikhlas saja nanti juga akan ada yang datang (dengan syarat kita tetap berusaha untuk mencari visitor).
  2. Kembali pada tujuan kita ngeblog
    Sebenarnya apa tujuan kita ngeblog..?? Mencari teman? Memberikan manfaat kepada orang lain melalui tulisan? Mencari uang? atau yang lainnya. Ketika kalian merasa jenuh untuk melakukan blogging silahkan tanyakan kepada diri anda "untuk apa saya ngeblog..??". Setelah itu silahkan lanjut ke setep ke-3
  3. TULIS
    Ketika kalian sudah mendapatkan ide, sekecil apapun (meski kalian berfikir akan sulit untuk mengembangkan ide tersebut), tulis saja dahulu. entah kalian mau menulis judulnya dahulu atau bagaimanapun, kalau sudah kalian tulis dan tidak bisa mengembangkannya silahkan kalian simpan. Melai agi dari Step pertama, apabila kalian memang sudah terbiasa menulis maka mengembangkan sebuah ide itu tidaklah terlalu sulit. masih sebagai contoh adalah artikel ini, pada awal pembuatannya saya tidak pernah berfikit bahwa artikel ini akan sepanjang ini, tapi setelah saya tulis toh bisa panjang juga.
  4. Jadilah bermanfaat
    Tulis yang bisa membuat manfaat kepada orang lain, jangan hanya menjadi manfaat kepada diri kalian sendiri. Karena apabila ilmu kalian bermanfaat bagi orang lain sudah barang tentu bermanfaat bagi diri kalian sendiri tetapi apabila ilmu tersebut hanya bisa bermanfaat untuk kalian sendiri belum tentu orang lain bisa memanfaatkannya.
  5. Perbanyak membaca artikel sendiri
    Apabila sampai step ke-4 rasa bosan kalian masih juga belum hilang, refresh ingatan kalian dengan membaca artikel-artikel kalian sendiri yang pernah kalian tulis. Dengan membaca kembali artikel yang kita tulis ada beberapa macam keuntungan yang akan kita dapatkan :
    • Kita akan menemukan apabila ada tulisan yang kurang tepat, atau kesalahan penulisan dan kita akan segera memperbaikinya.
    • Kita akan menemukan artikel mana yang kira-kira kurang pembacanya lalu kita harus mengembangkan artikel tersebut.
    • kita menemukan artikel yang populer di blog kita lalu kita dapat mengembangkan artikel lain dari artikel populer tersebut
    • dll
  6. Perbanyak membaca artikel orang lain
    Sering-seringlah blogwalking, baca artikel-artikel dari blog teman kalian. Lalu bandingkan dengan artikel di blog kalian, tentu kalian akan melihat perbedaan entah itu dari gaya penulisannya, koas katanya, dll. Dengan membaca artikel-artikel di blog lainnya juga maka kalian akan mendapatkan lebih banyak ilmu dan ide untuk mengembangkan blog kalian.
  7. CURHAT
    Cara terakhir adalah dengan Curhat baik itu di Forum blogger, teman blogger, atau siapa saja yang mau menerima curhatan kalian dan mau untuk memberikan solusi tentunya. Nah setelah itu kembali pada step pertama lagi maka kalian tidak akan sampai step ini untuk kedua kalinya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, mohon maaf sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis tetapi saya harus menjemput kekasih untuk malam mingguan, selamat malam minggu sobat blogger. Selamat berakhir pekan zetter, Good Luck.

 

Artikel Terkait

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. sangat lengkap dan menarik sob, makasih ya sharing nya,hehehe

    ReplyDelete

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan