8 Kiat Sukses Mengikuti Lomba Blog SEO dan Review

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Sesuai janji saya tempo hari, hari ini saya akan memberikan beberapa langkah agar sukses dalam mengikuti dan memenangkan sebuah kontes blogging (baik kontes SEO maupun yang hanya sekedar review). Walau sebenarnya Search Engine seperti Google kurang senang dengan adanya kontes lomba SEO yang mengejar suatu keyword tertentu, tapi bagi sebagian blogger kontes-kontes lomba seperti ini sangatlah dinantikan karena selain tergiur dengan hadiah yang dijanjikan juga untuk mengecek teknik-teknik SEO yang telah dipelajarinya.


Mengapa Google kurang senang dengan adanya kontes SEO dengan keyword tertentu dapat dilihat pada artikel saya sebelumnya : Kontes SEO dalam pandangan Google.

Berikut adalah 8 langkah sukses kontes SEO :

    1. Mempersiapkan blog yang sesuai dengan tema lomba

    Kebanyakan para blogger yang mengikuti kontes lomba SEO adalah para blogger pemula (seperti saya) yang belum mengetahui seluk beluk kontes SEO. Berhati-hatilah apabila kalian sedang mengikuti sebuah kontes yang tidak sesuai dengan tema blog kalian karena bisa jadi google malah akan menendang SERP kalian jauh dibelakang garis finish.
     
    Seperti yang telah saya kataka pada artikel-artikel terdahulu, akan sangat tidak relevan apabila blog kalian adalah blog olahraga tetapi mengikuti kontes lomba yang bertemakan komputer. Sebaiknya apabila kalian akan mengikuti sebuah kontes lomba buatlah sebuah blog baru dengan tema yang sesuai. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update yang teratur pada blog kalian, setidaknya satu kali dalam seminggu.

    2. Pelajari materi lomba lebih mendalam

    Sebelum menulisa artikel yang akan diperlombakan sebaiknya pelajari terlebih dahulu materi yang diberikan penyelenggara lomba. Dengan mengetahui lebih jauh tentang materi tersebut (termasuk mencari referensi dari website/blog lain) kesempatan untuk memenangkan sebuah kontes akan jauh lebih besar, ingat sebagian kontes tidak hanya mengejar keyword tertentu melainkan menilai isi artikel yang di daftarkan.
     

    3. Patuhi peraturan lomba

    Kalau yang ini sudah tak perlu saya jelaskan lagi, sudah jelas disini "Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat". Jadi jangan pernah melakukan kecurangan atau blog kalian akan di diskualifikasi oleh dewan juri ^_^

    4. Buatlah artikel se-Original mungkin

    Artikel yang baik adalah artikel yang fresh baru keluar dari otak kalian (original only). Sebuah artikel yang original sangat dinantikan oleh para pencari informasi daripada artikel yang soft copy (artikel copas-an tetapi telah di edit sebagian) apalagi yang hard copy (Full Copy Paste).

    Artikel yang original juga sangat disenangi oleh mesin pencari Google, sehingga kemungkinan mendapatkan SERP yang baik juga terbuka lebar.
    Daftarkan artikel pada search engine (google) maupun social bookmarking
    Baca artikel saya tentang "5 cara jitu agar cepat terindeks oleh google" dan juga "cara mengindeks artikel pada search engine secara manual".
     

    5. Mulai menyebar backlink

    Menyebar backlink dapat dialakukan dengan cara berkomentar yang baik pada blog / website lain, atau dapat juga dengan mendaftarkan blog kalian pada direktori-direktori besar. Karena melihat begitu besarnya manfaat backlink bagi trafik blog, jangan sepelekan langkah ini.

    Terdengar kabar bahwa google sebenarnya sudah tidak lagi mengutamakan backlink dalam memberikan peringkat pada sebuah blog / website akan tetapi jangan terlalu menitik beratkan backlink hanya untuk meningkatkan peringkat blog saja, cobalah untuk melihat kegunaan lain dari backlink sebagai sumber lalulintas / trafik menuju artikel yang dilombakan.
     

    6. Buatlah satu atau dua artikel pendukung

    Sebuah kontes SEO dapat diibaratkan sebagai sebuah pertempuran. Jadi jangan biarkan pejuang kalian bertempur seorang diri, berikanlah mereka bala bantuan yang memadai. Buatlah satu atau dua artikel lain yang dapat kalian gunakan sebagai penunjang artikel utama kalian.
    Artikel-artikel tersebut dapat kalian pasangi link yang mengarah pada artikel yang dilombakan maupun sebagai pemerkaya keyword di blog kalian.
     

    7. Pelajari strategi lawan

    Setelah serangkaian proses tersebut diatas telah kalian kerjakan, inilah saatnya kalian mempelajari strategi lawan (kompetitor) kalian yang mengikuti sebuah kontes yang sama dengan kalian.Dengan membelajari strategi lawan, kalian dapat membuat strategi lain yang lebih optimal dalam SEO, atau kalian juga dapat mengmbangkan langkah-langkah yang mereka kerjakan.

    Sebagai contoh : saya menggunakan strategi dengan memasukkan keyword "bank mandiri bank terbaik di indonesia" dalam deskripsi blog saya.
    (UPDATE : Setelah saya pelajari lebih lanjut ternyata strategi seperti ini kurang layak untuk digunakan karena akan menimbulkan duplicate konten ketika saya mengeceknya di SERP Google, jadi deskripsi blog ini akan dikembalikan menuju deskripsi normalnya).
     

    8. Lupakan, dan mulai mengerjakan artikel atau lomba lainnya

    Sebagian blogger menyarankan agar fokus dalam mengikuti sebuah lomba, ada yang mengatakan bahwa kekalahan dalam mengejar sebuah keyword dikarenakan kurangnya fokus. Tapi menurut saya, apabila kalian telah melakukan 8 langkah diatas, sebaiknya kalian lupakan saja kontes yang kalian ikuti dan mencoba mengerjakan sebuah artikel untuk lomba yang lainnya. Cukup sesekali saja mengecek artikel yang kalian daftarkan pada sebuah kontes, kebanyakan blogger pemula (pengalaman pribadi) stress dikarenakan artikel yang dilombakannya mendapat urutan yang sangat tinggi di SERP Google padahal proses lomba masih berlangsung 2 atau 3 bulan lagi. Karena itu dia mulai melakukan spam disana-sini yang pada akhirnya blog mereka dianggap spam oleh Google ^_^

      Ternyata sudah sangat panjang juga artikel ini yah. Akan sangat sayang apabila artikel yang saya buat sepanjang ini tidak terdapat komentar sama sekali ^_^ Agar lebih lengkap dalam artikel ini akan saya berikan informasi yang saya peroleh (baik melalui blogwalking, maupun eksperimen pribadi) mengenai apa saja yang mempengaruhi SERP Google.
      Note : untuk blogger pemula yang kurang paham tentang apa itu SERP dan SEO dapat kalian baca pada artikel saya yang berjudul : apa itu SEO dan SERP.

      4 hal yang mempengaruhi SERP Google :
      • Umur Blog
        Umur blog yang masih terbilang muda (kurang dari 3 bulan) dalam pengamatan saya masih belum mampu untuk melakukan optimalisasi sebuah keyword dalam sebuah kontes lomba.
        penyebabnya : blog muda masih belum memiliki keyword yang banyak, Jumlah outlink (link yang keluar dari blog kalian) yang terlalu banyak dapat memperburuk SEO yang kalian lakukan.
        Pada umumnya blog yang masih berumur jagung (blog ini masih berumur 2,5 bulan sampai saat artikel ini saya tulis) adalah blog yang labil. Dalam artian blog tersebut masih sering gonta-ganti template, masih dalam perancangan kode HTMLnya, sehingga masih belum cukup kokoh pondasinya. Blog yang belum mantap kurang disenangi oleh google, karena bot crawl google akan kebingungan dalam mengindeks blog kalian.
      • Jumlah artikel dan keyword
        Blog dengan jumlah artikel dan keyword yang minim akan lebih jarang tampil di SERP Google, sehingga google juga kurang mengenali blog kalian. ingat kata pepatah "tak kenal maka tak sayang".
      • Backlink dan Brokenlink
        SERP Google ditentukan pula dengan adanya backlink (link yang mengarah keblog / website kita), tapi hanya backlink yang berkualitas yang mempengaruhi SERP Google. Berhentilah menjadi spamer karena backlink hanya mengisi kurang dari 25% penilaian google.
        Selain itu Brokenlink (linkrusak yang berada di blog / website kita) juga akan mempengaruhi penilaian google. silahkan baca : Apa itu brokenlink dan pengaruhnya terhadap SEO.
      • Popularity social media
        Pertumbuhan dan perkembangan sosial media belakangan ini membuat google sebagai mesin pencarian paling besar dan yang paling dapat diandalkan memandangnya penting. Google akan mempertimbangkan blog yang telah populer di media sosial seperti Google Plus, Facebook, dan Twitter. Dengan semakin populernya blog di media-media sosial tersebut maka posisinya di SERP akan ditempatkan pada posisi yang sesuai, itulah pentingnya kita share artikel kita di media sosial.
        Hal ini dapat kalian lakukan dengan menautkan blog kalian dengan media sosial yang kalian ikuti. Silahkan bergabung dengan Group Komunitas Blogger dan Nettizen Indonesia di Facebook.
      Sekian dulu artikel yang cukup panjang ini. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Ditunggu tanggapannya ^_^
      Terimakasih.

      Artikel Terkait