Affiliate dan Referral

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang Affiliate dan Referral. Secara umum ke-dua istilah tersebut sama. Bagaimana cara menghasilkan uang melalui Referrals atau Affiliate akan saya bahas di artikel yang singkat ini.

Affiliate dalah sebuah kata "keren" untuk menggambarkan sebuah kata yang sebenarnya sudah sering kita dengar yaitu "makelar". Kita semua tentu sudah sangat faham tentang kata makelar, nah dalam dunia maya kata tersebut diganti dengan "Affiliate".

Lalu apa fungsi seorang affiliate..??

Fungsinya sangat mirip dengan makelar, apabila di dunia nyata kita sering mendengar kata makelar tanah, tugasnya hanyalah mempertemukan antara penjual tanah dan pembelinya. Segala urusan transaksi mereka sendiri yang mengatur, kita dapat saja mengatur segala macamnya tetapi dengan "pea" tambahan.
Apabila kita mengikuti program affiliate dari sebuah situs, tugas kita hanyalah membawa pengunjung yang akan melakukan transaksi di situs mereka. Besaran bonus yang akan kita dapatkan tergantung dengan program yang mereka berikan ada yang memberikan 20%, 30%, atau lebih.

Lalu bagaimana dengan referral..??

Secara umum baik referral maupun affiliate adalah sama. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah situs yang mengelolanya. Affiliate biasanya adalah istilah untuk situs yang mengelola jual beli online sedangkan Referral adalah situs pengiklanan biasa seperti PPC, PPP, dll.

Penghasilan melalui affiliate dan referral memang tidak begitu besar, melainkan apabila kita dapat mengajak banyak orang untuk menjadi affiliate maupun referral dari kita penghasilan yang sedikit itu akan mendapat faktor pengali yang banyak. Seribu rupiah saja kalau dikali sepuluh akan cukup untuk membeli rokok sebungkus ^_^

Berikut adalah situs-situs yang saya ikuti baik affiliate maupun referral, situs yang saya ikuti ini adalah yang termudah alias gak beribet.
  1. Affiliate :

  2. Referral :

     


Update : 08 - April - 2013

Bahaya Link Affiliate & Referral Bagi SEO Blog / Web

Secara umum Google sebenarnya tidak mendukung adanya link-link di blog yang bersifat konfensional (salah satunya adalaha link affiliate & referral). Mengapa Google kurang senang dengan link-link tersebut di blog atau website kita..??

Menurut pandangan saya ada 2 hal utama yang mungkin di jadikan alasan oleh Google untuk hal ini, yaitu :
  1. Link tersebut bukan dari halaman aslinya
    Sebagai contoh kalian memiliki link referral dari sebuah situs PPC, sebagai contoh KlikSaya. Situs yang seharusnya beralamat di http://pub.kliksaya.com diubah menjadi http://pub.kliksaya.com/web/index.php?refid=192404
  2. Dianggap Spam
    Mengacu pada alasan pertama, artikel yang kita tulis yang akan kita tempati "link referral" biasanya kita akan terlalu banyak menempatkan link-link tersebut, sehingga over limit bagi google bot. Tujuan kita memasang link tersebut sebanyak-bnyaknya adalah agar kesempatan link tersebut di klik semakin besar. Hal semacam ini yang dianggap SPAM oleh google.
  3. Saingan Adsense
    Semakin banyak link referral tersebar di dunia maya ini, maka situs tersebut akan mencabut iklan mereka di situs pengiklanan, Bukankah google memiliki adsense untuk jasa pengiklanan?

Artikel Terkait