Apa Itu Brokenlink Dan Pengaruhnya Terhadap SEO

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Semakin banyak artikel yang kita tulis semakin banyak juga dukungan dari link out ke sebuah website maupun blog lain. Tetapi ada kalanya link yang kita pasang telah kadaluarsa. Hal seperti inilah yang  disebut sebagai brokenlink yang akan memperburuk SEO yang kita lakukan. Dalam artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang apa itu brokenlink, cara mengeceknya, dan bagaimana cara mengetasinya.


Brokenlink.

Dalam segi bahasa dapat diartikan sebagai link rusak. Brokenlink dapat terjadi karena beberapa hal, seperti : salah mengetikkan link, blog / website tujuan telah dihapus. Pada dasarnya blog dan website yang telah dihapus tidak begitu saja menghilang dari search engine, ini akan meninggalkan brokenlink apabila artikel kita memuat link yang menuju blog atau website yang sebenarnya telah hilang peredaraannya.

Saya mengalami sedikit pengalaman dengan brokenlink. Lebih tepatnya kemarin sore saya mulai mengecek satu per satu seluruh artikel yang telah saya posting, tujuan saya adalah mengecek apakah ada brokenlink, atau beberapa kesalahan dalam pengetikan. Saya menemukan beberapa link yang rusak, setelah saya memperbaikinya satu persatu mulailah saya mencari situs untuk mengecek brokenlink, saya menemukan situs http://www.brokenlinkcheck.com dengan sangat bangga (berharap tidak ada link yang rusak) saya memasukkan alamat blog saya ini (http://joencl.blogspot.com) dan menunggu beberapa saat sampai mesin membaca keseluruhan link di blog saya.

Sambil menunggu ngopi dulu yuuuuk ^_^

Kira-kira 5 menit kemudian saya kembali ke situs tersebut dan menemukan 118 Brokenlink di blog saya ini. ini ciyuuss...????
Saya mebaca dengan seksama apa saja penyebab brokenlink tersebut, setelah saya mengecek satu persatu url dimana brokenlink tersebut ditemukan saya baru mengetahui bahwa brokenlink juga bisa diakibatkan oleh komentar di artikel kita. Lho kok bisa...???
Selidik punya selidik, ternyata beberapa akun blogger yang memberikan komentar di salah satu artikel yang saya lombakan adalah akun yang sudah tidak valid lagi. Tidakan terbaik untuk masalah ini adalah menghapus komentar tersebut.
Brokenlink juga dapat ditimbulkan oleh link yang mempunya tanda-tanda khusus seperti : $ , ? , % , # , &
Dalam kasus yang saya hadapi link yang mengandung tanda % dan ? ternyata dipandang kurang baik untuk SEO (memang bukan brokenlink melainkan akan dianggap sebagai badhost ) coba cek link affiliate dan refferal yang kalian miliki apakah memiliki tanda-tanda tersebut.
Beberapa sumber menyebutkan bahwa algoritma beberapa search engine tidak mendukung untuk url yang memiliki ekstensi khusus tersebut (search engine tertentu berati bisa Google, Yahoo, MSN, dll).

Cara cek brokenlink.

Sebaiknya dalam kurun waktu tertentu kalian membuka lagi artikel-artikel lama kalian, kalian bisa klik satu per satu link-link yang kalian buat sehingga kalian dapat mengetahui apakah link tersebut sudah mati atau belum.
Untuk cara mudah dan cepat melihat brokenlink di blog / website kalian adalah dengan mengunjungi situs : http://www.brokenlinkcheck.com
Disana kalian hanya diminta untuk memasukkan alamat website / blog kalian dan mesin akan membaca website / blog kalian secara keseluruhan, kalian akan diberitahu apabila ada link yang rusak, link dari hosting tidak terpercaya, bahkan kalian juga akan diberitahu jika link kalian akan mengarah ke website / blog yang memiliki loading page yang sangat lambat.

Pengaruh brokenlink terhadap seo.

Sudah kita ketahui bahwa search engine akan merayapi blog atau website kita. Bot scrawl search engine akan berhenti bekerja apabila mereka menemukan brokenlink, hal ini sangat dibenci search engine karena mereka tidak mendapatkan informasi yang lengkap mengenai blog / website kalian.
Seperti kata pepatah "susu sebelanga rusak karena nila setetes", kita semua tentu tidak mau apabila blog / website yang kita banggakan dibenci oleh search engine hanya karena memuat satu atau dua brokenlink.

Setelah mengetahuan apa itu brokenlink, cara cek brokenlink, dan pengaruhnya terhadap SEO. Mulai sekarang sebaiknya berhati-hatilah ketika akan memasukkan link out dari blog / website yang kalian kelola. Sekian artikel singkat mengenai Brokenlink semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan membantu memcahkan masalah yang kalian hadapi.

Artikel Terkait

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Artikelnya mantab sekali,, oh ya, ini saya, pemiliki maruf-blog,,, saya mempunyai blog baru yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda.....
    seoterpadu.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan