Penyebab Trafik Blog Naik Turun

Selamat siang zetter, bagaimana kabar kalian hari ini.? Setelah beberapa waktu yang lalu saya jarang sekali update artikel di blog ini, ketika saya perhatikn statistik kunjungan perhari ternyata sudah mulai turun drastis dari ketika saya masih sering melakukan update artikel yang masih terbilang fresh. Berikut ini adalah penyebab naik atau turunya statisti kunjungan (yang saya survey adalah blog ini, jadi datanya juga saya ambil langsung dari pengalaman pribadi).


Beberapa hal yang mempengaruhi trafik blog secara adalah sebuah kelalaian blogger itu sendiri, karena dalam hal ini pengunjung blog tidak tahu menahu atas statistik di blog kalian. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :
  1. Kesalahan kategori blog
    Terkadang kita membuat blog yang membahas tentang hal-hal yang mungkin jarang dicari oleh pengguna internet, karena hal itu maka blog kita akan sangat jarang pengunjung. Atau malah sebaliknya, blog kita membahas tentang hal-hal yang sangat sering dicari (trending topik), kemungkinan blog kita dikunjungi memang sangat besar, tetapi apabila blog yang kita miliki masih sangat baru apakah kita bisa bersaing dengan blog-blog yang sudah sangat berusia tua..???
    Silahkan baca artikel : Bagaimana cara agar blog yang masih baru bisa mengalahkan blog yang sudah tua.
  2. Kelalaian membuat artikel SEO
    Yang saya maksud disini bukanlah artikel yang bersifat Friendly SEO, melainkan karena kita sibuk membahas tentang artikel-artikel yang SEO atau membuat artikel yang SEO kita malah lupa, kita membuat blog untuk apa..??
    Artikel-artikel yang membahas tentang SEO, backlink, out going link, broken link, kiat SEO, dkk adalah artikel-artikel yang hanya dicari oleh blogger, sedangkan jumlah blogger indonesia mungkin hanya sepersekian persen dari pengguna internet secara keseluruhan. Selain itu, artikel-artikel semacam itu sudah banyak dibahas oleh blog-blog terdahulu.
  3. Blog labil
    Makasud saya adalah blog yang tidak sesuai dengan kategorui awal. Blog-blog semacam ini biasanya hanya membuat artikel-artikel tranding topik gunanya hanya untuk menarik visitor.

    Sebagai contoh : blog yang pada awalnya memuat tentang artikel-artikel SEO kemudian karena merasa bahwa artikelnya SEO sudah lengkap, dia kemudia membahas tentang kontes SEO dan mengikuti kontes SEO tersebut (baca juga : Kontes SEO dalam pandangan Google) sehingga artikelnya sangat beragam (tergantung kontes seperti apa yang ia ikuti), setelah lelah dengan kontes ia kembali membuat artikel tentang ini dan itu, dan karena blognya masih sepi juga akhirnya dia tidak ngeblog lagi.
Itu hanya sebagian yang membuat trafik blog turun-naik (seperti ingus). Nah, dalam kesempatan kali ini saya mau sharing tentang trafik blog saya yang juga turun naik. Setelah saya cek dan saya pelajari, saya menemukan beberapa hal yagng membuat statistik kunjungan di blog saya yang juga naik-turun :

1. Konten Dewasa
Saya tegaskan setegas tegasnya, blog saya tidak memuat konten dewasa. Memang ada beberapa cerita dewasa yang pernah saya posting, tetapi cerita tersebut bukanlah cerita dewasa seperti yang biasa kalian lihat di situs-situs dewasa. Cerita-cerita yang saya maksud adalah :
Cerita-cerita diatas tadinya saya pasang dengan label / kata kunci : cerita dewasa, cerita panas, dll. Tetapi label-label tersebut sudah saya hapus, sehingga tadinya blog saya menempati urutan pertama di SERP Google sekarang sudah tidak lagi, entah mental ke halaman berapa ^^
Silahkan baca juga : Bahaya backlink dari situs dewasa bagi peringkat blog.

Sewaktu saya pasang label-label dewasa tersebut trafik kunjungan di blog saya bisa mencapai 20.000 kunjungan per hari, tetapi setelah saya hapus turun drastis menjadi hanya 5.000 - 10.000 kunjungan perhari.

2. Update yang kurang
Pengurangan label dewasa mungkin masih bisa saya imbangi dengan seringnya update artikel, tetapi karena ada beberapa problem pribadi akhirnya blog saya ikutan menjadi terbengkalai. Para pengunjung tetap juga akhirnya pada kabur, trafik yang tadinya selalu diatas 5.000 visitor per hari kini bertahan hanya 1.000 - 2.000 visitor perharinya.

Konten-konten yang saya sajikan juga pada umumnya adlah beberapa konten dari kontes SEO maupun artikel-artikel tentang affiliate dan referral, padahal saya paham betul artikel-artikel seperti ini masih cukup sepi peminat, artiel tersebut saya pakasakan di blog saya karena untuk sekedar menambah artikel saja (mau mencurangi Google, biar disebut blogger aktif). Memang mungkin dikemudian hari, blog ini akan sangat sering membahas tentang bisnis online, affiliate marketing, mlm, dll.

3. Satu blogger selusin blog
Mungkin hal ini masih melekat pada diri saya, teringat kata-kata seorang blogger "mungkin saya bukan blogger berkualitas, tetapi saya blogger berkuantitas".

Nah karena banyaknya blog yang saya miliki (rencana awalnya adalah untuk mengkategorikan blog, sehinggan artikel bisnis, seo, dll akan saya pisahkan menurut blog-blog tersebut) saya malah bingung blog mana yang akan saya update, karena kelamaan bingung akhirnya tidak ada yang di update.  Beberapa blog yang saya miliki adalah :
Apakah kalian memiliki cerita serupa dengan saya..??
Sharing aja yuk di kolom komentar, Komentar yang masuk sebisa mungkin akan secepatnya saya balas.


Artikel Terkait

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan