Lika Liku Bisnis MLM Indonesia - Part 2

Selamat siang zetter dan para pengunjung sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kembali mengenai lika liku bisnis MLM Indonesia. Sebenarnya saya cukup enggan membahas mengenai Bisnis MLM tetapi karena ada sebuah Bisnis MLM yang ingin saya coba saya membuat artikel menganai bisnis ini lagi. Kalau pada artikel Lika Liku Bisnis MLM Indonesia yang pertama saya menulis tentang sisi buruk bisnis ini, sekarang saya akan membahas tentang keuntungan mengikuti bisnis MLM

Sebelum kalian membaca lebih lanjut artikel ini, silahkan kalian baca juga Lika Liku Binis MLM Indnesia - Part 1. Apapun jenis bisnisnya jika dikaitkan dengan kata Multi Level Marketing ( MLM ) memang sudah selayaknya kita berhati-hati, karena sudah sangat banyak bisnis seperti ini yang pada akhirnya tidak terdengar lagi kabar beritanya sekarang ini.

Mengapa harus memilih MLM...???
  1. Ilmu Leadership
    Hampir setiap MLM pasti akan membimbing kita untuk menjadi seorang leader, nah salah satu keuntungan dari bisnis ini apabila kita tidak bisa mendapatkan keuntungan berupa materi setidaknya kita telah mendapatkan bekal ilmu leadership yang bisa kita aplikasikan untuk membuka sebuah bisnis sendiri.
  2. Ilmu Salesman
    Karena memang tugas kita sebenarnya bukanlah mencari downline melainkan untuk berjualan karena memang nyawa dari perusahaan bukanlah iuran pendataran melainkan dari hasil penjualan produk mereka. Nah, dengan ilmu berjualan yang baik ini, kita selain bisa menjual produk dari perusahaan MLM kita juga bisa menjual produk-produk kita sendiri.
  3. Keterampilan Berbicara
    Seorang member MLM dirancang untuk bisa berbicara dengan bahasa yang baik di depan umum. 
  4. Bonus Yang Beragam
    Bonus profit yang bisa kita dapatkan sangat beragam mulai dari bonus sponsor, bonus pasangan, bonus penjualan, dll. Tapi bagaimana perusahaan mengelola keuangan mereka untuk membayarkan bonus-bonus tersebut kepada kalian.? Silahkan baca : Lika Liku Bisnis MLM Indonesia - Part 1
Dari uraian singkat diatas dapat kita simpulkan bahwa, keuntungan kita mengikuti bisnis MLM bukanlah dengan mengejar hasil uang yang melimpah melainkan kita akan mendapatkan beragam ilmu yang bisa kita terapkan untuk membuat bisnis baru (ya kalau bisnis barunya tersebut mau bersifat MLM lagi juga gak apa apa).

Sebelum kalian mengikuti sebuah bisnis MLM sebaiknya baca beberapa saran saya dalam memilih binis MLM berikut ini :
  1. Pilihlah yang paling mudah di jalankan
    Produk apa yang mereka tawarkan.?
    Jika memang produk-produk tersebut memiliki prospek yang baik untuk kalian kembangkan, maka pilihlah bisnis MLM tersebut. Namun apabila produk yang ditawarkan sangat sulit untuk kalian menjualnya lebih baik urungkan niat kalian, dan mulai mencari MLM lainnya.
  2. Pilihlah apabila kalian memang menyenangi bisnis yang ditawarkan
    Keuntungan dari memilih bisnis yang disukai adalah kalian tidak merasa terbebani dalam menjalankannya. Contoh : kalian hobi fashion lalu kalian mengikuti bisnis MLM yang menjual barang-barang fashion, maka kalian tidak akan merasa kesulitan untuk menjualnya, atau setidaknya kalian bisa membelinya untuk kalian gunakan sendiri.
  3. Pilihlah apabila kalian memang benar-benar yakin dengan bisnis tersebut
    Mungkin kalian menemukan sebuah Bisnis MLM yang mudah untuk dijalankan, tetapi ketika kalian akan mendaftar kalian berfikir ulang "bisnis ini terlalu mudah untuk dijalankan", sebagian orang menganggap ini adalah ungkapan penyemangat, tetapi bagi saya ini adalah ungkapan keraguan. Coba berfikir ulang, apakah kalian bisa berhasil dengan menjalankan bisnis ini, atau apakah kalian benar-benar dibayar ketika kalian bisa menjual produk meraka.?
  4. Pilihlah MLM yang kepemilikannya jelas
    Dalam hal ini bukan hanya profil pemiliknya yang jelas, melainkan dimana prusahaan mereka berdiri, apakah perusahaan mereka berbadan hukum, dll. Apabila memang sudah jelas perusahaan yang mereka kelola dan kalian sudah memastikannya, barulah kemudian kalian bergabung bersamajaringan meraka.
  5. Pilihlah MLM yang menjual produk beragam
    Ingat : Keuntungan prusahaan bukan hanya ketika kalian membawa seorang untuk bergabung, melainkan ketika kalian menjual produk mereka.
    Apabila ada MLM yang hanya meminta kalian mendaftarkan member baru tanpa menjual barang apapun, atau menjual barang standar yang bisa kita beli dipasaran sebaiknya pikirkan ulang untuk mengikutinya.
Itu adalah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada kalian, semoga artikel ini apat memberikan sedikit banyak manfaat kepada kalian, jika memang kiranya artikel-artikel tentang Bisnis MLM di blog ini bermanfaat bagi kalian atau orang yang kalian kenal, silahkan kalian sebarkan artikel ini dengan mengkut sertakan alamat dimana blog saya dimana kalian mendapatkan artikel ini. Terimakasih, salam Zetter.



Artikel Terkait