Cara Mengadukan Artikel Hasil Copy Paste

Selamat malam zetter, selamat beristirahat setelah lelah seharian bekerja dan selamat datang kembali di blog yang tidak seberapa ini. Setelah kita membahas begitu banyak teknik SEO dan juga trik blogging lainnya, bukan berarti website / blog kita lantas akan menjadi yang pertama di Google.
Terkadang banyak blogger yang setelah mempelajari teknik SEO malah bingung mau menulis apa, telah saya singgung dalam artikel tantangan utama blogger pemula adalah menemukan ide untuk menulis.

Dalam artikel kali ini saya akan mengupas sedikit tentang Ide original dan perbedaanya dengan Tulisan original. Ide original adalah sebuah ide yang keluar atau dihasilkan oleh proses pengidean yang berbeda dengan ide yang pernah ada, dan proses pengidean untuk sebuah ide yang benar-benar original sangatlah langka.
Mengapa saya bilang langka..???
Karena sebagian besar ide yang ada, adalah sebuah pengembangan dari ide-ide sebelumnya atau terinspirasi dari ide yang sudah ada.
Kita semua tau, untuk memulai menulis maka dibutuhkan sebuah ide. Dari ide tersebutlah sebuah kata-kata disusun menjadi kalimat-kalimat yang indah dan mudah untuk dipahami yang membangun kalimat-kalimat lainnya sehingga terbentuklah sebuah tulisan yang mempunyai nilai lebih.
Tulisan original adalah sebuah tulisan yang dibuat menggunakan ide yang original maupun ide yang sebelumnya memang sudah ada dengan gaya penulisan dan elemen lainnya berbeda dengan tulisan lainnya yang sudah ada.

Perbedaan antara tulisan original dan ide original akan terlihat pada alur pembahasannya. Ide yang original pasti akan menghasilkan tulisan yang original juga, namun tulisan yang original bisa saja disusun dari ide yang tidak original.

Terlepas dari apakah itu artikel original atau bukan, tentunya kita semua tidak mau donk kalau artikel kita di copas oleh orang lain. Silahkan adukan apabila ada seseorang yang secara sembunyi-sembunyi copas artikel anda tanpa meninggalkan link yang asal. Bagaimana cara mengadukan apabila ada seseorang yang copy paste artikel kita? Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Akses DMCA disini
  2. Isi semua data yang dibutuhkan, seperti nama, alamat e-mail
  3. Isi kotak Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut? dengan alamat URL artikel yang di copy paste
  4. Isi kotak Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta, dengan keterangan mengapa anda meminta google untuk meninjau kembali URL kalian dan melaporkan URL yang disangka telah melakukan copas
  5. Isi kotak Lokasi materi yang diduga melanggar dengan URL blog yang telah copas artikel anda
  6. Centang semua pernyataan sumpah
  7. kirim
 
Apa yang akan dilakukan Google apabila ada yang melaporkan blog kalian melalui DMCA..???
 
  • Hal pertama yang dilakukan google adalah peninjauan ulang blog kalian
    Apabila Google sedang melakukan peninjauan biasanya artikel tersebut akan menghilang di halaman hasil pencarian google sampai Google menyatakan bahwa kalian tidak melakukan pelanggaran.
  • Memberikan sanksi
    Pemberian sanksi oleh google melihat seberapa parah pelanggaran yang kalian lakukan, urutan sanksi dari yang teringan sampai yang terberat adalah sebagai berikut : Menghapus artikel yang melanggar dari SERP (Search Engine Result Page / Halaman Hasil Pencarian), Menghapus blog kalian dari SERP, Banned ID (apabila kalian menggunakan blogspot).

Artikel yang saya tulis juga sebagian besar adalah artikel copas, tetapi saya tidak copas artikelnya melainkan copas idenya. Artikelnya tetap saya tulis sendiri, dengan gaya bahasa saya. Jadi sekalipun ada yang melaporkan ya (senoga saja) tidak akan terkena sanksi dari google.


Artikel Terkait