Lika Liku Bisnis MLM Indonesia

Selamat malam zetter. Apa kabar kalian malam ini? Bagaimana cuaca di aderah kalian? Cuaca di tempat saya sekarang sedang turun hujan, dari tadi siang belum reda juga nih. Cuaca dingin ditemani segelas kopi panas, saya akan sedikit mengulas tentang perjalanan Bisnis Multi Level Marketing Di Indonesia. Artikel ini saya bagikan karena saya pernah masuk dalam lingkaran salah satu bisnis MLM yang sudah tentu tak ada kabar beritanya lagi sekarang ini.


Bisnis Multi Level Marketing pada dasarnya adalah sama yaitu bisnis pohon uang. Dimana posisi tertinggi akan selalu mendapatkan bonus income yang lebih tinggi daripada level dibawahnya. Para pelaku bisnis ini selalu bilang "kaya raya dengan membuat kaya orang lain".
Bagaimana tidak tertarik apabila hanya dengan modal awal Rp. 150.000,- kalian dijanjikan income bulanan sebesar Rp. 1.500.000,- bahkan bisa sepuluh kali lebih besar dari itu. Memang beberapa pakar bisnis ini mengatakan bahwa bisnis Multi Level Marketing atau yang biasa disingkat MLM adalah bisnis yang sangat menjanjikan.

Bagi sebagian dari mereka yang pernah mencoba bisnis semacam ini menyatakan bahwa janji-janji yang dikatakan oleh upline mereka seperti janji-janji pejabat saat kampanye saja, hanya manis diawal tanpa ada feedback yang berarti dikemudian harinya. Memang tidak semua orang merasakan pahitnya bisnis MLM bagi sebagian dari mereka yang memulai bisnis MLM sejak perusahaan itu pertama berdiri pasti pernah merasakan bagaimana menjadi orang kaya dengan banyak sekali bonus bulanan yang mereka dapatkan. Silahkan kalian baca artikel saya "Panduan bisnis online lengkap - Gratis tanpa download".



Mari kita pelajari bagaimana bisnis MLM ini beraksi.
  1. Modal usaha
    Modal usaha dari bisnis MLM biasanya hanya sekian persen saja yang berasal dari kantong pribadi pemilik perusahaan, sisanya adalah setoran wajib member ataupun modal awal (biaya pendaftaran) member baru.
    Sebagian uang yang diberikan sebagai bonus adalah uang dari member-member yang baru bergabung. Lalu bonus untuk member baru tersebut didapat dari uang anggota baru yang mereka ajak untuk bergabung.  Sudah menjadi prinsip MLM bahwa kalian akan mendapatkan bonus apabila kalian telah mengajak orang lain sebagai downline kalian, jadi intinya uang itu adalah uang teman-teman mereka juga.

    Perhatikan contoh sederhana yang saya jabarkan dibawah :

    Sebuah bisnis MLM memberikan bonus sebesar 50.000 untuk 1 orang yang kalian ajak, dan biaya pendaftarannya adalah 200.000. Jika MLM ini telah mempunyai 1000 anggota / member maka dia harus memberikan bonus sekitar.....??? (males ngitungnya yang pasti jumlahnya ratusan juta).

    Hal ini akan terjadi dengan amsumsi 1 orang member mampu mengajak 2 orang untuk bergabung. Jadi uang dari pendaftaran yang 200.000 tadi dikalikan dengan 2000 member baru. Nah uang inilah yang akan diberikan sebagai bonus untuk para upline itu.

    Apa yang terjadi apabila member baru yang mendaftar hanya 10 orang dalam sebulan..???? Ya sudah tentu tu big boss susah untuk di hubungi lagi alias kabur ke swiss.




  2. Jenis usaha MLM
    Perhatikan juga jenis usaha yang mereka jalani. Sebagian besar jenis MLM sekarang adalah yang bergerak di bidang "penjualan pulsa all operator elektronik" ini juga dengan amsumsi bahwa member mereka mampu menjual pulsa sebagai income meraka. Memang berapa banyak untng dari jualan pulsa..??? Pulsa 5.000 aja untungnya hanya sekitar 500  rupiah saja. Tapi dengan amsumsi bahwa 1000 member mereka mampu menjual pulsa dengan nominal diatas 50.000 saja maka dalam perhitungan mereka untung yang didapatkan dapat untuk memberikan tambahan bonus untuk membernya.
    Lalu kalau membernya gak ada yang bisa jualan pulsa..??? Atau harga yang mereka tawarkan lebih tinggi dari counter pulsa sebelah..???
    Balik lagi deh ke kasus pertama (kabur ke singapura).




  3. MLM Investasi
    Menurut kalian apabila kalian mempunyai uang sebesar 100 miliyar rupiah. Apakah kalian akan menabungnya atau menginvestasikannya..??
    Bunga bank berapa sih..??? Paling besar juga 10% (itupun untuk deposito kalau tabungan biasa bisa setengahnya saja).

    Berhati-hatilah apabila kalian akan mengikuti salah satu bisnis multi level marketing (bagi yang sudah mengikuti dan berhasil, kalau mau berbagi ya saya silahkan di kolom komentar) karena bisa saja uang pendaftaran kalian hanya digunakan oleh para pimpinan kalian sebagai modal untuk berinvestasi di bidang lain. Iya kalau investasi mereka berhasil, Kalau tidak..???




  4. MLM ilegal
    MLM yang legal saja masih cukup berbahaya apalagi jika MLM yang kalian jalani adalah MLM ilegal yang tanpa alamat jelas.

Diatas adalah uraian sigkat tentang Bisnis Multi Level Marketing. Apabila ada diantara kalian yang ingin mengajukan pertanyaan ataupun protes terhadap artikel ini, Saya akan sangat terbuka apabila kalian menulisnya dengan bahasa yang sopan dan tanpa mengiklankan  MLM apapun pada kolom komentar dibawah ini.

Selamat malam dan terimakasih.
Salam hangat dan sukses selalu untuk zetter sekalian.


Artikel Terkait