Peluang Bisnis 2013 dan Modal Bukan Segalanya

Selamat datang kembali zetter. Artikel bisnis kali ini akan membahas tentang "Peluang bisnis untuk tahun 2013". Artikel kali ini karena saya mendapati sebuah pertanyaan dari rekan saya tentang "modal usaha / bisnis". Rekan saya itu bertanya seperti ini : "Bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha. Percuma saja punya ide bisnis yang matang jika bisnis di tanah air ini masih dikuasai oleh pengusaha-pengusaha yang memiliki modal besar. Kita tidak mungkin bisa mengalahkan mereka karena kreatifitas bukanlah segalanya disini".

Cukup menarik memang kalau menanggapi pertanyaan tersebut. Sebelum saya membahas tentang pertanyaan dari salah seorang teman saya tersebut, berikut ini adalah artikel penggalan artikel dari yang saya ambil dari kompas.com :

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2012 sebesar 6,23 persen. Angka tersebut turun dibandingkan sepanjang 2011 sebesar 6,5 persen. Jumlah total produk domestik bruto (PDB) sepanjang 2012 adalah Rp 8.241,9 triliun, sementara Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) adalah Rp 2.618,1 triliun.
Dari sisi komponen pertumbuhan ekonomi di 2012 adalah konsumsi tumbuh 5,28 persen, belanja pemerintah 1,25 persen, pembentukan modal tetap bruto atau investasi tumbuh 9,8 persen, ekspor tumbuh 2,01 persen dan impor 6,65 persen.
Artikel lengkapnya dapat dibaca disini.
Kembali ke pertayaan teman saya "Bagiamana cara mendapatkan pinjaman modal usaha ?"

Menurut saya meminjam uang di bank memang terbilang cukup sulit. Saya pernah mengajukan pinjaman dana sebesar Rp. 5.000.000,- di salah satu bank nasional. Saya pikir waktu itu mengajukan pinjaman modal bisa segera cair hari itu juga, ternyata tidak. Padahal uang tersebut sangat saya butuhkan, meski semua persyaratan telah saya penuhi. Karena menurut saya uang yang saya pinjam juga tidak terlalu besar, lebih baik meminjam saja kepada saudara-saudara saya daripada meminjam ke bank.

Untuk kalian yang akan meminjam uang di bank untuk modal usaha kalian. Sebaiknya perhatikan 2 syarat mutlak agar kalian tidak terjerumus dalam kubangan hutang yang menumpuk.
  1. Bunga Kredit
    Pastikan besaran bunga kredit masuk akal dalam artian besarnya bunga kredit memang sesuai dengan pendapatan kalian. Berfikirlah lebih cerdas sebelum memutuskan untuk meminjam dana ke bank, kita ambil contoh simple begini :
    Kalian memiliki sebuah usaha kecil dengan omzet 10 juta. Karena membutuhkan dana untuk menambah jumlah produksi kalian harus menambah modal lagi sebesar 5 juta. Apabila keuntungan kalian dari uang yang 5 juta tadi hanya 20% atau 1 juta saja. Maka setidaknya maksimal yang harus kalian bayarkan hanyalah sekitar 200ribu - 300ribu saja atau 6% dari modal yang kalian pinjam. Sekarang tinggal kalian pilih bank mana yang memberikan bunga kredit 6% ?
  2. Persyaratan
    Sebelum kalian memutuskan untuk mengajukan kredit modal ke bank. Pelajari dengan cermat persyaratan apa saja yang harus kalian miliki. Sebagai contoh beberapa bank akan memberlakukan persyaratan yang ketat untuk beberapa jenis usaha yang menurut mereka kurang potensial. Jangan memaksakan diri untuk memenuhi segala persyaratan bila memang sebenarnya kalian tidak sanggup untuk memenuhinya.

Jangan cepat tergiur oleh pesrsyaratan kredit yang mudah, karena syarat pertama adalah bunganya. Bila persyaratannya mudah tetapi bunganya tinggi lebih baik memilih bank yang memberikan persyaratan sedikit lebih sulit tetapi dengan bunga yang kecil.

Kemudian mengenai pernyataan teman saya mengenai "Bisnis di Indonesia hanya dikusai oleh pengusaha-pengusaha yang memiliki modal besar saja".




 

Memang ada benarnya juga pernyataan tersebut tetapi bukan karena kita hanya memiliki modal seadanya lantas kita meski menyerah. Beberapa dari perusahaan besar di tanah air ini juga memulai usahanya dari modal kecil. Sebagai contoh adalah perusahaan tempat saya bekerja (nama perusahaan tidak ditampilkan karena tidak ada sponsor).
Bila kalian memang memiliki ide bisnis yang bagus tetapi tidak punya modal. Bukankah kalian bisa melakukan kerjasama win-win dengan teman kalian yag memiliki cukup uang sebagai modal kalian. Nah dalam tata cara pinjam meminjam modal usaha ini sebaiknya kalian lakukan perjanjian hitam diatas putih, agar sewaktu waktu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedua belah pihak tidak merasa saling drugikan.
Ingat : Teman baik juga bisa menjadi musuh paling jahat apabila sudah membicarakan uang..!

Oke sekian dulu ngoceh tentang Modal Bisnis 2013 ini. Sebelum saya tutup artikel ini saya akan memberikan beberapa peluang bisnis yang mungkin bisa memberikan sedikit inspirasi kepada kalian bila ingin membuka sebuah usaha. Berikut ini adalah jenis bisnis yang masih memiliki peluang yang besar pada tahun 2013 ini :
  1. Bisnis Online
    Mengingat pertumbuhan dan permintaan akan internet di Indonesia semakin tinggi. Janis usaha yang satu ini masih menempati posisi pertama.
    Contoh : Jasa pembuatan website, WarNet, dll.
  2. Bisnis Makanan & Minuman
    Semua macam jenis bisnis komsumsi memang akan tetap menjamur di tahun 2013. Tetapi karena pertumbuhan kelas ekonomi menengah keatas Indonesia juga meningkat, berhati-hatilah karena peluang ini sudah mulai tergerus dengan adanya supermarket, toko swlayan, dll. Apabila kalian adalah produsen kalian bisa menggunakan supermarket, toko swalayan, yang ada di daerah kalian sebagai distributor.
    Contoh : Pembuatan kripik pisang, dan berbagai macam snack.
  3. Bisnis Mainan Kerajinan Tangan
    Serbuan produk murah dari daratan china memang cukup merepotkan kalangan pebisnis mainan dalam negeri untuk berkembang. Mengingat hasil karya kerajinan tangan lebih memiliki nilai seni yang tinggi daripada buatan mesin pabrik. Bisnis ini masih cukup menjanjikan.
    Contoh : Pembuatan mobil-mobilan kayu, kereta mini, dll.
Melihat peluang bisnis membutuhkan keterampilan dan kesambaran menunggu kesempatan yang tinggi. Oleh karena itu kalian harus selalu waspada dengan adanya kesempatan yang ada, karena ide akan tetap menjadi ide apabila kalian tidak segera bertindak.
Pengusaha sejati adalah mereka yang pintar menciptakan dan menafsirkan sebuah peluang yang dibarengi dengan perencaan matang, kemudian sesegera mungkin melakukan action (tindakan) atas apa yang sudah mereka rencanakan.

" Capek juga nulis ni artikel, udah serasa jadi pemasehat entreprenuer saja saya ini yah.?". Oke...Selamat malam dan selamat beristirahat zetter.


Artikel Terkait