Cara
paling gampang untuk memasarkan produk adalah dengan cara memasang
iklan di koran atau di majalah.
Anda setuju?
Memang demikian adanya. Cukup Anda tulis penawarannya, sediakan uang
tunai, dan pasang iklan majalah atau iklan koran yang anda sukai.
Saking mudahnya taktik pemasaran ini menyebabkan banyak orang yang
tidak tahu (bisa
jadi tidak mau tahu)
prinsip penting dalam cara memasang iklan di koran atau majalah.
Padahal kesalahan yang dianggap kecil ini bisa berakibat fatal. Anda
beresiko kehilangan uang dalam jumlah besar tentunya jika Anda
melakukan kesalahan cara memasang iklan. Ada 6 kesalahan yang umum
dilakukan.
Kesalahan
pertama
: Tidak memasang iklan di koran atau majalah yang tepat.
Kebanyakan orang ingin iklan produknya dipasang di surat kabar atau majalah terkenal. Tujuan promosi mereka adalah menjaring sebanyak-banyaknya pembaca iklan. Tapi mereka tidak memikirkan seperti apa dan bagaimana perilaku orang yang membaca koran atau majalah tersebut. Padahal cara memasang iklan bergantung dari segmen yang dibidik.
Contohnya
seperti ini : Anda menjual bibit ikan lele. Kemudian anda lihat bahwa
koran X sangat terkenal di kota anda. Anda memutuskan untuk memasang
iklan di koran tersebut dengan asumsi, koran tersebut adalah koran
rakyat yang banyak pembacanya. Akan tetapi anda tidak melihat siapa
dan bagaimana perilaku orang yang membaca koran tersebut. Koran
tersebut memang laris di kota anda. Tapi bisa anda bayangkan apa
jadinya kalau ternyata koran tersebut adalah koran yang hanya dibaca
oleh orang yang sedang mencari lowongan
perkerjaan.
Para petani
atau pengusaha ikan lele
yang notabene adalah target
dan calon potensial pembeli
bibit lele Anda tidak membaca koran tersebut. Bacaan mereka adalah
majalah Y, sebuah majalah agrobisnis yang tampaknya kalah populer
dengan koran rakyat pilihan anda. Usaha anda akan sia-sia dan uang
andapun akan lenyap begitu saja. Solusinya adalah, lihat siapa dan
bagaimana perilaku segmen pasar yang anda bidik. Ambil sampelnya,
tanyakan koran atau majalah apa yang biasa mereka baca. Baru cara
memasang iklan anda benar. Anda ingin tahu caranya? Lakukan riset
pasar.
Bulan
oktober kita akan berhadapat dengan beberapa hari besar yaitu : Hari
jadi Banten (4 oktober 2013) dan Hari Raya Idul Adha (15 oktober
2013).
Anda
bisa memasang iklan ucapan selamat Hari Jadi Banten dan Hari Raya
Idul Adha dalam satu iklan, iklan seperti ini umumnya digunakan oleh
instansi pemerintah maupun swasta. Partai Politik yang bertemakan
islami sebaiknya menggunakan jenis iklan ini untuk lebih mendekatkan
di dengan masyarakat.
Saran
media : Warta Muslim
Karena
Warta Muslim adalah Tabloid dengan segmentasi Islami, sehingga
dipercaya akan membangkitkan spirit masyarakat untuk memilih parpol
yang beriklan di dalamnya. Iklan lain yang sangat besar kemungkinan
untuk diserap masyarakat adalah iklan Hewan Qurban.
Kesalahan
kedua
: memasang headline nama usaha atau perusahaan.
Orang akan jauh lebih tertarik dengan headline yang berisi penawaran yang menarik dari Anda, bukan nama perusahaan anda. Jadi tulislah headline yang mengundang hasrat mereka untuk menghubungi anda. Jangan tulis nama usaha anda. Menurut Anda headline cara memasang iklan yang mana yang lebih menarik :
PT.
Properti Bintang Jaya Nusantara
atau
Dijual
Rumah Eksotik Pinggir Pantai, GRATIS Motor Matic dan Kulkas 2 Pintu
Senilai 15 Juta Untuk Anda.
Kesalahan
ketiga
: tidak tahu bagaimana teknik memasang iklan di koran atau majalah.
Jika anda ingin trik cara memasang iklan yang efektif, saya sarankan Anda gunakan trik berikut ini. Trik ini saya dapatkan dari Tung Desem Waringin.
- Halaman kanan lebih baik dari halaman kiri. Kecuali di China dan di Arab, halaman kiri lebih bagus daripada halaman kanan.
- Sering lebih baik daripada besar. Tentu saja yang terbaik adalah besar dan sering.
- Atas lebih baik daripada bawah.
- Berbentuk vertikal lebih baik daripada horizontal, kecuali ekstrim horizontal.
- Ada gambar lebih baik daripada tulisan saja. Namun ingat, tulisanlah yang menjual, bukan gambar.
Yang
terbaik adalah dengan memasang iklan bergambar dan berwarna. Apabila
Anda memasang iklan gambar berwarna di surat kabar atau tabloid yang
skala Nasional (padahal
jenis usaha Anda hanya dalam ruang lingkup wilayah banten)
berbiaya sangat mahal, kisaran harga adalah Rp.
370.000.000 Apabila
kalian memasang di Warta Muslim tarifnya sangat murah yaitu Rp.
3.000.000,
belum tentu oplah dari surat kabar nasional tersebut mampu
mengalahkan Oplah
Warta Muslim sebesar 7.000 / edisinya..???
Kesalahan
keempat
: tidak memberikan benefit / keuntungan yang akan didapatkan oleh
konsumen.
Tulislah keuntungan yang didapat oleh calon konsumen yang membaca iklan anda. Anda bisa tulis manfaat apa yang didapatkan jika mereka membeli produk anda. Kemudian anda beri keuntungan tambahan bagi yang langsung memutuskan untuk membeli.
Kesalahan
kelima
: tidak memberikan kontak person yang jelas.
Tulislah dengan jelas siapa yang bisa mereka hubungi berikut nomor teleponnya. Karena begitu mereka tertarik, mereka akan berusaha menghubungi anda. Contohnya :
Segera
hubungi saya, Bpk. Tarmizi di (021) 93492002?.
Gunakan selalu cara memasang iklan tersebut.
Kesalahan
keenam
: tidak mengukur tingkat keefektifitasan iklan yang telah dipasang.
Kasus yang sering terjadi adalah begitu iklan sudah terpasang di koran atau majalah, iklan tersebut didiamkan meskipun orang yang merespon sedikit sekali. Cara memasang iklan yang terbaik adalah ukur tingkat efektifitas iklan anda. Pasang dalam waktu tertentu yang tidak begitu lama. Begitu hasilnya kurang memuaskan, anda bisa ubah cara memasang iklan anda. Entah headlinenya, atau ubah hari pemuatannya, atau anda ubah lokasinya atau bahkan anda ganti medianya. Berapa uang yang terbuang jika anda terus mendiamkan iklan anda tanpa mengukur tingkat efektifitasnya?
Warta
Muslim terbit sebulan sekali, Anda hanya butuh membayar sekali untuk
menampilkan iklan Anda. Nah, apabila hasilnya kurang memuaskan kalian
tidak perlu lagi memasang iklan di Tabloid Warta Muslim, jadi Anda
bisa lebih menghemat uang dibandingkan dengan memasang iklan di media
lain yang pada umumnya diberi jangka waktu minimal tertentu.
Perhatikanlah
keenam hal diatas apabila anda hendak memasang iklan koran, iklan
majalah, iklan baris bahkan sampai iklan gratis. Dengan menghindari
ke-6 kesalahan cara memasang iklan tersebut, anda bisa terhindar dari
pemborosan biaya iklan yang tidak berguna.
1
Kesalahan terbesar yang biasanya tidak di lihat oleh pemasangan iklan
adalah : SKALA PASAR BISNIS
dan SKALA PENDISTRIBUSIAN IKLAN YANG DI PASANG.
Sama
seperti kesalahan pertama yaitu : Iklan Anda akan sangat tidak
berguna ketika kalian memasangnya pada segmen pasar yang tidak
sesuai. Contohnya kalian memiliki usaha Tour & Travel Di Wilayah
Serang, tetapi iklan kalian tersebar sampai di Makassar. Apa mungkin
orang makassar akan memilih Tour & Travel milik Anda meski
harganya lebih murah dari pada Tour & Travel disana..???
Warta Muslim
didistribusikan merata di wilayah serang dan cilegon, jadi pangsa
pasar iklan Anda akan sangat jelas. Contohnya begini : Kalian menjual
hewan qurban di wilayah cilegon. Kalian memasang iklan Gratis di
facebook dan website pemasangan iklan Gratis, kalian memang tidak
memerlukan uang untuk membayar iklan yang kalian tampilkan. Tetapi
apa iklan kalian efektif..???
Fenomena
Facebook Indonesia lebih di dominasi oleh kaum remaja, yang
notabenenya hanya ingin bermain-main dengan facebook, memasang
status-status galau. Apa mereka mau membeli hewan qurban dari
Anda..???
Untuk
website, seumpama kalian memasang iklan di website jual beli online.
Iklan kalian akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan iklan serupa
di seluruh pelosok tanah air. Jika kalian memang bisa menggunakan
teknik SEO yang baik kemungkinan kalian bisa dicari dari Google
memang besar, tetapi bagaimana kalau ilmu SEO kalian sebatas tahu
internet saja...???
Sumber :
http://nuriadvertising.blogdetik.com/?p=46
(dengan
pengeditan seperlunya)
Sekian
artikel kecil ini saya tulis ulang dengan beberapa pengeditan dari
seumbernya dengan tidak mengurangi maksud dan isinya. Atas
perhatiannya saya ucapkan terimakasih.