Fenomena Facebook Dalam Mempromosikan Bisnis

unlike facebook
Facebook - Media sosial yang satu ini sudah begitu menjamur di Indonesia, khususnya dikalangan para remaja yang notabenenya masih duduk di sekolah. Dapatkah kalian menyebutkan apa manfaat remaja-remaja tersebut mengakses Facebook.? Bandingkan dengan kerugian yang di dapatkan seperti : anak-anak jaman sekarang lebih suka facebook-an daripada belajar, kasus pemerkosaan yang berawal dar facebook, dan sebagainya.


Dalam dunia bisnis, pada awal perkembangannya Facobook Indonesia banyak digunakan oleh para Internet Marketing untuk mengais keuntungan, karena pada masa-masa tersebut pengguna Facebook masih di dominasi oleh para pemangku kepentingan. Bagaimana dengan sekarang.? Ketika jagad facebook sudah di dominasi oleh kaum remaja yang masih sangat ingin bermain-main daripada melakukan kegiatan belanja online.

Selain itu, sebuah survey tentang kegiatan facebook Indonesia sebagian besar adalah mencari uang tambahan melalui facebook, seperti mengikuti beragam lomba foto, dan sebagainya. Apa mungkin mereka yang hanya mengikuti lomba fotonya saja berniat membeli produk yang ditawarkan penyelenggara.?

Memang masih sangat banyak orang yang mengakses facebook untuk mencari beragam informasi terkini, tetapi jumlahya masih kalah jauh dengan mereka yang menggunakan Facebook hanya untuk berinteraksi dengan teman-temannya, mengapa.? Karena memang Facebook sebenarnya diperuntukkan untuk berinteraksi secara sosial dengan menggunakan beragam fasilitas yang mereka tawarkan. Bukan untuk mengembangkan bisnis, meski bisnis tersebut bersifat online.

Sepertinya kita harus kembali lagi menggunakan cara lama untuk mempromosikan Bisnis kita, seperti :
  1. Promosi menggunakan Blog atau Website pribadi
  2. Promosi melalui media cetak elektronik
Sebagai contoh begini :

Anda memiliki bisnis jual beli kambing qurban (kebetulan kita akan menghadapi lebaran haji atau Idul Adha). Lokasi penjualan kalian adalah wilayah serang - cilegon. Kalian membuat sebuah FansPage  di Facebook dengan tema dan tujuan untuk menjual kambing qurban milik kalian. Jumlah teman kalian adalah 1.000 orang, tetapi hanya 500 orang yang berdomisili di cilegon - serang, maka kalian sudah kehilangan 500 orang calon pembeli karena apabila mereka berdomisili di Jakarta sudah barang tentu mereka akan membeli di wilayah terdekat dengan tempat tinggal mereka.

Nah dari 500 orang tadi, 300 diantaranya adalah mahasiswa / pelajar (mereka bukan pengambil keputusan untuk membeli), kalian sudah kehilangan lagi 300 orang calon pembeli. Dari 200 orang yang tersisa ternyata hanya sekitar 150 orang yang memang benar-benar kalian kenal dan mengetahui bisnis kalian, tapi apakah mereka juga ingin membeli.? Kemungkinannya hanya 65% saja.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengiklankan produk kalian..???

Jual beli barang besar seperti hewan qurban, mobil motor, dan sebagainya, memiliki kelemahan dalam pengiriman ketika pembeli hanya memesan 1 ekor / unit saja. Maka keputusan kalian memasarkannya secara online, adalah sebuah keputusa yang kurang tepat. 

Cara terbaik adalah dengan menggunakan kerjasama pengiklanan dengan media cetak / elektronik lokal seperti koran / radio. Cara seerti ini adalah yang paling efektif apabila pangsa pasar yang kalian bidik hanya sebatas daerah terdekat dengan Anda (1 kota / 1 kecamatan), menggunakan media online hanya akan sangat efektif apabila pangsa pasar kalian adalah skalan nasional atau bahkan Internasional.

Untuk permasalah seperti diatas, saran dari saya adalah menggunakan jasa pemasangan iklan di Tabloid Warta Muslim. Mengapa..??
Karena Tabloid Warta Muslim tersebar secara merata di kota Serang dan cilegon. Dengan begitu kalian bisa mengontrol dimana saja iklan kalian dibaca orang. Untuk informasi lebih detailnya silahkan baca "Info Pemasangan Iklan di Tabloid Warta Muslim", jangan lupa juga untuk membaca artikel "6 Kesalahan pemasangan iklan yang berakibat fatal bagi perkembangan bisnis".

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya dan bisa dijadika referensi apabila kalian ingin menggunakan Facebook sebaai sarana promosi produk. Terimakasih atas kunjungannya, silahkan baca koleksi artikel saya lainnya.



Artikel Terkait