Iklan Mandiri Alternatif Utama Untuk Mendapatkan Uang Melalui Blog

Iklan mandiri terintegrasi dengan blog merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang melalui blog yang kita kelola selain PPC / PTC, PPR, atau bisnis online, affiliate, dll. Iklan mandiri biasanya berbentuk iklan banner dimana harga ditentukan oleh pemilik blog dengan batas waktu pemasangan iklan. Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan iklan mandiri dibandingkan dengan PPC (Pay Per Click) ataupun PPR (Pay Per Review).


1.  Iklan Mandiri VS Pay Per Click

Perhatikan tabel sederhana dibawah ini :



Iklan Mandiri
Pay Per Click
Trafik tinggi
Tidak
Iya
Penghasilan tergantung klik
Tidak
Iya
Penghasilan bersifat tetap
Iya
Tidak
Jumlah iklan beragam
Tidak
Iya
Membutuhkan script iklan
Tidak
iya


Dalam hal pemasangan iklan, iklan mandiri jauh lebih mudah karena iklan mandiri terintegrasi langsung dengan blog kita tanpa melalui script yang berhubungan dengan broker penyedia layanan iklan seperti pay per click. Dalam perhitungan pendapatan iklan mandiri juga lebih baik daripada pay per click karena iklan mandiri tidak bergantung dengan jumlah klik yang dilakukan pengunjung kepada iklan yang kita pasang seperti halnya pay per click.

Harga untuk setiap iklan yang ditampilkan pada iklan mandiri ditentukan sendiri oleh pemilik blog, sehingga kita (sebagai pemilik blog) akan jauh lebih mudah dalam hal menyusun anggaran pendapatan dan pengeluaran blog kita. Tetapi dalam jumlah iklan yang ditampilkan pay per click jauh lebih unggul, karena pay per click bisa menampilkan sampai 5 iklan per tampilannya sehingga jumlah klik yang terjadi masih bisa ditingkatkan (catatan : hal ini tergantung bagaimana bahasa iklan yang dilakukan oleh pemilik konten iklan itu sendiri).

Saya akan memberikan sedikit contoh singkat mengenai perbandingan antara iklan mandiri dengan pay per click :
Contoh blog Triple Zet memiliki jumlah pengunjung harian adalah 1.000 pengunjung, dengan rasio klik yang terjadi hanya 3 klik per harinya. Dengan traffik yang masih kecil tersebut maka harga iklan mandiri yang kita tawarkan berkisar antara 25.000 per bulannya. Sedangkan jumlah klik apabila kita menggunakan pay per click adalah sebesar 90 klik per bulannya dengan harga per klik Rp. 350,- maka pendapatan dari pay per klik adalah Rp. 31.500 / bulannya.
Jumlah klik mungin akan jauh lebih sedikit karena jumlah klik pada iklan PPC juga ditentukan oleh pemasangan script yang benar dan bahasa iklannya sendiri. Sebagian blogger yang pernah sharing dengan saya mengatakan jumlah klik yang mereka dapatkan hanya berkisar 5 klik per 5.000 kunjungan, atau sama saja dengan Rp. 55.000 / bulannya, tetapi dengan iklan mandiri kalian bisa mematok harga sampai Rp. 100.000 / bulan, bagaimana..???? Jauh lebih besar bukan penghasilan dari pemasangan iklan mandiri..???

2.  Iklan Mandiri VS Pay Per Review

Sebaiknya jangan bermain dengan Pay Per Review deh, coba tengok artikel saya "Progam Review AdSenseCamp Terindikasi SCAM". Memang bagi yang beruntung mendapatkan job review mereka bisa dibayar Rp. 100.000 - Rp. 2.000.000 untuk setiap review yang mereka kerjakan, tetapi seberapa sering mereka mendapatkan job tersebut..??? Sebulan sekali..??? Dua bulan sekali...??? atau bahkan setengah tahun sekali...???? yang pasti job review tidak pasti pendapatnya, jauh lebih tidak pasti daripada pay per click.

Apabila anda memiliki sebuah bisnis apakah kalian berminat untuk membayar sebuah review produk sebesar Rp. 1.000.000 / tulisan...??? Apabila kalian menggunakan pay per click saja sudah tentu kalian akan mendapatkan kunjungan sebanyak 2.850 kali, dan itu sudah pasti langsung menuju website kalian, dengan nilai yang sama maka iklan kalian akan ditampilkan lebih dari 1.500.000 kali apabila kalian menggunakan iklan mandiri.

Harga sewa ruang untuk iklan mandiri tergantung jenis blog / website yang menyediakan space iklan, total kunjungan bulanan, kisaran usia dan pekerjaan pengunjung, dan darimana mayoritas pembaca blog / website penyedia space iklan berasal.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca maupun yang menulisnya, saya triple zet mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1434 H bagi umat muslim yang menjalankannya.

Artikel Terkait