Apa itu Artikel Spam dan Bahayanya Bagi SEO

Search Engine Optimization atau yang sering disingkat SEO adalah proses mengoptimalisasi mesin pencari yang pada hal ini adalah Google, karena Google menguasai hampir 100% pangsa pasar pencarian di jagad maya. Google selaku perusahaan penyedia mesin pencari adalah salah satu dari sekian banyak mesin pencari yang memerangi SPAMER. Sebenarnya apa itu spam dan mengapa ia dibenci oleh Google...???

Pada awal keberadaannya SPAM diartikan sebagai "pesan elektronik yang  tidak diinginkan oleh penerimanya dan dikirimkan secara bertubi-tubi". Pada masa sekarang ini SPAM tidak berarti hanya sebagai pesan elektronik saja, melainkan ada juga halaman web yang dianggap SPAM, sehingga SPAM bisa berarti sebagai "halaman website ataupun artikel yang sebenarnya bukan halaman asli atau artikel asli dari website tersebut, tetapi pembacanya dipaksa untuk menayangkannya".

Apakah artikel hasil copy - paste itu termasuk salah satu jenis SPAM..??

YA...Artikel hasil copas adalah salah satu jenis spam yang disebut sebagai "spam murni". Mengapa..???
Karena apabila kita melakukan copy paste artikel dari blog / website orang, sebenarny artikel tersebut sudah terindeks (tersimpan dalam database) search engine (Google). Ini mengakibatkan Google menampilkan artikel yang sama pada website atau blog yang berbeda. Dalam hal ini yang dianggap SPAM adalah Google yang menampilkan beberapa blog tetapi berisi materi yang sama, tentu Google tidak mau donk dianggap sebagai Spammer. itulah sebabnya mengapa Google menyebut artikel hasil copas sebagai spam. Untuk mempelajari bagaimana proses pencaria Google bekerja silahkan kalian baca artikel "Bagaimana proses pencarian Google bekerja - Belajar SEO langsung dari Google".

Mengapa blogger melakukan copy paste...???

Salah satu penyebab utamanya adalah untuk memperbanyak artikel, atau memperbanyak pengunjung dengan menCopas artikel - artikel yang sedang trend saat itu. Sebenarnya kegiatan spamming semacam ini sangat mengganggu dan merupakan kegiatan yang melanggar hak cipta. Kalian sebagai pemilik asli artikel tersebut dapat mengadukan artikel hasil copas melalui DMCA.

Selain artikel copas, artikel yang seperti apa lagi yang sianggap SPAM oleh search engine..???

Pengalihan khusus. Untuk blog yang berplatform blogger / blogspot, kalian dapat mengalihkan sebuah halaman ke halaman lainnya dengan cara :
"masuk ke menu dashboard blog anda, kemudian pilih setelan lalu pilih preferensi penelusuran. disana kalian akan menemukan pengalihan khusus?. kalian dapat mengeditnya dengan memasukan URL artikel yang akan kalian alihkan dan yang dituju (masih dalam satu blog)".
Manfaat dari pengalihan khusus ini adalah "apabila ada artikel yang sedang kalian masukkan dalam draf atau sudah kalian hapus, biasanya artikel tersebut tidak langsung menghilang dari search engine tetapi URL artikelnya masih ada, daripada pengunjung kalian kabur bukankah ada baiknya apabila kalian alihkan ke artikel yang lain bukan..??

Lalu mengapa pengalihan khusus ini dianggap spam..??

Anggap saja begini, apabila kalian hendak mencari Anekahosting.com web hosting murah terbaik di Indonesia tetapi karena ada pengalihan khusus itu maka yang ditampilkan adalah artikel tentang Progam referral PPC lokal terbaik di Indonesia.

Apabila kasusnya adalah seperti diatas maka sebaiknya jangan menggunakan pengalihan khusus kalian bisa menggunakan Pesan khusus untuk halaman tidak ditemukan. Dengan begitu blog kalian akan aman dari hukuman penalty Google dan juga pengunjung kalian tidak lari ke blog lain.

Pengalihan licik ini pernah saya lakukan ketika saya mengikuti kontes SEO demi mendapatkan banyak kunjungan pada artikel yang saya lombakan yaitu Anekahosting.com web hosting murah terbaik di Indonesia, saya mengalihkan beberapa artikel saya yang sangat banyak pengunjungnya menuju artikel tersebut. Dan hasilnya...???

Dalam 1 minggu artikel Anekahosting.com web hosting murah terbaik di Indonesia mendapatkan 15.000 kunjungan lebih, tetapi setelah saya mengecek di Google.co.id ternyata artikel saya tidak ada di daftar indeks. Satu minggu kemudian saya periksa lagi, tetapi ternyata artikel saya belum ditampilkan oleh om Google. Beberapa hari yang lalu, saya menghapus mengalihan khusus ke artikel tersebut dan kemudian saya melakukan beberapa optimisasi standar.

Alhamdulillah, satu hari kemudian artikel yang saya ikut sertakan dalam kontes SEO tersebut sudah terindeks oleh Google. Seperti itulah pengalaman saya mengenai pengalihan khusus, dan mengapa hal ini dianggap SPAM.

Pernahkah kalian melihat sebuah halaman web yang hanya berisi kata kunci belaka..??? Biasanya halaman seperti ini adalah website yang menampilkan iklan. Cara yang dilakukan biasanya dengan memberi warna teks kata kunci tersebut sama persis dengan warna background website mereka sehingga kita tidak bisa membaca ada kata kunci yang dipaksakan disana.

Konten yang seperti ini adalah konten yang tidak memiliki nilai lebih, sehingga dimasukkan dalam kategori konten spam. Mengapa..???

Contoh sederhananya begini, apabila kalian mencari Progam PPC Lokal Terbaik, lalu kalian mendapatkan artikel yang berisi seperti dibawah ini :
Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik,Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik,Progam PPC lokal terbaik, Progam PPC lokal terbaik.
Apa kalian tidak kesal...????

Kalau kalian kesal lalu kalian akan menyalahkan Google karena menampilkan artikel seperti itu pada SERP / Search Engine Result Page (halaman hasil pencarian). Google lagi yang kena ^_^

Sekian artikel mengenai Apa itu Artkel Spam dan Bahayanya Bagi SEO apabila ada pertanyaan atau kritik dan saran saya membuka kolom komentar dibawah. Silahkan kalian isi juga buku tamu blog ini. Terimakasih, salam Zetter.


Artikel Terkait