Keuntungan Menggunakan Long Tail Keyword dibandingkan dengan Short Tail Keyword

Long Tail Keyword atau Kata Kunci Ekor Panjang adalah sebuah kata kunci (keyword) yang dibidik untuk menjadi nomor wahid di hasil pencarian Google yang terdiri dari banyak suku kata (biasanya lebih dari 5 suku kata). Dalam artikel ini saya akan membahas tentang keuntungan menggunakan Long Tail Keyword (kata kunci ekor panjang) dibandingkan dengan Short Tail Keyword (kata kunci ekor pendek).

Bagi kalian yang belum paham, akan saya jelaskan menggunakan contoh apa itu Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword, atau yang sering disebut juga perang keyword pendek dan keyword panjang.

Contoh : Saya adalah seorang penjual jersey bola grade ori 98%, saya membidik keyword "Jersey Bola". Keyword "jersey bola" adalah short keyword. Selain menggunakan keyword (kata kunci) jersey bola, saya juga menggunakan kata kunci "Grosir Jersey Bola Grade Ori Murah", nah, keyword yang ke-dua ini adalah long tail keyword.

Sampai disini apakah sudah jelas..???

Saya yakin penjelasan tentang apa itu long tail keyword dan short tail keyword sangat mudah untuk dipahami, sekarang mari kita masuk ke penjelesan inti, yaitu : Keuntungan Menggunakan Long Tail Keyword dibandingkan dengan Short Tail Keyword.

1. Long Tail Keyword Lebih Mudah Bersaing Daripada Short Tail Keyword

Sebagian besar pengguna pencarian di Google mengguakan Short Keyword. Kenapa..? Karena hasil pencarian dari kata kunci yang pendek akan menampilkan hasil yang beragam dibandingkan dengan kata kunci yang panjang. Ini dikarenakan kata kunci pendek adalah kata kunci umum, sedangkan kata kunci yang panjang adalah kata kunci yang spesifik sehingga artikel-artikel yang disajikan juga spesifik (bisa dibilang gak jauh jauh beda antara urutan pertama sampai ke-sepeluh).

Kita ambil contoh seperti diatas. Ketika saya mengetikkan kata kunci "Jersey Bola", maka Google akan menampilkan "jersey bola original", "jersey bola kw thailand", "jersey bola murah", "jersey bola grade ori", dan sebagainya.
Ketika saya mengetikkan kata kunci "Grosir Jersey Bola Grade Ori Murah", maka Search Engine Result Page akan menampilkan semua tentang "jersey bola grade ori murah".

Kita akan dengan mudah mengoptimalkan kata kunci ekor panjang daripada si ekor pendek. Mengapa..???

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pencarian untuk kata kunci ekor pendek jauh lebih tinggi daripada pencarian menggunakan kata kunci ekor panjang. atau untuk lebih jelasnya dapat saya katakan kata kunci ekor pendek lebih populer daripada kata kunci ekor panjang. Seperti artis saja, semakin populer sang artis maka fans mereka akan semakin banyak, dan juga sebaliknya semain tidak populer sang artis maka fans mereka hanya sedikit.

Kembali ke konteks SEO, semakin populer kata kunci (short tail keyword) maka semakin banyak juga blogger yang mengincarnya, dan semakin tidak populer suatu keyword maka blogger yang mengincar keyword tersebut akan semakin sedikit. Tetapi apakah keyword yang tidak populer tersebut lantas tidak akan menjadi populer nantinya.? jawabannya ada di nomor 2.

Bagaimana..?? Apakah Anda puas dengan penjelasan saya..???
Oke kita lanjut keuntungan berikutnya...

2. Long Tail Keyword Adalah Kumpulan Beberapa Short Tail Keyword

Mengapa saya bilang Long Tail Keyword adalah kumpulang beberapa hort Tail Keyword.? Kita ambil contoh pada jersey bola lagi. Dengan mengoptimalkan kata kunci "Grosir Jersey Bola Grade Ori Murah", maka secara tidak langsung kita juga telah mengoptimalkan beberapa short tail keyword, diantaranya adalah : Grosir Jersey Bola, Jersey Bola, Jersey Bola Murah, dan sebagainya.

Karena alasan ini, mengapa sering kita jumpai kontes-kontes SEO melombakan keyword yang panjang-panjang (kalau bisa satu paragraf mungkin akan mereka lombakan juga). Contoh kontes SEO yang menggunakan kata kunci ekor panjang adalah : "jalantikus.com download game pc dan android gratis terbaru dengan server lokal". Bayangkan oleh kalian, hanya dengan mengadakan 1 kali kontes SEO Jalantikus.com sekaligus akan mendapatkan banyak kata kunci yang di optimalkan, yaitu : download game pc, download game android, download game, download gratis, game terbaru, game android terbaru, game pc terbaru, dan sebagainya. 

Tetapi masih ada juga kontes SEO yang melombakan Short Tail Keyword. Contohnya adalah EvoElectronik.com yang melombakan keyword sangat pendek, yaitu : "ELEKTRONIK".

Kalau menurut saya kiat sukses pengoptimalan kata kunci terletak pada fokus kita. Apabila kita fokus pada sebuah kata kunci maka kemungkinan kita bisa memenangkan #1 Google bisa terwujud. Tetapi apabila kita terlalu banyak mengejar kata kunci, akan sangat sulit bagi kita untuk mendapatkan peringkat pertama di hati Om Google. Lalu mana yang akan kalian pilih..??? Long Tail Keyword atau Short Tail Keyword....???

Semoga artikel  Keuntungan Menggunakan Long Tail Keyword dibandingkan dengan Short Tail Keyword ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya (meski artikelnya terbilang cukup ringkas). Selamat malam dan salam zetter.



Artikel Terkait