The Story Of SEO : Bounce Rate - Pengertian Rasio Pentalan dan Cara Mengatasinya

Jika kalian mengakses Google Analytics kalian akan menjumpai beberapa istilah berikut ini : tayangan laman, tayangan laman unik, waktu rata-rata di laman, waktu muat laman rata-rata (detik), Rasio Pentalan, % keluar. Dalam artikel kali ini saya akan memberatkan untuk membahas mengenai rasio pentalan, devinisi dari rasio pentalan, pengaruhnya dalam search engine, dan bagaimana cara mengatasinya.


Rasio Pentalan jika diterjemankan dalam bahasa Indonesia adalah seberapa besar pengunjung (visitor) blog kalian (darimanapun asalnya, baik melalui searc engine maupun yang datang karena mengetikkan halaman web kalian di browser mereka, atau melalui backlink, dan lain sebagainya) yang melakukan tindakan seperti berikut, mengklik tombol close sehingga menutup tampilan blog kalian secara keseluruhan tanpa mengklik apapun dari blog kalian, mengklik tombol back sehingga menutup tampilan blog kalian secara keseluruhan tanpa mengklik apapun dari blog kalian, mengklik tautan luar (out going link yang menuju bukan dari blog kalian yang sedang ditampilkan di layar) dan tanpa mengklik link yang mengarah di blog kalian sendiri. Bahasa mudahnya Rasio Pentalan adalah tingkat tinggi rendahnya pengunjung keluar dari blog kalian sebelum melakukan apapun dari blog kalian.

Yang pentingkan mereka sudah mengunjungi blog saya, kalaupun mereka minggat lagi masalahnya dimana..???

Dalam ilmu SEO (Search Engine Optimization) rasio pentalan juga dijadikan sebagai sebuah tolok ukur seberapa baik blog kalian, semakin kecil tingkat rasio pentalannya maka blog kalian akan dipandang sebagai blog yang baik sedangkan apabila blog kalian memiliki rasio pentalan yang cukup tinggi maka blog kalian dipandang sebagai blog yang buruk.

Gak paham....???

Ilustrasi mudahnya adalah apabila kalian membuka sebuah toko, lalu ada pengunjung yang datang tetapi baru saja mereka masuk ke toko kalian pengunjung tersebut langsung pergi begitu saja tanpa bertanya terlebih dahulu produk apa yang kalian jual dan sebagainya. Hal tersebut tentu menjadi pertanyaan bagi kalian, pasti ada yang salah dengan toko kalian karena prilaku pengunjung tadi yang baru datang langsung pergi. Mungkin penataan toko kalian yang tidak baik, kotor, atau barang yang mereka cari tidak ada di toko tersebut.

Lalu bagaimana perhitungan rasio pentalan yang ideal..???

Karena sampai sekarang belum ada yang bisa memecahkan algoritma Search Engine Google maka belum ada nilai yang pasti mengenai berapa nilai ideal dari rasio pentalan tersebut. Tetapi pihak Google pernah memberitahukan bahwa nilai pentalan yang baik adalah 25% kebawah. Rasio pentalan sendiri dinilai menggunakan presentase ( % ) mulai dari 0% - 100%. 

Bagaimana cara mengatasi rasio pentalan yang masih sangat tinggi (diatas 50%) ..???

Ada beragam cara guna menekan rasio pentalan, diantaranya yaitu :

1. Membuat judul yang menarik
Judul yang menarik membuat pengunjung penasaran lalu membuka artikel kalian, dengan semakin banyaknya judul-judul yang menarik untuk dibaca oleh pengunjung maka rasio pentalannya akan semakin  kecil, bahkan bisa kalian bisa mendapatkan rasio pentalan yang mendekati nilai NOL atau hampir tidak ada pengunjung yang langsung pergi tanpa membaca artikel kalian lainnya.
 
2. Membuat artikel yang baik / bermanfaat
Tujuan membuat blog / artikel adalah memberikan tambahan wawasan atau pengetahuan / ilmu kepada para pembaca, jadi tujuannya bukan sekedar menulis artikel agar dilihat sebagai blog yang terawat oleh seacrh engine atau dalam artian kalian menulis untuk robot (spider) bukan untuk manusia. Dengan adanya artikel-artikel yang sangat bermanfaat maka pengunjung bloh kalian akan berlama-lama di blog kalian.
 
3. Membuat artikel yang menarik
Artikel yang baik / bermanfaat belum tentu menarik untuk dibaca. Artikel yang menarik adalah perpaduan dari point pertama dan kedua, yaitu pemilihan judul yang tepat dan menarik yang ditunjang oleh isi yang bermanfaat. Artikel yang menarik akan menggoda pengunjung melihat satu per satu artikel yang sudah kalian buat, dengan begini dapat dipastikan rasio pentalan kalian akan menurun drastis.
 
4. Meletakkan artikel terkait
Artikel terkait selain baik untuk search engine juga baik untuk pembaca guna melihat artikel-artikel lainnya yang terkait / sesuai dengan artikel yang sedang mereka baca. Sehingga pengunjung blog tidak langsung mencari artikel penunjuang dari blog lain / mengclose blog kalian karena materi yang mereka butuhkan sudah ada di blog kalian.
 
5. Menyediakan kolom komentar
Dengan pengunjung menambahkan satu buah komentar di blog kalian maka hal tersebut sudah dihitung sebagai satu klik, sehingga biar kata sehabis menulis komentar mereka langsung keluar dari blog kalian maka hal tersebut tidak dihitung sebagai pentalan / bounce.

Sekian dahulu artikel ini saya buat semoga bermanfaat bagi kalian semua. Silahkan baca artikel-artikel saya lainnya. Saya menerima kritik dan saran yang membangun guna meningkatkan kualitas tulisan saya diwaktu yang akan datang,  Terimakasih atas kunjungannya dan salam zetter.

Artikel Terkait