Bisnis MLM VS Referral dan Affiliate

Selamat siang zetter, kali ini saya masih sedikit membahas tentang Lika Liku Bisnis MLM Indonesia. Hal ini saya khawatirkan karena mengingat bahwa bisnis semacam ini sarat dengan penipuan. Meski sudah tidak segencar pada awal-awal kedatangannya bisnis MLM di Indonesia masih sangat banyak dan mungkin beberapa diantaranya sudah bersiap untuk kabur dengan membawa sejumlah bonus yang mereka tawarkan kepada membernya. Bukan menakut-nakuti lho.

Menurut saya Bisnis MLM hampir-hampir sama dengan bisnis online yang ada sekarang-sekarang ini. Beberapa kesamaan Bisnis MLM dan Bisnis Online Non MLM adalah :
  • Bisnis rumahan yang bisa diakses melalui internet
  • Tidak membutuhkan waktu lama (hanya beberapa jam saja per hari atau bahkan per minggu) sehingga lebih banyak waktu untuk keluarga
  • Penghasilan yang selalu mengalir bahkan disaat kita tidur sekalipun
  • Tidak memerlukan keahlian khusus
  • dll.



 
Dan berikut adalah beberapa hal yang dilakukan oleh MLM dan bisa juga kita lakukan dengan bisnis online biasa :
  1. Bonus sponsor
    Adalah bonus yang di berikan kepada member yang telah terdaftar ketika mereka mengajak orang lain untuk bergabung bersama mereka. Dalam MLM istilahnya downline dalam bisnis online namanya adalah referral. Sebagian besar bisnis online berkembang karena memiliki sistem referral. Prinsipnya sama dengan yang di MLM, member bisnis online juga akan mebdapatkan bonus ketika mereka berhasil mengajak seseorang untuk bergabung dengan mengikuti link referral mereka. Sebagai contoh referral adalah :
  2. Bonus dari profit penjualan
    Sebagian besar MLM bergerak pada bisnis perdagangan umum, apabila member melakukan penjualan mereka akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya dan juga bonus dari perusahaan meski nilainya mungkin kecil, dan apabila ada downline mereka yang juga melakukan transaksi penjualan maka sang upline akan mendapatkan bonus sekian persen juga. Binsi online juga menwarkan produk yang sedemikian, apabila ada referral kita yang melakukan transaksi maka kita juga akan kecipratan untung.

    Atau yang biasa ada di bisnis online adalah sistem affiliate marketing. Semacam referral, tetapi biasanya tidak hanya mencari new membwe tetapi juga dengan berjualan produk. Apabila ada pembeli yang melakukan transaksi melalui link affiliate maka kita juga akan mendapatkan bonus sekian persen dari hasil penjualannya. Contoh dari progam ini adalah :
  3. Bisa dilakukan online maupun offline
    Kata siapa bisnis online hanya bisa dilakukan melalui online saja, tentu saja kita pun dapat mempromosikan melalui media offline ya contohnya MLM (Mulut Lewat Mulut).
  4. Bonus yang tak pernah tidur



    Dengan menyebarkan link dari media sosial baik facebook, twitter, forum kaskus, yahoo answer, blog, dll bonus yang akan kita dapatkan akan selalu mengalir walau kita tidak sedang online, ini berlaku baik MLM maupun bisnis online. Untuk itu semua kita mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa menit saja, selanjutnya biarkan link-link tersebut bekerja dengan sendirinya.
  5. Tidak membutuhkan tempat usaha yang formal
    Tempat usaha diperlukan apabila kita ingin membuat stock untuk pelanggan saja. Baik jualan produk MLM maupun bisnis online, produsen yang akan melakukan pengiriman dan penyimpanan, tugas kita hanyalah mempromosikan produk mereka saja.
Keputusan akhir tetap berada ditangan kalian sebagai pemegang hak untuk melakukan bisnis yang mana yang menurut kalian terbaik untuk diikuti. Artikel ini saya buat hanya untuk memberikan sedikit gambarannya saja. Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit manfaat untuk para zetter dan pembaca sekalian, terimaksih untuk kunjungannya dan silahkan kalian baca artikel lainnya.


Artikel Terkait