Cara Cepat Berhenti Merokok

Merokok selain sangat buruk bagi kesehatan tubuh juga sangat buruk bagi kesehatan finansial.
Coba hitung berapa bungkus rokok yang kalian bakar dalam 1x24 jam.?
Kita amsumsikan sebagai berikut :
1 hari menghisap 1bks rokok, dengan harga rokok Rp. 10.000,- berarti dalam 1 bulan kita membakar sekitar Rp. 300.000,-
Jika 1 tahun..???
Untuk perokok ringan mungkin hitungan itu masih berlaku. Apa kabar dengan mereka para perokok berat yang bisa menghabiskan 2 sampai 3 bungkus rokok dalam satu hari..??
Selain membahayakan diri sendiri merokok juga membahayakan orang lain yang kita kenal sebagai Perokok Pasif.
Sepertinya kalian yang sedang membaca artikel ini sudah tau betul dan sadar akan bahaya dari rokok.
Berikut saya jabarkan sedikit tentang Cara Cepat Menghentikan Kebiasaan Merokok :
1. Buat Rencana
Tulis di kertas bahwa kalian akan berhenti merokok.
Contoh :
Sekarang tanggal 26-Desember-2012 dan saya sudah berhenti merokok pada tanggal 1-januari-2013
Lalu tempelkan tulisan tersebut di tempat-tenpat kalian biasa merokok (kamar tidur, toilet, ruang tamu, dll).
2. Kenali Bahaya Merokok
Coba cari bahaya rokok sebanyak-banyaknya, kalian tulis ulang, lalu tempelkan di dekat tempat kalian biasa duduk lama (meja belajar, meja kerja, dll)
3. Buat Pengakuan
Sesaat sebelum tidur, katakan pada diri Anda sendiri bahwa kalian harus bisa berhenti merokok.
Cobalah perbanyak teman yang TIDAK merokok. Katakan pada mereka bahwa "Saya sudah BERHENTI merokok".
Dengan begitu kalian akan terpancing untuk tidak merokok lagi, sebab ketika salah satu dari mereka melihat anda sedang merokok. Maka mereka akan menegur "katanya udah berhenti kok masih merokok" atau "lanjut lagi nih?".
Kalian pasti akan malu saat itu.
4. Ganti rokok dengan permen
Bagiku ini cara yang cukup ampuh untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok.
Biasanya para perokok akan sangat tidak tahan untuk merokok ketika mereka habis makan (merokok sehabis makan dan di toilet itu punya kesan tersendiri ^_^)
Kalau begitu cobalah untuk memyediakan permen / makanan ringan di rumah.
Ganti merokok sehabis makan dengan mengunyah permen / snack, juga disaat mulut terasa asam karna belum merokok.
Saran saya jangan membiasakan banyak makan makanan ringan atau permen karna tak baik juga untuk kesehatan. Cobalah untuk menguramgi konsumsi permen, jadi ketika kita sudah benar-benar berhemti merokok kita juga tidak bergantung pada permen.
5. Perbanyak makan buah-buahan segar
Makan buah-buahan selain menyegarkan tubuh juga bisa menahan keinginan untuk merokok. Kandungan keasaman buah-buahan akan mengurangi rasa ingin merokok. Selain itu kandungan anti oksidan dalam buah juga akan mengurangi efek jahat dari rokok.
Cobalah untuk memperbanyak makan buah-buahan berikut ini :
Mangga
Apel
Markisa
Strowberry
Kedondong
Salak.
6. Perbanyak kegiatan & olahraga
Untuk yang terakhir ini adalah cara paling jitu menghentikan merokok.
Karna olahraga dan rokok adalah 2 hal yang sangat bertentangan.
Kita tidak mumgkin merokok saat olahraga, ataupun sebaliknya.
Disaat kita sedang tidak melakukan kegiatan apapun maka keinginan untuk merokok sangatlah besar (apalagi saat galau).
Bagaimana menyikapinya.?
Cobalah untuk berolahraga ringan atau melakukan kegiatan lain (membaca, menulis artikel, dll).
Hindari terlalu lama melamun dan berdiam diri di kamar.
7. Kurangi kopi perbanyak minum air putih.
Sekian artikel saya mengenai cara cepat berhenti merokok.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca.
Berhentilah merokok dari sekarang.
Berhentilah merokok untuk masa depan yang gemilang.
Mari mengajak teman-teman kita yang masih merokok untuk segera berhenti, seperti saya mengajak kalian semua.
Terimakasih telah membaca.
Tunggu artikel berikutnya.

Artikel Terkait