Yahoo! Indonesia Versus Google

Apa kabar zetter yang baik hatinya, ramah tamah, rajin menabung, dan tidak sombong..?? Sudah sekian banyak artikel saya yang berbicara tentang Google, melainkan hanya beberapa artikel saja yang menyebut yahoo! salah satunya adalah artikel saya yang mereview Yahoo! Answer Indonesia, sekarang mari kita bandingkan antara Yahoo! dan Google.

Hal yang pertama akan saya bandingkan adalah Halaman Utama antara http://id.yahoo.com/ dan http://www.google.co.id/

Yahoo!

Halaman utama yahoo terlalu sulit diakses untuk yang memiliki kecepatan internet sangat minim, halaman tersebut lebih mirip dengan halaman utama situs berita online dengan sebuah gambar cukup besar yang menyajikan berita terkini / terpopuler.

Google

Halaman utama google hanya berupa kotak telusur saja, apabila kalian ingin mengakses youtube atau gmail kalian dapat mengkliknya dibagian paling atas di halaman tersebut. Bukan berarti google tidak menampilkan berita, halaman berita juga dapat kalian lihat di bagian atas halaman utama tersebut.
Dengan simplenya halaman utama google dapat diartikan bahwa Google memang menitik beratkan pada penelusuran.


Sebagian pengguna mengatakan bahwa halaman utama yahoo lebih menarik daripada google karena di halaman utama yahoo sudah terdapat menu akses menuju media sosial, berita, dll.

Berikut adalah hal-hal yang saya bandingkan antara Yahoo dan Google :
  1. Hasil penelusuran
    Yahoo : Kurang spesifik dalam menampilkan hasil penelusuran, sebagai contoh ketika saya mencari keyword "Triple Zet" hasil pencarian ada disini.
    Google : Dengan keyword yang sama hasil pencarian google dapat dilihat disini.

    Kesimpulan : Mungkin karena domain blog saya menggunakan blogspot yang notabene-nya adalah milik google maka google menampilkannya pada halaman pertama. Selain itu coba kalian lihat bahasa yang ditampilkan Google memberikan hasil pencarian sesaui dengan bahasa yang saya gunakan yaitu "bahasa indonesia" sehingga situs yang menggunakan bahasa Indonesia ditampilkan terlebih dahulu. Meski begitu kalian dapat memilih menu "halaman dari Indonesia" di google kalian tidak perlu menggunakan itu.
     
  2. Berita
    Yahoo : Kalian tidak perlu bersusah payah mencari berita terbaru dan terpopuler hari ini, karena semuanya sudah ditampilkan pada halaman utama mereka.
    Google : Google tidak memberikan informasi berita apapun di halaman utama mereka.

    Kesimpulan : Yahoo lebih menitik beratkan pada berita dan media sosial  selain pada search engine yahoo dan Google hanya menitik beratkan pada search engine saja.
  3. E-Mail
    Secara garis besar ke-dua layanan email mereka sama.
  4. Layanan
    Layanan yang ada di yahoo tetapi tidak ada di google : Yahoo answer, Mesagging (YM), dan beberapa layanan yang seperti halaman game yang terirgentasi langsung di yahoo sedangkan bila di google kita harus mencarinya terlebih dahulu.
    tetapi Google sangat berbaik hati dengan memberikan domain blog gratisan yaitu blogspot seperti yang saya pakai sekarang ini.

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat dibandingkan tetapi secara garis besar apabila kalian membandingkan Search Engine maka Google adalah pilihan yang tepat karena Google lebih menitik beratkan pada pencarian daripada yang lainnya. Sekian dahulu artikel yang sangat singkat ini. Artikel ini saja masih saya anggap kurang menarik, ya hanya untuk memberi informasi kepada kalian saja yang menginginkan informasi terkait Yahoo VS Google.

Artikel Terkait