Review - Yahoo Answer Indonesia

Selamat datang kembali Zetter.
Apa kabar kalian hari ini.?

Berbicara soal yahoo answer dalam pikiran kita membayangkan sebuah forum untuk tanya jawab. Hal itu saya rasa wajar, namun menurut saya yahoo answer lebih dari hanya sekedar tempat tanya jawab, yahoo answer atau YA! adalah tempat untuk berbagi, berkeluh kesah, perang argument, dan tempat berolok-olok juga. YA! berusaha menjelma menjadi media sosial seperti Facebook dan Google+. Seperti apa itu Yahoo Answer, lebih jauh akan saya bahas disini.



Apabila kalian belum menjadi anggo yahoo answer silahkan kalian mendaftar disini. Kalian bisa menggunakan e-mail yahoo kalian untuk memulai menggunakan YA!

Bagaimana cara kerja YA!

Yahoo Answer menggunakan sistem peringkat, yang mana kalian bisa menggunakan kekuasaan atas peringkat kalian. Seperti hanya sebuah game, kalian akan diberi Point ketika menjawab sebuah pertanyaan yang diajukan oleh member lain dan kalian akan kehilangan sejumlah point ketika kalian mengajukan sebuah pertanyaan.
berikut perhitungan point untuk Yahoo Answer :

Tindakan Poin
Mulai berpartisipasi di Yahoo! Answers Satu Kali: 100
Ajukan pertanyaan -5
Pilih jawaban terbaik untuk pertanyaan Anda 3
Tidak ada Jawaban Terbaik yang dipilih voter atas pertanyaan Anda Poin Dikembalikan: 5
Jawab pertanyaan 2
Hapus jawaban -2
Login ke Yahoo! Answers Sekali sehari: 1
Beri suara untuk jawaban 1
Vote untuk Tidak ada jawaban terbaik 0
Jadikan jawaban Anda terpilih sebagai jawaban terbaik 10
Dapatkan penilaian "acungan jempol" pada jawaban terbaik yang Anda tulis (dihitung hingga 50 acungan jempol) 1 per "acungan jempol"
Terjadi Pelanggaran -10



Untuk tingkatan yang ada di YA! di bagi menjadi 7 tingkatan (level). Level ini menentukan apa saja yang bisa kalian lakukan di YA!
Berikut ini adalah 7 Tingkatan Yahoo Answer :

Tingkat Poin Pertanyaan Jawaban Komentar Bintang Penilaian Vote
7 25.000+ 20 80 40 100 tidak terbatas 400
6 10.000 - 24.999 20 80 40 100 tidak terbatas 400
5 5.000 - 9.999 20 80 40 100 tidak terbatas 200
4 2.500 - 4.999 20 80 40 100 tidak terbatas 100
3 1.000 - 2.499 15 60 30 100 tidak terbatas 75
2 250 - 999 10 40 20 100 tidak terbatas 50
1 1 - 249 5 20 10 10 0 25


Seperti game, apakah YA! hanya sebuah permainan belaka.??

Ini memang mirip game, tapi YA! bukanlah permainan. Kita bisa menemukan banyak hal d YA! karena ada jutaan pertanyaan yang terekan dan tersimpan di Yahoo Answer. Yahoo memang mendesain YA! mirip game agar para membernya tidak cepat merasa bosan menggunakan layanan yahoo answer.
Sama halnya dengan forum lainnya, Yahoo Answer juga tempat mencari berita populer bagi kalian yang sedang membuat artikel SEO. Apa yang sedang hangat dibicarakan di Yahoo Answer bisa kita gunakan sebagai "keyword musiman".

Apa kelebihan dan kekurangan YA!

Akhirnya sampai juga di season ini. Berikut akan saya share sedikit tentang kelebihan dan kekuranga Yahoo Answer menurut pendapat saya pribadi.

Kelebihan Yahoo Answer :
  1. Tempat mencari dan berbagi informasi / ilmu secara menyenangkan.
  2. Tempat nongkrong dan curhat di dunia maya.
  3. Peletakan BackLink berkualitas. Di kotak jawaban Yahoo Answer ada menu referensi yang dapat kalian isi dengan alamat link dari blog/situs kalian. Yahoo memiliki ranking yang tinggi baik di Alexa Rank maupun Google Page Rank.
  4. Menjadi bahan referensi pencarian keyword untuk artikel populer. contoh ketika di yahoo sedang membicarakan tentang Bank mandiri bank terbaik di indonesia kita dapat menggunakan kata tersebut di kata kunci blog kita.
Kelemahan Yahoo Answer :
  1. Interaksi searah (kita tidak dapat melakukan pervakapan).
  2. Sering hanya dibuat ladang Link.
  3. Tempat mengajukan pertanyaan yang memojokkan orang lain (SARA).
  4. Sering kali user dengan tingkat yang tinggi mengguakan kekuasaannya secara semenang-menang.

Apapun kelebihan dan kekurangan yahoo answer kita ambil dari segi positifnya saja. Jadilah user baik walau bukan yang terbaik, siapa yang terbaik.?

Kesempurnaan tidak hanya karena kita mengabungkan banyak hal baik, tapi kesempurnaan yang sejati adalah kesempurnaan yang akan hilang apabila kita memisahkan bagian-bagian itu. silahkan cek juga disini.

 

Artikel Terkait