Pentingnya Penelitian Pasar Bagi Perkembangan Bisnis

Perkembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) Indonesia semakin menunjukkan hasil yang positif setiap tahunnya. Hal ini di dukung oleh  kebijakan pemerintah mengenai penurunan suku bunga pinjaman bank. Meski meminjam uang di bank sedikit sulit juga sih, tetapi setidaknya pemerintah dan pihak bank sudah cukup membantu mengembangkan UKM Indonesia.


Beberapa hal yang dapat membantu perkembangan bisnis UKM di Indonesia selain dengan tersedianya pinjaman lunak, juga harus dibantu juga dengan adanya penelitian pasar.

Seberapa penting penelitian pasar bagi perkembangan UKM..???

Untuk sampai saat ini, survey mengenai permintaan dan keinginan pasar (konsumen) masih sangat minim. Padahal survey mengenai pasar domestik maupun luar negeri sangat penting bagi UKM maupun perusahaan besar, setidaknya saya melihat beberapa point yang bisa dijadikan acuan seberapa penting penelitian pasar :
  1. Mengetahui Permintaan Pasar
    Hal ini meliputi produk apa yang sedang dibutuhkan di suatu daerah dan produk apa yang kurang diminati.
  2. Kelemanahan & Kelebihan Suatu Brand
    Dengan melakukan survey kita bisa mengetahui apa tanggapan pasar mengenai brand yang kita miliki. Hal ini juga dapat kita manfaatkan dengan mengetahui kelemahan brand kompetitor dan mengembangkan brand kita sehingga dapat mengambil alih pangsa pasar dari kompetitor kita.
  3. Daya Beli Masyarakat
    Kemampuan daya beli masyarakat di setiap daerah pasti berbeda, kita tidak mungkin menawarkan produk mewah pada masyarakat dengan daya beli rendah, meskipun barang yang kita tawarkan bisa terjual tapi kemungkinannya sangat kecil.
  4. Meminimalkan Biaya Iklan
    Dengan mengetahui barang apa yang dibutuhkan, dan kemampuan daya beli di sebuah daerah maka kita dapat meminimalkan iklan dan fokus pada daerah yang potensial saja.

Bagaimana melakukan survey pasar yang baik..???

Survey terbaik adalah yang dilakukan oleh pihak intern langsung ke daerah tujuan. Tetapi apabila kita tidak memiliki waktu dan SDM yang kompeten dalam bidang ini, kita bisa menggunakan jasa pihak ke-tiga untuk melakukannya. Salah satu situs survey untuk pasar indonesia adalah Nusaresearch.net
PT. Nusaresearch - Peneliti Pasar Online Indonesia
Di situs ini kalian bisa melihat dan mengikuti survey mengenai pasar online Indonesia, ada berbagai macam kategori yang ada di nusaresearch yang dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan bisnis UKM, diantaranya : IT/Elektronik, Aplikasi, Gaya hidup, Tempa wisata, Kecantikan, sampai Tren konsumsi.

 


Usaha Kecil Menengah / UKM merupakan lini bisnis paling stabil dan tahan banting. Mengapa saya katakan demikian..??
  1. Modal yang kecil
    Karena modal yang relatif kecil, meskipun merugi UKM akan sangat cepat untuk bangkit lagi.
  2. UKM lebih gesit dan lincah
    UKM tidak korporasi besar yang mengembangkan satu jenis produk saja. UKM lebih mudah untuk menganti jenis produk mereka ketika tidak laku di pasaran.
  3. Iklan yang lebih tepat sasaran
    Ketika kalian melihat tayangan iklan di televisi pasti hanya beberapa iklan saja yang menurut kalian menarik dan bernuat untuk membeli produknya. Berbeda dengan UKM yang mengiklankan produknya melalui iklan MKM (mulut ke mulut), biasanya karena kita sudah merasakan kualitas produk maka kita akan merekomendasikan produk tersebut kepaa orang-orang yang kita kenal. Nah iklan seperti ini lebih kena sasaran daripada harus mengeluarkan biaya besar untuk memasang iklan di televisi.

Beberapa UKM dan perusahaan besar yang bergerak di bidang home industri dan retail lebih membutuhkan survey pasar daripada mereka yang bekerja di bidang lainnya. Dengan melihat hasil survey maka mereka bisa menentukan produk apa yang harusnya mereka produksi. Sebagai contoh sederhana bagaimana pentingnya survey pasar untuk mengembangkan bisnis, lihat kasus dibawah ini :

Seandainya di sebuah daerah A diketahui melalui survey pasar dengan keakuratan tinggi (diatas 90%) : Daerah tersebut adalah daerah pertanian yang membutuhkan pupuk dengan harga murah tetapi dengan kualitas yang sedang, karena susahnya mendapatkan pupuk bersubsidi.
Apabila kita akan menawarkan pupuk non subsidi : Karena kebutuhan tersebut mendesak pasti petani akan tetap membeli tetapi dengan porsi yang lebih kecil, ini tentu akan mengurangi margin keuntungan.
Solusi : memproduksi pupuk organik untuk aerah tersebut.
Harga pupuk organik masih cukup mura, dan kualitasnyapun cukup baik. Jadi petani pasti akan membeli pupuk tersebut dengan porsi yang lebih besar, hal ini akan membuat keuntungan besar pula.
kasus ini hanyalah contoh belaka.


Artikel Terkait