Air dan Kehidupan – Air Bersih Bagai Harta Karun

Air merupakan unsur terpenting yang menunjang kehidupan di bumi ini. Sekitar 70% permukaan bumi di isi oleh air, begitu pula dengan tubuh kita. Setiap makhluk hidup di bumi ini sangat tergantung oleh air.
Sebenarnya air sangatlah melimpah di bumi ini mengingat sebagian besar permukaan bumi adalah air. Hanya saja yang menjadi persoalannya apakah air tersebut layak untuk dikonsumsi atau tidak?

Sekarang wilayah Indonesia sedang mengalami musim penghujan, dimana intensitas Hujan turun hampir sepanjang hari. Tapi apakah dengan begitu air bersih dapat dengan mudah kita dapatkan?
Saya rasa tidak semudah itu hujan yang turun terkadang terlalu deras sehingga menimbulkan banjir. Air banjir bukanlah air bersih, karena air tersebut membawa material-material kecil berupa tanah, pasir, bahkan kotoran manusia juga. Banjir yang datang akan merusak sumur-sumur warga, dan beberapa tempat penyimpanan air. Musim hujan tiba air bersih tetap langka.
Pada musim kemarau lalu, air bersih masih tetap sulit untuk didapat karena mengeringnya mata air yang menjadi penopang air bersih warga.

Mencari air bersih bagai mencari harta karun. Selama tidak ada perubahan untuk mengelola air bersih secara baik maka akan selamanya air bersih akan sangat sulit di dapat. Sebenarnya ada banyak produsen yang menawarkan air pengolahan air kotor untuk dapat menjadi air yang layak konsumsi. Akan tetapi alat seperti itu masih terbilang mahal. Sebagian rakyat di Indonesia khususnya daerah pedesaan masih dihuni banyak keluarga miskin, sehingga membeli alat seperni ini sangatlah membebani ekonomi mereka.

Perubahan kecil yang dapat di lakukan adalah dengan berhenti menebang hutan, pemerintah seharusnya sadar fungsi hutan yang sudah di komersialkan tidak seperti hutan yang masih alami. Pengaturan daerah resapan air sungai juga sangatlah penting guna menghindari banjir dan mendapatkan kualitas air yang baik.
Air yang jernih tidak serta merta menjadi air yang sehat. Karena sudah kita ketahui bersama di dalam setiap tetes air terdapat jutaan bahkan milyaran makhluk hidup mikroskopis yang bisa saja mengganggu kesehatan tubuh kita. Air yang siap konsumsi seperti air mineral juga belum tentu baik untuk kesehatan, kita harus benar-benar pintar dalam memilih air mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan keluarga. Air mineral yang sehat adalah yang berasal dari mata air pilihan yang terjaga kemurniannya. Mata air yang baik adalah mata air yang berasal dari pegunungan, karena air yang berasal dari mata air pegunungan yang terjaga kualitasnya mempunyai banyak sekali mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

Air mineral merupakan sumber air utama bagi penduduk perkotaan, karena sumber air alami seperti sumur di daerah perkotaan tidak dapat dijamin kemurniannya. Polusi yang berasal dari pabrik-pabrik yang tersebar di hampir kawasan perkotaan membuat air di daerah tersebut tidak sehat lagi untuk di konsumsi, selain itu kepadatan jumlah penduduk yang sangat tinggi mengakibatkan kebutuhan akan air bersih sangatlah tinggi. Hal ini membuat banyak sekali pihak-pihak tak bertanggung jawab yang ingin mengeruk untuk sebanyak-banyaknya dengan menjual air mineral murah tapi tidak sehat.

Menjaga hutan sama dengan menjaga air sama juga artinya dengan memberikan harta karun yang tak terhingga harganya untuk keturunan kita kelak. Selain mejaga hutan, untuk memproduksi air bersih dapat dilakukan dengan membuat kolam penampungan air. Sebaiknya untuk menjaga kualitas air yang ada di dalamnya kolam tersebut berupa kolam tertutup. Jika dengan terpaksa membuat kolam penampungan dalam kondisi terbuka, ada baiknya selalu di jaga kebersihannya, juga dengan menanami pohon disekitar kolam.

Berikut ini saya terangkan sedikit tata cara untuk menghasilkan air yang layak untuk di konsumsi secara sederhana dan murah.

  • Sebaiknya buat kolam penampungan sekunder berupa kolam tertutup, tak perlu besar sesuaikan dengan kebutuhan saja.
  • Buat saringan air dengan menggunakan pasir bersih dengan ketebalan 1 – 2 meter (ini berguna untuk menyaring kotoran yang berukuran besar). Jika memang kita yakin akan kejernihan air yang akan kita ambil saringan ini tidak perlu kita buat.
  • Ketika air sudah berada dalam bak sekunder kita dapat menggunakan tawas maupun kaporit untuk membersihkan air yang akan kita konsumsi. Endapkan selama beberapa hari.
  • Sebenarnya ada beberapa penyringan lagi untuk membunuh bakteri. Tapi menurut hemat saya ini dapat di lakukan hanya dengan memasak air tersebut sampai mendidih.

Memang hasilnya tidak sesehat air mineral yang setiap tetesnya di olah secara higenis dengan teknolgi muntakhir yang sumber airnya berasal dari pegunungan yang terlindungi. Tetapi cara ini cukup untuk membuat air bersih untuk keperluan mencuci, dan memasak.

Menjaga sumber air tetap bersih seperti memecahkan satu buah kode rumit yang akan membawa kita pada harta karun tak ternilai harganya. Apa yang kita lakukan hari ini menentukan apa yang akan kita dapatkan esok hari. Hal kecil yang kita lakukan sekarang akan menentukan hal besar yang akan kita ciptakan esok hari.


Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga air kita adalah dengan melakukan penghematan air. Berikut ini saya berikan beberapa contoh yang dapat kita lakukan untuk menghemat air :

  • Pemborosan air yang paling banyak dilakukan adalah pada saat mencuci, lebih tepatnya ketika kita membilas pakaian. Cara melakukan penghematan air yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak mencuci pakaian setiap hari. Contoh penghematan yang nyata adalah anak kost. Para anak kost mencuci pakaian itu biasanya seminggu sekali. Mustahil kita hanya memiliki 2 pasang baju di lemari kita. Jika kita bisa menggunakan baju yang lain mengapa kita harus mencuci baju yang baru saja kita pakai hari ini, tunggulah hingga 3 hari agar air yang kita gunakan tidak terlalu banyak.
  • Pada gedung perkantoran seharusnya disediakan tempat penampungan air hujan diatap. Air yang kita tampung tersebut dapat kita gunakan untuk menyiram tanaman, air untuk uriner, dll. Sehingga kita dapat menghemat air bersih yang dapat kita gunakan untuk menyeduh kopi.
  • Jika memungkinkan untuk setiap rumah di perkotaan memiliki tempat penampungan air hujanyang berada di dalam tanah. Air ini selain untuk menyimpan air, cara ini juga dapat mengurangi banjir.
 
Sekian artikel saya tentang air dan kehidupan. Terus sehat dengan mengkonsumsi air yang benar-benar bersih dari berbagai bibit penyakit. Kesehatan itu mahal, jadi jangan korbankan kesehatanmu dengan mengkonsumsi air mineral yang murah tapi kualitas abal abal.

Artikel Terkait