Kultum Ramadhan : Kuasa ALLH SWT Dalam Surat Yasin Ayat 82

Sampaikanlah walau satu ayat - Dalam kultum (Kuliah Tujuh Menit) di bulan ramadhan 1434 H ini saya akan membahas sedikit mengenai arti dari surat yasin ayat 82. Karena dalam ayat tersebut kita dapat melihat bahwa kuasa ALLAH SWT itu nyata. Innama amruhu idza arada syaian an yaqula lahu kun fayakun. (Sesungguhnya urusannya-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah! Maka jadilah ia. Qs. Yasin [36]:82)

Apabila ALLAH SWT menghendaki sesuatu maka ALLAH cukup berkata "Jadi" maka "Terjadilah" apa yang ALLAH kehendaki. Sesungguhnya kita semua adaah milikNYA dan kepadaNya lah kita akan kembali. Berbuat baiklah selagi kalian sempat karena kita tidak pernah tau kapan kita akan dipanggil kembali menghadap sang pemilik hidup ini.

Pada bulan ramadhan ini ALLAT SWT membuka pintu rezeki selebar-lebarnya, pintu taubat selebar-lebarnya, dan do'a orang yang berpuasa di bulan ramadhan yang dilakukan dengan sepenuh hati akan dikabulkan oleh ALLAH SWT.

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS. At-tahrim [66]:8)

Menghapus semua dosa-dosa manusia bukanlah hal yang sulit bagi ALLAH, tetapi apa yang membuat ALLAH mau menghapus dosa kalian apabila kalian tidak segera bertaubat. Pada bulan ramadhan ini ALLAH akan mengabulkan do'a kalian, jadi berdo'alah sebanyak-banyaknya.

Ketika kalian berdo'a "minta diperbanyak rizki", menurut kalian apakah ALLAH yang maha pemurah memberikan kalian rizki yang banyak begitu saja, atau ALLAH yang maha mengetahui memberikan kesempatan bagi kalian untuk mendapatkan kelebihan rizki seperti yang kalian pinta..??

Ketika kalian meminta "kuatkan imanku", apakah ALLAH akan menguatkan iman kalian begitu saja ataukah ALLAH memberikan kalian cobaan sehingga ALLAH bisa memperkuat keimanan kalian..???

ALLAH menguji umatnya bukan karena ALLAH tidak menyayangi umatnya, karena ALLAH itu maha pengasih lagi maha penyayang. ALLAH tidak akan memberikan cobaan untuk umatnya yang sekiranya umatnya tidak kuat untuk menerimanya. Justru karena ALLAH sayang kepada kita maka kita diberi ujian, karena ujian tersebut juga untuk menjawab do'a yang kita panjatkan.

Seperti ketika kita sekolah, kita melalui banyak tahapan mulai dari SD - SMP - SMA - sampai Perguruan Tinggi. Soal ujian yang akan kita terima juga disesuaikan dengan tingkatan pendidikan kita, ketika kita SD maka akan diberi soal-soal ujian yang untuk anak SD, ketika kita SMP maka soal ujian yang akan kita terima adalah soal ujian SMP yang sudah tentu lebih sulit dari soal ujian untuk anak SD, begitu juga seterusnya.

Seperti dengan ujian yang kita kerjakan, lowongan pekerjaan yang tersedia juga akan berbeda dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan kita. Lowongan pekerjaan untuk lulusan SD tentu lebih rendah dari lulusan SMA, Lowongan untuk yang lulus perguruan tinggi juga akan lebih baik daripada mereka yang hanya lulus SMA.

Logikanya begini : Apabila kalian hanya bisa selesai sampai ujian SD dan tidak bisa untuk melanjutkan ke ujian SMP maka pekerjaan yang akan kalian dapatkan juga hanya sebatas lulusan SD. jadi, apabila kalian hanya bisa menyelesaikan ujian dasar dari ALLAH maka nikmat yang akan kalian dapatkan juga hanya sebatas ujian yang kalian selesaikan, jadi jangan pernah kalian iri dengan nikmat yang di berikan ALLAH kepada orang lain karena mungkin dia sudah terlebih dahulu menyelesaikan ujian yang lebih berat daripada ujian yang sedang kalian hadapi saat ini.

Kembali lagi dengan firman ALLAH dalam surat yasin ayat 82 : Sesungguhnya urusannya-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah! Maka jadilah ia.

Allah tidak akan pernah merasa susah untuk melakukan apapun, termasuk mengabulkan semua do'a yang kalian panjatkan. Tetapi cobalah berfikir ulang apakah kalian pantas untuk menerima semua itu.

Sampaikanlah walau satu ayat

 

Artikel Terkait