Penyebab Ketika Kita Keluar (mengundurkan diri) Dari Pekerjaan

Keluar atau Dipecat...??? Mungkin jika itu pertanyaannya tentu kita akan memilih "mengundurkan diri secara terhormat". Apa saja penyebab sehingga seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dan apa saja yang seharusnya kita persiapkan sebelum mengundurkan diri dari pekerjaan kita saat ini..??? Dalam artikel yang saya rancang sedemikian singkat ini semoga dapat menggambarkan jawaban dari pertanyaan tersebut.


3 Alasan utama seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya adalah :
  1. Pekerjaan lama yang tidak nyaman
    Ketika kenyamanan kita dalam bekerja terganggu maka konsentrasi kita pada pekerjaan tersebut juga ikut terganggu yang mengakibatkan turunnya produktivitas yang kita miliki. Kejadian semacam ini umumnya dikarenakan perusahaan yang banyak menuntut daripada memberi, bekerja dibawah tekanan kuat dari atasan, suasana (lingkungan) kerja yang kurang baik, dan lain sebagainya. Alasan ini cukup kuat bagi kita untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat kita bekerja sekarang.
  2. Mencari penghasilan yang lebih baik
    Ingat tujuan kita bekerja adalah mencari nafkah (uang) untuk kelurga kita. Motto saya adalah : "Saya mencari uang, bukan mencari kerja". Apabila loyalitas kita diperusahaan sudah maksimal, tetapi dukungan (perhatian) perusahaan terhadap kita masih begitu-begitu saja maka saya sarankan kepada kalian, mulailah mencari lowongan pekerjaan baru dengan penghasilan yang jauh lebih besar.

    Alasan ini hanyalah alasan kedua untuk kalian memutuskan pindah kerja. Apabila penghasilan yang kiranya akan kalian dapatkan di pekerjaan baru kalian hanya meningkat 10% sedangkan tempat kerja kalian yang lama masih terasa nyaman bagi kalian, buat apalah pindah..??
  3. Bosan dan ingin mencari suasana baru
    Alasan ini hanyalah alasan cadangan apabila alasan pertama dan kedua diatas sudah terpenuhi, tempat paling nyaman di dunia ini adalah keluarga. Maka anggaplah semua rekan kerja kalian sebagai keluarga, sehingga apabila kalian hendak meninggalkannya kalian akan merasa sangat bersedih. Oleh karena itu, alasan bosan atau mencari suasana baru bukanlah hal yang prioritas ketika kalian memang sudah mantap ingin move on dari pekerjaan kalian sekarang.

Diatas adalah 3 alasan utama mengapa kita harus pindah atau berhenti kerja. Nah, ada baiknya sebelum kalian memutuskan hal tersebut ada baiknya kalian ketahui hal apa saja yang harus kalian persiapkan sebelum kalian pindah, dengan merenungkan beberapa pertanyaan dibawah ini :
  1. Loyalitas apa yang sudah kalian berikan untuk perusahaan..?
    Apakah kalian memang sudah benar-benar memberikan kemampuan terbaik yang kalian miliki, atau malah kalian yang hanya bisa menuntut loyalitas perusahaan kepada kalian sedangkan kinerja kalian masih sangat dibawah standard.
  2. Skill apa yang kalian miliki..?
    Sebelum kalian pindah, apakah skill kalian yang dapat kalian gunakan sebagai pegangan kalian ketika kalian keluar dari perusahaan tersebut.
  3. Berapa harga tawar kalian..?
    Ketika kalian pindah, berapa harga tawar kalian diperusahaan baru. Apakah hanya sebatas 10% - 20% dari penghasilan kalian di perusahaan lama..? atau kalian bisa menawar hingga 2X lipat dari penghasilan lama kalian..? untuk itu tingkatkan skill yang kalian miliki sekarang. 
  4. Mengapa perusahaan baru harus menerima kalian..?
    Apa hanya kalian memiliki skill dan nilai tawar yang tinggi, atau kalian memang memiliki nilai tambah lainnya..?? pikirkan itu.
  5. Dapatkah kalian bertahan hidup..?
    Apabila tidak ada perusahaan yang mau menerima kalian bekerja, apakah kalian sanggup untuk tetap bertahan hidup..?

Pada saat saya buat artikel ini saya sedang mempertimbangkan apakah saya akan tetap tinggal di perusahaan laa saya atau saya harus keluar dan mencari pekerjaan baru..?? Untuk itu saya membuat sebuah contoh simple apabila saya keluar dari peruasahaan ini.
3 alasan utama untuk mengundurkan diri telah saya dapatkan, yang paling penting adalah syarat pertama, untuk syarat ke-dua masih saya pertimbangkan. Dengan penghasilan per bulan saya adalah Rp. 3.250.000 saya berarti harus mencari pekerjaan baru dengan penghasilan diatas 4 juta per bulannya, dimana saya bisa mendapatkan itu..???

Untuk loyalitas sudah saya berikan semaksimal mungkin, tetapi kehidupan saya tidak terlalu banyak perubahan karena dukungan dari perusahaan terbilang masih kurang maksimal. Skill yang saya di perusahaan ini memang sudah saya asah dari setahun yang lalu, sehingga apabila saya keluar dan menggeluti pekerjaan serupa maka saya sudah memiliki nilai tawar dan nilai lebih untuk perusahaan saya yang baru (rencananya). Dan meskipun saya sudah tidak bekerja lagi, saya sudah memiliki beberapa tabungan yang dapat saya gunakan untuk tetap bertahan hidup.


Artikel Terkait

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan