Info Kesehatan : Himah Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Sampaikanlah walau satu ayat - Dalam edisi ramadhan kali ini saya akan menulis artikel yang berkaitan dengan bulan ramadhan, sebagaimana umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah wajib berpuasa di bulan 1000 berkah ini. "Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (QS. al-Baqarah:183)

"Bukanlah puasa itu hanya sekedar menghentikan makan dan minum tetapi puasa itu ialah menghentikan omong-omong kosong dan kata-kata kotor." (H.R.Ibnu Khuzaimah). Akan percuma kita berpuasa hanya menahan haus dan lapar, sedangkan lidah kita tidak kita jaga untuk mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain.

Hikmah berpuasa ramadhan bagi kesehatan :

  1. Memperbaiki sistem pencernaan
    Sebagaimana kita ketahui apabila kita tidak sedang berpuasa maka sistem pencernaan kita akan terus bekerja hampir 18 jam lamanya, nah dengan kita berpuasa maka sisteem pencernaan kita akan diistirahatkan lebih dari 12 jam. Waktu istirahat tersebut digunakan oleh tubuh untuk menyususn kembali sel-sel dan jaringan pencernaan yang mulai rusak. Mesin saja yang terbuat dari besi membutuhkan maintanance teratur agar tetap bekerja secara prima, apalagi tubuh kita yang hanya terdiri dari jaringan kulit dan daging.
  2. Memperlancar peredaran darah
    Karena sistem pencernaan kita sudah membaik maka otomatis setiap sari makanan yang masuk dalam tubuh akan terserap secara sempurna, hal ini membawa nitrisi yang baik untuk jantung dan organ-organ vital di tubuh kita. Dengan kembalinya kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan lain-lain maka sistem peredaran darah di tubuh kita akan kembali normal.
  3. Menghilangkan penyakit hati dan stress
    Setelah peredaran darah lancar maka semua racun di tubuh kita akan dinetralisir oleh hati, karena kita hanya makan pada waktu sahur dan berbuka saja maka racun yang kemungkinan akan ikut terbawa oleh makanan akan sangat sedikit dibandingkan dengan racun yang kita makan sebelum berpuasa. Hal ini akan membuat kerja hati berkurang, dengan begitu kinerja hati kita akan kembali normal pada saat nanti kita tidak berpuasa (di luar bulan ramadhan).

    Seperti hadits yang saya tulis diatas, berpuasa itu bukan hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menjaga emosi kita agar tetap stabil dan menyebut nama ALLAH SWT. Dengan hati yang bersih maka pikiran kita juga akan ikut bersih dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit stres.

sahur dan berbukalah secukupnya, karena apabila kita makan sahur terlalu banyak yang ada nanti kita ngantuk dan tidak shalat subuh, begitu juga apabila berbuka puasa berlebihan. Oke mungkin puasa kita menahan haus dan lapar serta segala hal yang membatalkan puasa, tetapi setelah berpuasa kita malah meninggalkan kewajiban kita yang lainnya, sesungguhnya yang demikian itu adalah hal yang sia-sia belaka. ALLAH SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat al-A'raf ayat 31 : "Makan dan minumlah kamu dan janganlah berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Nabi S.A.W  juga pernah pernah bersabda: "Kita ini adalah kaum yang makan bila lapar, dan makan tidak kenyang." atau yang biasa diartikan “makanlah kamu ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang”.

Perbanyaklah berbuat kebaikan di bulan ramadhan yang pebuh hikmah ini, karena bulan ini adalah bulan yang dipilih oleh ALLAH SWT untuk menurunkan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup kita. Seperti yang difirmankan-Nya dalam Al-Qur'an surat al-Baqarag ayat 185, yang berbunyi : "Pada bulan Ramadhan diturunkan al-Quran pimpinan untuk manusia dan penjelasan keterangan dari pimpinan kebenaran itu, dan yang memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Barangsiapa menyaksikan (bulan) Ramadhan, hendaklah ia mengerjakan puasa.”

Demikianlah kultum yang dapat saya berikan untuk kalian dalam artikel yang sangat singkat ini, semoga kita menjadi umat muslim yang memang diterima kemusliman kita. Dan semoga kita bisa masuk surga bersama-sama dengan Nabi Muhammad SAW, aamiin.

Selamat menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan 1434 H
 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
 
"Sampaikanlah walau satu ayat"


Artikel Terkait