Fungsi dan Kegunaan Kolom Komentar di Artikel

Selamat datang kembali zetter, apa kabar kalian.?
Dala artikel ini saya akan mebahas tentang komentar pada sebuah artikel, setelah sebelumnya saya pernah membahas tentang penyebab artikel blog sepi komentator. Apa sih fungsi atau kegunaan adanya kotak komentar pada artikel..??

Dengan memberikan kotak komentar kita sebagai admin blog tersebut berkewajiban membalas setiap komentar pada artikel-artikel yang kita tulis. Tapi jika komentar tersebut bersifat spam kita juga memiliki hak untuk menghapusnya. Setelah kita mengetahui penyebab orang enggan berkomentar pada artikel kita, sekarang mari saya bahas sedikit mengenai kegunaan komentar-komentar tersebut :
  1. Menampung kritik dan saran
    Saya sebagai blogger pemula pasti tidak akan pernah lepas dar namanya kesalahan, baik berupa kesalahan ketik, kesalahan fakta, maupun kesalahan-kesalahan lainnya. Kolom komentar yang terdapat dibawah artikel ini adalah salah satu cara saya untuk menampung semua kritik dan saran dari zetter sekalian, dan saya akan menggunakan kritik dan saran tersebut untuk membangun blog triple zet ini semakin baik lagi.
  2. Memberi kesan positif
    Dengan adanya kotak komentar tentu blog kita akan dipandang sebagai blog yang terbuka, hal ini akan memberikan kesan yang positif kepada para pembaca. Semakin banyak komentar yang ada di sebuah artikel tentu akan menambah keyakinan pembacanya bahwa artike tersebut sangat bermanfaat.

    Apabila ada artikel yang tidak mau dikomentari, berarti artikel tersebut bersifat pribadi, biasanya juga materi yang disampaikan banyak mengandung hal yang berbau kontroversi, sehingga apabila dibuka kotak komentar pasti akan menjadi perbincangan yang tidak layak. Contoh : saya pernah memposting "Dara Manisku - Cerita dewasa pengalaman pribadi" judul tersebut kemudian saya ganti menjadi "Dara manisku - Cerita pengalaman pribadi". menurut catatan saya (sebelum judul tersebut saya ganti) ada lebih dari 10.000 orang per harinya, hal yang menjadi pertimbangan saya mengubah judul tersebut adalah karena bahaya backlink dari situs dewasa, selain itu apabila kotak komentar saya pada cerita tersebut saya buka tentu ada saja yang berkomentar tidak enak, padahal mereka belum membaca cerit tersebut sampai habis.
  3. Menambah teman
    Berawal dari kritik / saran, dan berbalas komentar kita hubungan kta dengan blogger lain juga akan semakin dekat. Itulah yang saya rasakan pada buku tamu blog ini.
  4. Meningkatkan return visitor
    Terkadang kita (khususnya saya) tidak bisa membalas semua komentar dalam hari yang sama. Apabila "komentar" yang tinggalkan berupa pertanyaan penting biasanya "sang pemberi komentar" akan kembali lagi di waktu kemudian untuk mengecek balasan kita, kejadian inilah yang disebut sebagai return visitor atau pengunjung yang kembali lagi. Mereka kembali bukan sekedar mengecek balasan komentar, mereka juga akan memeriksa apakah ada artikel baru yang kita tulis.
  5. Menambah informasi
    Terkadang ketika kita menulis dan mengepostkan artikel ada bahan / ide yang terlupa, dan baru teringat ketika ada yang menanyakan hal tersebut di komentar. Ini sedikit saran untuk zetter, ketika kalian membaca sebuah artikel jangan terus beralih ke artikel selanjutnya ketika isi artikel tersebut sudah selesai kita baca, kalian tentu akan kaget karena banyak ilmu tersembunyi yang biasanya hanya muncul di komentar.

Begitulah kiranya yang saya ketahui mengenai fungsi memajang kolom komentar di blog. Tentu ada saja orang-orang tak bertanggung jawab dengan meninggalkan komentar komentar spam, berikut ini adalah beberapa komentar yang sudah seharusnya tidak pernah ada di kolom komentar dan cara mengatasinya.
  1. Komentar Spam
    Komentar spam memiliki beberapa macam, diantaranya :
    • Komentar pendek
      untuk beberapa blogger tidak mentolerir komentar yang sangat pendek, tetapi saya masih sedikit memberikan toleransi kepada kalian.
    • Komentar tidak sesuai dengan isi artikel
    • komentar yang menyingung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan)
    Cara mengatasi komentar spam seperti ini adalah engan mengahapusnya secara permanen dari blog.
  2. Komentar link
    Meskipun untuk blog nofollow link yang ditinggalkan, tidak akan di indeks oleh google. Tetapi masih ada cara memberikan backlink di blog nofollow. Sebagai antisipasi saya memasang kode HTML agar link yang dipasang di blog ini tidak akan mengarah pada link tujuanya tetapi akan mengarah pada halaman utama blog ini. Yo monggo dicoba...
    [ mohon maaf saya lupa kodenya, search saja yah ]
  3. Komentar iklan
    Untuk yang satu ini, tidak ada ampun lagi deh. Kalu bisa saya banned saja ID nya. hehehehe ^_^

Sepertinya sekian dulu artikel ini sob, terimakasih telah datang berkunjung.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan