Keep Your Identity Keys - Pencurian Identitas Berkedok Hadiah

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Selamat hari minggu dan selamat berlibur. Saya hanya ingin sekedar mengingatkan untuk menjaga barang-barang bawaan kalian terlebih apabila itu menyangkut dengan identitas kalian.
Saat ini dunia internet sedang berkembang dan akan terus berkembang, hal seperti ini banyak membawa keuntungan diberagai sisi. Selain itu iklan di jagad maya sudah sangat ramai dan banyak publisher yang berlomba-lomba untuk mencari keuntungan dari memasang iklan dengan beragam cara.


Pengguna layanan internet semakin hari semakin bertambah. Hal ini berarti semakin banyak juga profil dan keinginan orang yang menggunakan internet.
Perkembangan internet yang maju pesat di Indonesia sepertinya tidak diimbangi dengan pembelajaran cara menggunakan internet yang bijak, terbukti dengan semakin banyaknya kerugian yang ditimbulkan karena penipuan di dunia maya. Media massa nasional sepertinya tidak pernah kehabisan berita tentang : penculikan yang berawal dari jejaring sosial, pemerkosaan oleh teman facebook, penipuan yang berkedok hadiah, dan masih banyak lagi.
Salah satu pencurian yang sudah pasti terjadi dan kita tanpa sadar telah melakukannya adalah tentang pencurian identitas diri.

Pencurian identitas diri biasanya dilakukan suatu pihak ketika kita mendaftar pada sebuah situs. Form pendaftaran selalu menampilkan beragam pertanyaan yang *wajib diisi dan pertanyaan tersebut menyangkut data diri kalian yang benar. Terlebih ketika saya melihat pendaftaran media sosial, disana kalian akan diminta untuk mengisi form hobi, keinginan, dll.
Tahukan kalian bahwa data-data seperti ini sangatlah berarti di dunia maya yang sangat ramai ini.

Data seperti hobi, sebuah kegiatan yang ingin kalian lakukan dalam minggu / bulan / tahun ini, alamat, dan sebagainya sangatlah penting bagi pihak ke-tiga.
Siapa pihak ke-tiga..??
Pihak e-tiga dalam hal ini adalah pemasang iklan. Mereka sangat menginginkan data yang akurat seperti : dalam sebuah kota apa saja hobi dari penduduk disana, berikut pekerjaan mereka, penghasilan, harapan, dan lain-lain. Data tersebut akan mereka olah sehingga mereka akan menemukan barang atau jasa apa yang cocok yang dapat mereka pasarkan di kota tersebut.

Sebagai contoh lain, apabila kalian para zetter dan blogger akan memasang iklan ppc tentunya kita akan diminta untuk mengisi kategori blog kita. Hal ini akan memudahkan baik advertiser maupun pembaca agar menemukan iklan yang cocok untuk mereka.

Selain dari pemanfaatan itu, data diri kalian juga bisa digunakan untuk tindak pidana kriminal. Beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan ketika akan mengisi identitas diri pada sebuah pendaftaran adalah :
  • Apakah perusahaan itu legal.
  • Apakah situs tersebut memiliki kantor nyata, atau hanya fiktif.
  • Sebaiknya hindari pengiriman nomor ktp maupun nomor rekening.
  • Banyak-banyak bertanya di frum apakah situs tersebut scam atau tidak.

Saya memiliki sebuah pengalaman menarik ketika teman saya mengisi form pendaftaran tentang nomer ktp dan nomer rekening. Ternyata nomer ktp berikut data diri lainnya digandakan oleh situs tempat ia mendaftar. Kalian tentu sudah banyak mengetahui bahwa adanya KTP palsu, situs tersebut rupanya telah menggandakan KTP teman saya. Mereka menggunakannya untuk mengambil uang di bank, tapi mungkin juga bisa digunakan untuk menjadi pemilih fiktif dalam pemilu, atau yang lebih ekstreme bisa digunakan untuk kegiatan terorisme.
Saran saya berhati-hatilah ketika kalian akan mengirimkan suatu data diri. Bijaksanalah dalam menjaga data yang bersifat prifasi tersebut.

Artikel Terkait