Mitos Yang Keliru Berkaitan Dengan Sejuta Khasiat Air Kelapa

Selamat datang kembali Zetter dalam Tips Kesehatan kali ini saya akan membahas tentang khasiat dan manfaat air kelapa, seperti biasa saya juga akan membahas sedikit mitos yang berkembang di masyarakat tentang air kelapa. Luangkanlah sejenak waktumu untuk membaca artikel yang tidak terlalu panjang ini.


Air kelapa seperti yang kita ketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan karena berbagai protein dan mineral yang terkandung di dalamnya. Air kelapa muda juga sangat berguna ketika cuaca sangat panas, air kelapa muda sangat lezat sekali dinikmati bersama es batu dan sedikit tambahan susu.
Kebetulan saya lagi menikmati es kelapa muda nih...ada yang mau..???

Air kelapa muda sangat streril karena ia terlindungi oleh batok yang keras juga daun buahnya yang tebal dan kuat. Kemurniannya dan segala kebaikan yang terkandung di dalamnya akan membantu mengurangi berat badan, menyembuhkan orang yang sedang mabuk, menghilangkan batu ginjal, dll.

Hah..??
Yang bener niih..???

Cuma mitos kok sob.
Memang air kelapa sangat baik bagi kesehatan karena air kelapa mengandung berbagai macam mineral dan protein, kandungan gula dalam air kelapa cukup tinggi berkisar antara 2% sampai 5%.
Air kelapa juga mengandung Vitamin dan Asam amino. Air kelapa muda mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin sendiri bersifat antibacteria yang berfungsi menghambat laju pertumbuhan bakteri, itulah mengapa saya jelaskan di awal bahwa iar kelapa muda sangat streril untuk di konsumsi langsung.

mineral penting yang dapat kita temui dalam air kelapa adalah : Kalium, Natrium, Magnesium, Klorida.
Kandungan kalium dalam air kelapa menempati porsi paling banyak dari jumlah mineral yang terdapat dalam air kelapa.
Komposisi zat gizi dalam air kelapa mendekati cairan isotonik yang terdapat dalam tubuh manusia. Itulah sebabnya beberapa merk / brand cairan isotonik yang berbahan dasar air kelapa banyak bermunculan.
Cairan isotonik dalam air kelapa sangat berguna untuk mengganti mineral tubuh yang hilang disaat kita berolahraga maupun beraktivitas, mineral yang hilang terbawa keringat akan segera diganti oleh mineral yang terkandung dalam air kelapa.

Jadi apabila kita olahraga, kita cukup dengan minum air kelapa saja untuk menghilangkan mineral-mineral yang hilang tersebut..??

Air kelapa memang mengandung mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, akan tetapi apabila kalian berolahraga berat (lari jarak jauh, aerobik dalam waktu yang lama, dll) air kelapa saja tidak cukup.
Karena pada saat seperti ini tubuh sangat kekurangan sodium sebagai penopang utama otot kita, sedangkan jumlah sodium yang terkandung dalam air kelapa sangatlah sedikit. Menggantungkan asupan sodium dari air kelapa bukanlah pilihan yang bijak karena berita buruknya kalian bisa pingsan apabila asupan sodium dalam otot tidak sefera diganti.

Lalu apa saja mitos katanya keliru itu..???

Beberapa mitos yang saya katakan yang sebenarnya benar tetapi kurang sesuai adalah tentang beberapa hal berikut ini :

1.  Air kelapa bisa mengobati orang mabuk alkohol.

Disaat kita mabuk (kitaa...????) tubuh akan sangat kekurangan cairan karena pengaruh dari alkohol yang kita konsumsi. Ada saja yang bilang meminum air kelapa muda akan segera mengobati mabuk.
Meminum air mineral biasa, air gula, maupun air kelapa akan segera mengurangi efek dari alkohol. Jadi bukan hanya air kelapa saja yang dapat mengobati mabuk. Air yang banyak mengandung gula sebenarnya akan lebih baik karena glukosa yang kita minum akan segera menggantikan tempat dimana alkohol mengganggu susunan syaraf pada tubuh kita.

2. Air kelapa mengobati batu ginjal.

Perlu saya terangkan disini semua jenis air bersih (layak konsumsi) akan membantu mencegah timbulnya batu ginjal. tapi perlu saya tekankan juga bahwasannya air kelapa muda TIDAK dapat menyembuhkan batu ginjal yang sudah terbentuk

3. Air kelapa untuk turunkan berat badan.

Hal ini yang saya bilang salah dalam mengartikan khasiat dari air kelapa.
Mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat menimbulkan diare, hak inilah yang menyebabkan berat badan berangsur turun.
jadi terserah kalian mengartikannya sebagai manfaat atau bukan.

4. Air kelapa lebih bernutrisi daripada susu

Kandungan air kelapa hanya sebatas mineral dan protein tertentu saja. Sedangkan kandungan mineral dan protein dalam segelas susu jauh lebih kompleks ditambah lagi kandungan lemak, karbohidrat, dan glukosanya.
jadi jangan salah beranggapan bahwa posisi susu dapat digantikan dengan air kelapa.

5. Air kelapa meningkatkan daya tahan tubuh.

Saya belum pernah membaca literatur dari dunia kesehatan manapun yang mengatakan bahwa "air kelapa berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh".
Karena pada dasarnya daya tahan tubuh terbentuk dari berbagai macam zat gizi yang dapat kita peroleh dari berbagai macam makanan.
Air kelapa juga tidak bisa membunuh virus yang masuk dalam tubuh kita.

6. Air kelapa mengaburkan hasil rotgen.

Memang dalam beberapa kasus, minum air kelapa banyak-banyak akan mengaburkan hasil rotgen dalam test kesehatan.
Hal ini sepertinya disalah gunakan oleh beberapa oknum.
Saya tegaskan hasil rotgen mungkin bisa dikelabuhi melainkan kesehatan tubuh kalian lebih penting dari hanya sekedar hasil rotgen.
sekali lagi saya terangkan hanya dalam beberapa kasus, tidak untuk keseluruhan.
Meminum air banyak-banyak sebelum melakukan test rotgen mungkin akan meregangkan ikatan racun yang tadinya terakumulasi dalam satu bagian tubuh.

Sekian pembahasan kita tentang "Khasiat Air Kelapa" semoga bermanfaat.
Apabila masih ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar, saya akan sebisa mungkin menjawabnya.

Terimaksih.
Salam Zetter.

Artikel Terkait