Mengukur Waktu Loading Sebuah Situs Web atau Blog

Selamat datang kembali Zetter.
Tak jemu jemu aku mendo'akan keselamatnamu dan keluargamu.

Dalam Artikel Sebelumnya saya sedikit membahas tentang Loading blog dan pengaruhnya terhadap SEO. dalam kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut tentang persoalan tersebut, sekaligus menepati janji juga sih ^_^

Lamanya sebuah halaman website / blog terbuka sangat menentukan trafik pengunjung website maupun blog tersebut.

Bagaimana bisa begitu.?

Jika kalian membuka sebuah halaman web maupun sebuah artikel dalam blog yang loadingnya lama pasti kalian akan jenuh / jengkel bukan.?
Mungkin artikel yang akan kalian baca sangat pentng untuk kalian sehingga kalian akan mencoba bersabar untuk membaca satu artikel tersebut. tapi, apakah setelah itu kalian akan membaca artikel lain dalam blog tersebut.?
"Saya rasa tidak".

Karena itu sudah saya singgung diatas, Loading sebuah blog akan sangat mempengaruhi SEO untuk blog tersebut. Selain itu mesin pencari google juga akan memberika penalti untuk sebuah blog yang memiliki waktu loading sangat lama, yaitu dengan menurunkan Page Rankingnya.  

Kok bisa sampai segitunya.? 

Apa kalian pernah mendengar "Robot Perayap Google"  atau sering juga disebut Spider.?
Jika belum, akan saya postingkan pada artikel berikutnya. tapi sepertinya tidak untuk hari ini. Mata sudah cukup lelah seharian di depan komputer ^_^

Secara umum robot perayap google tersebut digunakan oleh google untuk mengindeks blog kalian dalam database mereka. Spider ini juga yang menentukan apakah sebuah artikel hasil CopyPaste atau memang Original
untuk sekedar info : google sangat menyukai pada artikel-artikel yang bersifat Original Post jadi bukan hasil Copy Paste atau Plagiat karya orang lain.

Kembali ke persoalan PageRank tadi.
Apabila Blog kita memiliki waktu loading yang lama, maka lama pulawaktu yang dibutuhkan oleh sang Robot Perayap untuk meneliti blog kita. Hal seperti ini sangat Tidak disukai oleh google. 
Ambil logikanya begini : Jika kalian sedang ingin sekali ngopi, dan ketika kalian akan membuat kopi ternyata di dapur kalian tidak ada air panas, pancinya masih kotor, gelasnya belum dicuci.
Kalian akan melanjutkan membuat kopi atau membeli kopi yang sudah diseduh di warung.?

Dengan logika seperti ini ketika sang spider tersebut terasa susah untuk meneliti blog kalian, maka sia akan meninggalkan blog kalian. sedangkan si spider ini adalah anak buahnya google, jadi apabila blog kalian Tidak dikenali oleh google bisa jadi karena robot perayap mereka tidak mau masu ke dalam blog kalian. Dengan begitu jangan heran jika blog kalian hilang dari peradapan google search.   
Berteman baiklah dengan Robot Perayap Google ini dengan begitu Google akan bersahabat dengan kalian, salah satu caranya dengan Tidak membebani blog kalian dengan loading yang sangat lama.

Apa yang mebuat loading blog sangat berat / lama.?

Salah satu hal yang membuat loading blog menjadi sangat berat adalah dengan berserakannya Widget-Widget di blog kalian.
Kurangilah widget yang kurang berguna, sediakan hanya widget yang memudahkan pengunjung. Jangan terlalu banyak memasang widget dengan kode script/java yang mengarah pada URL atau Sebuah blog tertentu,karena ini akan sangat memberatkan loading.
Widget yang bersifat hanya untuk mempercantik blog juga sebaiknya dihindari, google lebih suka blog yang natural. Blog yang menarik itu tidak salah, tapi jika itu hanya memberatkan loading tidak salah juga jika kalian hapus karena apabila kalian menyuguhkan artikel-artikel yang menarik kalian para pengunjung akan datang kembali walau blog kalian polos tanpa widget satupu.

Selain itu Iklan PPC juga sangat memberatkan loading blog. ini sudah saya bahas pada artikel yang lalu. Memang iklan PPC bisa dibilang adala sumber penghasilan utama para blogger, tapi jika satu atau dua iklan yang kita pasang semenarik mungkin akan lebih baik dari pada ada Sepuluh iklan tapi tidak pernah ada yang tertarik.

Untuk melihat loading blog kalian, bisa menggunakan http://tools.pingdom.com
Jika hasil untuk loading blog kalian masih diatas 30 deik, sebaiknya ikuti apa yang sudag saya jabarkan tadi.

Sekian dulu artikel ini mungkin akan saya sambung dengan artikel lainnya pada kesempatan berikutnya.
ini saya lagi ada telpon dari ibu negara ^_^
salam zetter.
Terimaksih. 

Artikel Terkait