Menambah Jumlah & Kualitas Sperma

Anda sudah menikah dan belum dikarunia keturunan.
biasanya para lelaki langsung memberikan doktrin bahwa istrinya mandul.
bisa jadi kalian berdua tidak mandul melainkan sperma yang di keluarkan oleh sang suami kurang sehat sehingga tidak mampu membuahi sel telur.
berikut ini beberapa langkah untuk menambah jumlah sperma sekaligus memperbaiki kualitasnya :


1. Berhenti Merokok & Jauhi Alkohol

Merokok bisa merusak sperma dan membuat sperma berumur pendek. Selain itu rokok juga dapat menyebabkan perubahan genetik yang mempengaruhi keturunan. Demikian pula alkohol yang dapat menurunkan produksi sperma dan hormon testosteron laki-laki.
setidaknya kalian berhenti meroko tiga bulan sebelum melakukan hubungan seks dengan istri kalian, karena bahaya rokok juga dapat menimbulkan kelainan pada janin.


2. Olahraga Teratur

Berolahragalah dengan teratur, tapi tidak perlu ngoyo. Intensitas dan durasi berolahraganya perlu diawasi. Sebab latihan fisik yang berlebihan memiliki pengaruh negatif pada kesuburan.

Perhatikan pula berat badan Anda. Kehilangan berat badan secara berlebihan juga cenderung menyebabkan testosteron/ estrogen menjadi tidak seimbang.

3. Makan Makanan Bernutrisi

Makanlah makanan yang rendah lemak dan tinggi protein, juga sayuran dan biji-bijian. Selain itu kurangilah asupan kafein.
makanan yang berbutrisi tinggi juga dapat meningkatkan kualitas hubungan seks dengan pasangan kalian. hubungan seks yang berkualitas akan menambah gairah hidup juga keharmonisan hubungan rumah tangga.

4. Hindari Penggunaan Pelumas Berlebihan

Jangan gunakan pelumas dan tablet vagina secara berlebihan. Sebab hal itu bisa menyebabkan sperma mati.

5. Jangan Simpan HP di Saku Celana

Lindungilah testis dari paparan panas terlalu berlebihan. Caranya adalah mendengan tidak menyimpan HP di saku celana atau memangku laptop.
sinar radiasi yang di pancarkan HP juga dapat membuat kelainan pada sperma, itu bhaya karena dapat mengakibatkan bayi lahir cacat


Jangan terlalu sering pula berada dalam kondisi di mana terdapat suhu tinggi. Karena itu kalau sesekali mandi uap atau spa masih diperbolehkan. terlalu sering mandi air panas juga kurang baik untu kesehatan. mendilah dengan air dingin, selain menyegarkan mandi menggunakan air dingin juga dapat memperlebar pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah enjadi lancar.

6. Kenakan Celana Longgar








mengenakan celana terlalu ketat menimpulkan testis tertekan dan menghambat produksi sperma. selain itu mengenakan celana yang ketat menimbulkan suhu tinggi disekitar alat kelamin.

7.Kurangi Stres

Kurangilah stres, antara lain dengan teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi. Seimbangkanlah kesehatan fisik dan mental, Sebab kebugaran fisi dan relaksasi mental dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

8. Ambilah Steroid Anabolik

Steroid anabolik atau anabolik steroid androgen (SSA) dan lebih sering disebut 'steroid' adalah obat yang meniru efek testosteron dan dihidrotestosteron dalam tubuh. Steroid mampu meningkatkan sintesis protein dalam sel yang mengakibatkan penumpukan jaringan seluler, terutama di otot.

Namun penggunaan steroid harus berada di bawah bimbingan dan pengawasan dokter karena dapat menyebabkan azoospermia. Azoospermia adalah keadaan di mana cairan sperma tidak mengandung sel sperma atau spermatozoid/spermatozoa.

9. Konsumsi Aneka Vitamin & Zat Besi Teratur

Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin perlu dikonsumsi secara teratur. Demikian pula dengan zat besi. Spesies oksigen reaktif (SOR), zat pengoksidasi yang sangat reaktif dan tergolong dalam kelompok radikal bebas, berada di air mani. SOR dalam jumlah sedikit akan membantu kemampuan fertilisasi spermatozoa. Namun ketika berada dalam tingkat tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan di air mani.

Nah, vitamin dapat menurunkan tingkat SOR karena membantu dalam sintesis dan pengembangan serta pemeliharaan sperma normal. Vitamin juga membantu menghindari penggumpalan sperma.

Artikel Terkait