Tips Memilih Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

Selamat datang kembali Zetter. Apa kabar kalian.?? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat. Waktu bejalan terasa sangat cepat ya..?? Sepertinya baru kemarin saya keluar dari Universitas Swasta Ternama di Lampung. Sekarang sudah 3 tahun saja waktu itu telah berlalu. Berikut ini adalah pengalaman pribadi saya mengenai cara memilih universitas agar kalian tidak seperti apa yang terjadi dengan saya.

Tahun 2009 lalu saya mendaftar pada sebuat perguruan tinggi swasta yang ada di daerah Bandar Lampung. Jurusan yang saya ambil kala itu adalah Teknik Informatika, saya memilih jurusan ini bukan karena mengikuti trend, ataupun karena jurusan tersebut adalah jurusan paling favorit di universitas tersebut. Saya memilih jurusan itu karena saya sangat suka dengan ilmu komputer jaringan, yang pada akhirnya membawa saya pada masa paling suram dalam sejarah hidup ini. Biasalah masalah ekonomi saya kena D.O dari universitas tersebut karena Gagal Bayar.

Sebagian pengalaman akan saya simpan saja, karena memang tak patut untuk disebar. Untuk adik-adik yang sebentar lagi akan memasuki jenjang perguruan tinggi sebaiknya utamakan mendaftar di perguruan tinggi negeri yang ada di daerah tempat kalian berada sekarang. Masuk perguruan tinggi negeri itu murah tapi tidak mudah, karena itulah pemerintah mencoba agar menjaring anak-anak berbakat dahulu sebelum pembukaan pendaftaran secara massal. 
Daftar saja SNMPTN, bisa secara online. baca artikel : Mendaftar SNMPTN 2013 Online Menggunakan NISN.


Tips memilih perguruan tinggi negeri :
  • Pilih PTN di daerah tempat kamu tinggal terlebih dahulu. Karena peluang diterima juga cukup besar.
  • Memilih PTN Favorit memang bagus tetapi peluang diterima cukup kecil karena terlalu banyak peminat.
  • Minta rekomendasi teman/keluarga tentang PTN yang bagus.
  • Ketika memilih jurusan usahakan memilih yang sesuai dengan kompetensi kalian, jangan ikut-ikutan. Jurusan favorit pasti akan dibanjiri pendaftar lain.

Tips memilih perguruan tinggi swasta :
  • Pilih PTS yang telah terakreditasi minimal B
  • Hitung masak-masak jumlah angsuran per semesternya, apakah sesuai dengan perekonomian kalian atau tidak. Jangan memaksakan diri.
  • Pilih jurusan sesuai dengan kompetensi yang kalian miliki.
  • Selalu gunakan rekomendasi teman / keluarga.

Ketika mendaftar sebaiknya kalian memang benar-benar memilih Perguruan Tinggi tersebut bukan atas dasar coba-coba ataupun paksaan orang lain. Bergaulah dengan orang-orang yang sesuai dengan kepribadian kalian. Saya sangat sadar bagaimana wajah perguruan tinggi di Indonesia baik pada saat saya kuliah dahulu atau saat ini. Pergunakanlah uang orang tuamu sebagaimana mestinya. Saya acungkan 2 jempol untuk kalian yang kuliah dengan biaya sendiri.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sangat berarti bagi saya untuk terus mengembangkan konten isi pada blog ini.
Selalu gunakan bahasa yang Baik & Sopan